Solusi Daun Sirih yang Menguning, Cari Tahu Penyebabnya Juga Yuk!

Tanaman sirih tergolong sebagai salah satu tanaman yang paling banyak dipelihara di rumah. Walaupun sebenarnya sirih merupakan tanaman herbal, namun karena keindahan dan keasrian daun yang dimiliki, tanaman ini juga sering dipelihara sebagai tanaman hias. Biasanya tanaman sirih ini dipelihara di dalam pot. Kombinasi antara rimbunnya daun sirih dan pot yang cantik menciptakan pemandangan luar biasa yang begitu asri. Tak salah memang jika kemudian banyak yang menanamnya.

Sebenarnya sih untuk memelihara tanaman sirih itu tidak terlalu susah. Perawatannya juga tidak terlalu rumit karena pada hakikatnya sirih merupakan tanaman yang bandel. Anda bisa menanamnya di tempat luar maupun di dalam ruangan. Untuk perawatannya sendiri mudah kok. Anda cukup menyiraminya saja setiap hari karena tanaman sirih memang sangat suka air. Kemudian Anda juga perlu memberikan pupuk secara berkala agar daun tanaman ini bisa tumbuh dengan rimbun sekali.

Namun kadang-kadang ada masalah yang dihadapi oleh tanaman sirih ini. Contohnya tanaman tersebut tiba-tiba menguning pada daunnya. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan tersendiri apa penyebabnya dan bagaimana pula cara mengatasinya? Tapi tenang ya karena kami akan coba menjelaskannya.

Penyebab Daun Sirih Menguning

Warna daun yang menguning jelas menandakan bahwa kondisi tanaman sirih sedang tidak baik-baik saja ya. Jadi Anda harus segera memberikan pertolongan yang tepat kepada tanaman tersebut. Biasanya sih faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah ini di antaranya :

  • Akar tanaman sirih membusuk
  • Bagian akar terserang cendawan
  • Media tanam terlalu basah
  • Tanaman terserang penyakit

Memang kasus menguningnya daun sirih ini biasanya disebabkan oleh aktivitas jamur atau cendawan yang berbahaya. Jamur/cendawan inilah yang mengakibatkan tanaman sirih tersebut mengalami sakit. Penyebabnya tidak lain adalah kondisi media tanam yang terlampau basah dalam waktu yang lama dan lingkungan sekitar yang tidak bersih. Hal ini yang selanjutnya memicu tumbuhnya jamur dan cendawan di sekitar tanaman sirih hingga akhirnya menggerogoti bagian akar tanaman tersebut.

Solusi Daun Sirih Menguning

Rasanya memang sedih sekali kalau melihat tanaman kesayangan kita sedang tidak dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, Anda mesti segera memberinya pengobatan secara tepat. Masalah daun tanaman sirih yang menguning bisa Anda atasi dengan solusi di bawah ini!

Keluarkan Tanaman dari Pot

Tugas pertama Anda yaitu mengeluarkan tanaman sirih yang sedang sakit dari pot yang menjadi tempat penanamannya. Tentunya Anda tidak boleh mencabut tanaman tadi secara langsung karena pasti bakal merusak sistem perakarannya. Tetapi cara yang benar ialah Anda harus menumpahkan media tanamnya dari pot. Anda dapat membasahi media tanam tadi dahulu sampai banjir. Kemudian miringkan posisi pot sambil diketuk bagian bawahnya. Maka secara otomatis tanaman pun akan keluar dari pot.

Cuci Bersih Bagian Akarnya

Langkah selanjutnya adalah mencuci bagian akar tanaman sirih sampai bersih. Anda dapat mencuci akar ini di bawah air yang mengalir ya. Usaplah bagian akar-akarnya dengan hati-hati. Periksalah ada tidaknya bagian akar yang sudah membusuk, rusak, menguning, atau menghitam. Anda perlu membuang bagian akar yang tidak sehat ini memakai gunting yang steril. Setelah itu cucilah sekali lagi sampai bersih. Lantas Anda dapat merendam tanaman di cairan fungisida. Pastikan semua bagian akarnya terendam.

Tanam dengan Media Baru

Sambil menunggu tanaman sirih sedang direndam cairan fungisida, Anda bisa menyiapkan media tanam yang baru. Ya, Anda tidak boleh menggunakan kembali media tanam yang lama karena sudah tercemar oleh jamur dan cendawan. Sebaiknya nih gunakan media tanam baru yang sudah dipastikan kondisinya benar-benar bersih dan steril. Kami sarankan untuk menjemur media ini di bawah sinar matahari selama 3-5 jam. Barulah kemudian Anda bisa memakainya untuk menanam tanaman sirih tadi.