Merawat Tanaman Alocasia Amazonica agar Daunnya Subur & Rimbun

Tanaman alocasia amazonica dikenal mempunyai daun yang sangat indah. Daunnya dapat tumbuh menjadi berukuran besar asalkan dirawat dengan baik. Begitu pula dengan jumlahnya pun bisa menjadi banyak dan membentuk suatu rumpun yang sangat rimbun. Tentunya semua ini bisa diwujudkan kalau Anda merawat tanaman tersebut dengan sebaik-baiknya. Jadi sebelumnya Anda harus mengetahui jika tanaman alocasia amazonica merupakan tumbuhan unik yang membutuhkan perawatan khusus.

Seperti halnya tanaman alocasia jenis yang lainnya, si amazonica ini juga ternyat sangat menyukai tanah yang subur dan gembur tetapi tidak tahan dengan genangan air yang terlalu banyak. Tanaman ini juga tidak terlalu suka terhadap pancaran sinar matahari secara langsung. Jika media tanamnya terlalu basah, maka biasanya akar alocasia amazonica ini akan membusuk. Sedangkan kalau terlalu lama terkena sinar mentari langsung, maka tanaman pun akan terbakar dan akhirnya mengering.

Namun Anda tidak perlu terlalu cemas ya. Sebab kenyataannya perawatan tanaman alocasia amazonica ini tidak sesusah yang dibayangkan kok. Anda bisa merawatnya dengan baik mengikuti panduannya di bawah ini.

Menyiapkan Media Tanam yang Subur

Tugas pertama Anda saat ingin menanam tumbuhan alocasia amazonica ialah menyiapkan media tanam yang paling tepat untuk tanaman ini. Adapun kriteria media tanam yang baik untuk tanaman alocasia yaitu tanaman tersebut harus subur dan mempunyai tekstur yang gembur. Anda bisa membuat media tanam ini dengan mencampurkan tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang atau kompos. Sebelumnya Anda perlu membersihkan tanah yang digunakan dari kotoran, sampah, maupun kerikil ya.

Menaruh di Tempat yang Paling Pas

Jangan salah sangka terhadap tanaman alocasia terlebih dahulu ya. Walaupun tanaman ini mempunyai daun yang berukuran besar, tetapi bukan berarti dia suka dengan cahaya matahari. Tanaman ini justru akan mudah mengering pada saat Anda meletakkannya di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Alocasia amazonica ini malah lebih suka diletakkan di tempat yang teduh dan mempunyai tingkat kelembapan udara yang cukup tinggi. Anda juga dapat menaruhnya di area teras.

Menjaga Kelembapan Media Tanam

Selain tidak suka terhadap pancaran sinar matahari langsung, tanaman alocasia amazonica juga tidak suka pada kondisi yang terlalu lembap. Bahkan genangan air di media tanam mampu dengan cepat membusukkan tanaman yang satu ini. Jadi Anda harus benar-benar mengontrol penyiraman air pada tanaman ini. Apalagi kalau Anda menanamnya di dalam pot yang notabene membutuhkan kontrol yang jauh lebih ketat. Kami sarankan untuk menyiraminya setiap 3-5 hari sekali saja.

Membersihkan Daun Secara Berkala

Khusus untuk tanaman hias yang mempunyai daun yang indah, ada satu bentuk perawatan unik yang memang wajib Anda lakukan supaya daunnya tetap tampil menarik. Bukan lain yaitu Anda harus mau membersihkan permukaan daunnya secara berkala. Ya, Anda memang harus mengelap permukaan daun tanaman ini satu per satu agar kondisinya tetap bersih dan terlihat indah. Untungnya alocasia amazonica ini memiliki daun yang tidak terlalu banyak sehingga kita pun bisa menyelesaikannya lebih mudah.

Memberikan Pupuk Penyubur Daun

Guna memicu pertumbuhan daun tanaman alocasia amazonica supaya makin subur, Anda bisa memberi pupuk penyubur daun. Kami biasanya menggunakan pupuk NPK 16:16:16 untuk tumbuh-tumbuhan yang mempunyai daun indah supaya pertumbuhan daunnya semakin subur, rimbun, dan lebat. Hati-hati saat Anda memakai pupuk ini karena sebagai pupuk kimia, pupuk NPK akan berdampak negatif kalau dipakai secara berlebihan. Anda harus mengikuti saran pemakaian yang tercantum pada kemasan produk.

Memisahkan Anakan yang Tumbuh

Tanaman alocasia amazonica akan membentuk bonggol selama masa hidupnya. Bonggol ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan sekaligus sarana perkembangbiakannya. Biasanya sih tanaman alocasia amazonica yang rumpunnya terlalu lebat, maka akan berefek pada kondisi daunnya. Daun tanaman tersebut akan mengecil sehingga kurang indah dipandang mata. Sebaiknya Anda cukup membatasi 1-3 tanaman per pot saja agar daunnya bisa tumbuh menjadi sangat besar dan terlihat lebih menarik.