Merawat Bunga Mawar Rambat (Climbing Rose) agar Rajin Berbunga

Menanam tanaman rambat bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menciptakan panorama yang asri. Anda dapat menanam tanaman rambat tersebut menutupi bidang dinding yang ada. Dijamin deh pasti pemandangannya bakalan indah sekali. Silakan Anda bisa mencoba menanam tanaman mawar rambat misalnya. Berbeda dari tanaman mawar biasa yang tumbuh secara perdu, bunga mawar rambat ini tumbuh secara merambat sehingga bisa dibentuk menjadi tanaman yang rimbun.

Anda bisa bayangkan tanaman mawar biasa saja sudah memiliki penampilan yang cantik, apalagi dengan tanaman rambat yang mampu menumbuhkan bunga-bunga mawar dalam jumlah yang banyak sekaligus ini. Tentu panorama yang dapat diciptakannya jauh lebih menakjubkan lagi. Kalau tertarik menanamnya, Anda bisa memperoleh bibit bunga mawar rambat di www.tokotanaman.com dengan harga terjangkau. Selanjutnya Anda tinggal merawat tanaman tersebut dengan baik agar tumbuh subur.

Merawat tanaman mawar rambat itu tidak sesusah apa yang Anda bayangkan. Pada dasarnya tanaman ini sendiri telah mempunyai daya adaptasi yang bagus. Sehingga dengan perawatan yang baik, tanaman ini pun bakalan tumbuh subur dan rajin menumbuhkan bunga.

Tanamlah di Media yang Tepat

Tugas pertama Anda adalah menyediakan media tanam yang tepat untuk keperluan menanam si mawar rambat ini. Adapun syarat media tanam yang baik bagi tanaman mawar rambat yaitu kondisinya mesti subur, mengandung zat hara yang banyak, teksturnya gembur, dan cenderung lembap. Silakan Anda bisa membuat media tanam sendiri yang cocok dengan mencampur tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar atau membeli produk media tanam yang sudah siap pakai berupa tanah hitam.

Sirami dengan Air Secukupnya

Anda harus tahu kalau tanaman mawar rambat itu sangat menyukai air. Tanaman ini juga membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak untuk bisa tumbuh subur. Maka dari itu Anda pun mesti menyirami tanaman mawar rambat setiap hari sekitar 1-2 kali tergantung kondisi cuaca. Anda dapat menggunakan teko siram saat menyirami tanaman ini supaya jatuhan airnya tak merusak akar. Arahkan air ini cukup ke media tanamnya saja. Anda tidak perlu membasahi bagian daunnya ya.

Rajin Berikan Pupuk Kandang

Pupuk merupakan makanan alami bagi tanaman mawar rambat. Di dalam pupuk ini terkandung bahan organik dan zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tetap dapat bertahan hidup, tumbuh subur, dan menghasilkan bunga yang banyak. Pupuk alami seperti pupuk kandang dari kotoran kambing atau urine kelinci terbukti sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Anda harus  memberikan pupuk ini paling tidak sebulan sekali agar tanaman mawar rambat lebih rajin berbunga.

Aturlah Pola Pertumbuhannya

Tanaman mawar rambat sendiri diketahui bakal tumbuh subur manakala mendapatkan sinar matahari secara langsung dalam jumlah yang melimpah. Tanaman ini bahkan akan rajin berbunga dan bunganya lebih rimbun kalau Anda menanamnya di tempat terbuka. Selain itu, Anda pun perlu mengatur tanaman mawar rambat ini, terutama mengenai pola pertumbuhannya supaya rapi. Sangat disarankan memasang ajir dari tali, kawat, atau bambu untuk mengatur pola pertumbuhan dan bentuk tanaman ini.

Basmi Hama yang Menyerang

Hati-hati terhadap hama yang dapat menyerang tanaman mawar rambat kapan saja. Faktanya adalah tanaman ini memang rentang sekali diserang hama. Hama berupa serangga seperti kutu putih, ulat, dan semut sangat suka menyerang tanaman mawar rambat. Tentu saja Anda tidak boleh membiarkan hama-hama ini berpesta pora di tanaman kesayangan Anda tersebut. Anda bisa menggunakan fungisida yang tepat, obat nyamuk semprot, atau air sabun untuk membunuh hama-hama yang nakal ini.