Panduan Menanam Kaktus Mickey Mouse dengan Stek Batang Tanpa Akar Nih

Sebetulnya memang ada beragam jenis kaktus di dunia ini. Jadi kaktus itu tidak cuma berbentuk batang hijau memanjang dan berduri-duri saja, tetapi ada pula kaktus yang bentuknya unik atau memiliki warna yang cerah. Ada pula kaktus yang bentuknya menyerupai tokoh kartun mickey mouse loh. Bentuk kaktus ini cenderung bulat, berwarna hijau, dan durinya berwarna putih. Lantas biasanya akan tumbuh bulatan batang kaktus di bagian atasnya. Jika batang ini tumbuh di kanan dan kiri atas, maka penampilannya pun terlihat mirip sekali dengan mickey mouse.

Perlu Anda tahu, kaktus mickey mouse termasuk salah satu jenis kaktus dengan kualitas premium. Harga kaktus ini termasuk cukup mahal di pasaran sebab memang penampilannya menarik sekali sehingga ada banyak orang yang memburunya. Semakin besar ukuran kaktus mickey mouse, maka harganya pun akan semakin mahal. Apabila Anda ingin membeli kaktus ini dengan harga yang miring, kami rekomendasikan untuk membeli stek batang alias fresh cutting-nya saja. Walau belum mempunyai akar, potongan kaktus tersebut bisa ditanam dengan cukup mudah loh.

Biasanya potongan kaktus mickey mouse tanpa akar ini banyak dijual secara online di marketplace. Anda tinggal memesannya saja, maka penjual pun akan mengirimkannya kepada Anda. Kemudian Anda dapat menanam stek batang kaktus mickey mouse tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Berikan Treatment Terlebih Dahulu

Pada dasarnya kaktus merupakan tanaman yang tahan kekeringan dan suhu ekstrem sehingga tanaman ini biasanya tak akan mengalami masalah berarti selama di pengiriman. Bahkan meskipun dikirimkan ke luar pulau, kondisi kaktus ini akan tetap segar asalkan dikemas dengan baik. Setelah Anda menerimanya, usahakan Anda tidak langsung menanamnya melainkan memberikan treatment terlebih dahulu. Silakan Anda bisa mengoleskan fungisida atau obat merah ke bekas potongannya, lalu diangin-anginkan selama 5 menit. Kemudian rendam kaktus ini di cairan ZPT atau tumbukan bawang merah selama 10 menit.

Siapkanlah Media Tanam yang Baik

Sebaiknya media tanam untuk keperluan menanam batang kaktus mickey mouse sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Anda dapat menggunakan campuran sekam padi dan pasir dengan perbandingan 1:1 sebagai media tanam. Usahakan sekam padi yang akan dipakai di sini telah dibusukkan terlebih dulu. Caranya yaitu Anda bisa merendam sekam padi segar di dalam air, lalu membiarkannya selama 3-5 hari. Gantilah airnya setiap hari agar tetap bersih. Barulah kemudian sekam padi tersebut aman digunakan untuk menanam kaktus mickey mouse. Jangan pernah memakai sekam padi segar begitu saja.

Lakukan Penanaman dengan Tepat

Kini waktunya untuk melakukan penanaman. Anda bisa menggunakan pot berukuran 15-20 cm sebagai wadah penanaman agar lebih mudah dalam perawatannya nanti. Silakan Anda bisa memasukkan batu-batu kerikil ke dalam pot sebagai lapisan dasar. Kemudian masukkan media tanamnya hingga memenuhi 1/2 bagian dari pot tersebut. Ambil potongan kaktus mickey mouse Anda dan letakkan persis di bagian tengah pot. Tahan posisinya agar berdiri tegak. Selanjutnya tambahkan lagi media tanam ke pot sampai penuh. Jangan lupa untuk menekan media tanam ini agar lebih padat sehingga posisi kaktus stabil.

Perawatan Kaktus Mickey Mouse

Kenyataannya memang perawatan tanaman kaktus itu mudah sekali. Anda hanya perlu meletakkannya di tempat yang bisa memperoleh pancaran sinar matahari secara langsung sehingga kaktus akan tumbuh subur. Kemudian Anda juga perlu mengontrol kondisi kelembapan media tanam. Walaupun tidak senang terhadap media yang terlalu basah, tetapi kaktus mickey mouse pun tetap membutuhkan air untuk bisa mendukung kehidupannya. Sehingga Anda perlu menyirami kaktus ini paling tidak setiap 3-5 hari dengan air secukupnya saja. Hindari menyiram terlalu sering karena justru menyebabkan kaktus membusuk.