Mematangkan Buah Alpukat Memakai Tisu, Matangnya Lebih Merata

Alpukat mempunyai daging buah yang rasanya manis-manis gurih dengan tekstur yang super lembut. Paling cocok buah ini dibuat menjadi kuliner olahan seperti es buah, puding, es krim, bubur, atau minuman jus. Nikmatnya buah alpukat dengan singkat dapat memuaskan hasrat lapar dan dahaga. Apalagi jika kita menikmatinya bersama-sama dengan keluarga tercinta. Tahukah Anda, buah alpukat kaya akan antioksidan, asam folat, dan lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Kandungan vitamin, mineral, dan seratnya pun terbilang cukup tinggi.

Selain itu, alpukat juga terkenal sebagai salah satu sumber protein nabati. Anda yang sedang menjalani program diet wajib memasukkan buah alpukat sebagai makanan yang harus dikonsumsi sehari-hari. Kebanyakan para petani memanen buah alpukat dari pohonnya ketika kondisi buah tersebut setengah matang. Tujuannya tentu agar buah alpukat dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Buah alpukat yang dipetik setelah kondisinya matang akan cepat busuk. Oleh karena itu, Anda sebagai pembeli sebaiknya mengetahui bagaimana cara memeram buah alpukat yang benar supaya bisa matang lebih cepat dan merata.

Orang-orang di Indonesia sudah banyak yang mengetahui kalau memeram buah alpukat bisa dilakukan dengan menyimpannya di bawah tumpukan beras. Suhu udara yang tinggi dengan tingkat kelembaban yang rendah akan mempercepat proses pematangan buah alpukat. Hasil matangnya pun bisa merata sempurna. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang mengaku sering lupa telah menyimpan buah alpukat di bawah tumpukan beras sehingga mengakibatkan kondisinya terlalu matang hingga nyaris membusuk. Akhirnya buah alpukat tersebut menjadi terbuang percuma.

Solusinya adalah Anda bisa mencari cara alternatif untuk memeram buah alpukat yakni menggunakan kertas tisu. Dengan trik yang satu ini, Anda pasti akan lebih mudah dalam memantau kondisi alpukat yang sedang dimatangkan dan tak akan sampai terlupa deh.

ALAT DAN BAHAN :

  • Kertas tisu
  • Gunting
  • Selotip
  • Pisau
  • Talenan

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Taruh talenan yang bersih di atas meja dapur. Letakkan buah alpukat di atas talenan tersebut dengan posisi tidur.
  2. Potong bagian pangkal buah alpukat menggunakan gunting. Anda cukup memotongnya kira-kira 5 mm.
  3. Ambil kertas tisu makan secukupnya. Bungkuslah hanya di bagian buah alpukat yang telah dipotong memakai kertas tisu ini.
  4. Supaya kertas tisu bisa terus menempel dan membungkus buah alpukat dengan kuat, Anda bisa memasang selotip untuk merekatkannya.
  5. Letakkan buah alpukat di ruangan yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara lancar. Dalam kurun waktu 3-5 hari buah alpukat pun telah matang sempurna.

Silakan mencoba sendiri!