Perbedaan Sirih Gading Jumbo dan Monstera, Serupa Tapi Tak Sama

Ada salah satu hobi bagus yang kini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Apakah itu? Bukan lain ialah bercocok tanam. Menanam tumbuh-tumbuhan di rumah saat ini sedang disukai oleh sebagian besar masyarakat. Tentunya ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik. Kebanyakan sih orang lebih memilih menanam tanaman hias dibandingkan jenis tanaman lainnya. Walau harganya terbilang mahal, tetapi pesona dari tanaman hias ini mampu membuat hidup menjadi terasa lebih bahagia.

Tanaman hias dalam keluarga monstera umumnya dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Hal ini sebenarnya wajar sekali karena tanaman monstera mempunyai penampilan yang sangat unik. Tanaman monstera memiliki daun yang bentuknya sobek-sobek. Bentuk daun yang unik seperti ini terjadi secara alamiah, di mana awalnya daun monstera berbentuk bundar sebagaimana umumnya daun. Lambat laun daunnya ini akan sobek dengan sendirinya sehingga mampu menciptakan penampilan yang menarik.

Namun sayangnya ada beberapa oknum penjual tanaman nakal yang memanfaatkan tingginya harga jual tanaman monstera. Mereka menggunakan tanaman lain yang memiliki tampilan mirip seperti tanaman monstera untuk digunakan mengelabui para pembeli yang tidak tahu-menahu. Biasanya sih digunakan tanaman jenis sirih gading jumbo untuk menipu para pembeli tersebut. Mengapa? Karena tanaman sirih gading jumbo ini juga mempunyai daun yang robek-robek secara alami.

Tentunya Anda tak boleh tertipu dengan tindakan jahat oknum penjual tersebut ya. Tanaman monstera jelas berbeda dengan tanaman sirih gading jumbo. Daunnya pun memiliki perbedaan yang mencolok. Begitu pula dengan nilai dari tanaman tersebut juga berbeda. Tanaman monstera umumnya mempunyai nilai yang lebih tinggi daripada sirih gading jumbo. Bahkan selisihnya bisa mencapai separuh harga, atau bahkan lebih dari 10 kali lipat untuk jenis monstera tertentu. Jadi Anda jangan mau ditipu.

Kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda semua tentang perbedaan antara tanaman monstera dan sirih gading jumbo ini supaya Anda bisa membelinya dengan benar serta terhindar dari penipuan.

Bentuk

Faktor yang pertama ini mengenai bentuk pohon dari tanaman tersebut secara menyeluruh. Tanaman monstera dan sirih gading jumbo jelas merupakan dua tanaman yang memiliki bentuk pohon yang beda. Tanaman sirih gading jumbo sendiri ialah tanaman rambat. Tanaman ini tumbuh secara merambat atau menjalar. Ukuran batangnya bisa sangat panjang seiring dengan pertumbuhannya. Sehingga tanaman ini mesti diberi ajir sebagai pegangannya supaya penampilannya lebih rapi dan menarik.

Sementara itu, tanaman monstera memiliki bentuk pohon yang berbeda daripada sirih gading jumbo. Tanaman ini mempunyai bonggol yang cukup besar, kemudian batangnya akan tumbuh terus menjalar ke atas. Batang ini memiliki diameter yang lebih besar kalau dibandingkan batang sirih gading jumbo. Selain itu batang tanaman monstera juga tidak menumbuhkan akar angin sebagaimana tanaman sirih gading jumbo ya. Sehingga proses memperbanyak tanaman monstera memang lebih susah.

Daun

Anda harus mengetahui bahwasanya tanaman sirih gading jumbo selalu mempunyai daun berwarna hijau dengan bercak-bercak kuning. Sebenarnya ada pula tanaman monstera dengan daun yang punya warna serupa, dan harganya sangat mahal. Pada umumnya daun monstera berwarna hijau polos. Beda dengan tanaman monstera jenis variegata yang memiliki bercak-bercak berwarna putih atau kuning. Anda mesti mencermati hal ini dengan baik dan teliti ya.

Pembeda lainnya dari segi daun kedua tanaman ini adalah bentuk sobekan daunnya. Sobekan pada daun sirih gading jumbo memiliki pola yang tidak beraturan. Bentuk dan ukurannya bentang sobekannya pun sangat tak seragam. Hal ini berbeda jauh dengan sobekan pada daun tanaman monstera, di mana daun monstera tersebut mempunyai pola sobekan yang sama dan seragam. Hal ini pula yang membuat daun tanaman monstera terlihat lebih indah dibandingkan dengan daun sirih gading jumbo.

Tangkai

Kalau Anda memperhatikan dengan baik, bentuk tangkai daun sirih gading jumbo juga berbeda dengan tanaman monstera loh. Silakan Anda coba perhatikan dengan saksama bagian tangkai daun dari kedua tumbuhan ini. Tanaman monstera mempunyai tangkai daun yang panjang. Ukuran tangkai daunnya ini cukup panjang hingga sampai ke bagian daun itu sendiri. Panjangnya mungkin sejengkal tangan atau lebih tergantung dari spesies tanaman monstera tersebut.

Kondisi ini jelas berbeda dengan penampilan tanaman sirih gading jumbo. Sebagai tanaman merambat, tanaman sirih gading jumbo mempunyai tangkai daun yang mirip seperti tanaman sirih yang lain. Ukuran tangkai daunnya ini terbilang pendek, kurang dari 5 cm. Susunan daunnya juga lebih rapat selang-seling di bagian batangnya antara kanan dan kiri. Dengan ukuran tangkai daunnya yang seperti itu, tanaman sirih gading jumbo ini sebaiknya dirambatkan secara memanjang daripada melingkar.