Mengapa Proses Pemangkasan (Prunning) Pada Tanaman Kopi itu Penting?

Pemangkasan tanaman kopi dilakukan dengan memotong beberapa bagian tanaman yang diperlukan. Bagian-bagian tersebut meliputi batang, cabang, ranting, atau daun tergantung maksud dan tujuannya. Terdapat dua macam pemangkasan yaitu pemangkasan produksi dan pemangkasan rejuvinasi. Pemangkasan produksi bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tanaman. Sedangkan pemangkasan rejuvinasi bermaksud untuk meremajakan kondisi tanaman kopi itu sendiri.

Sebelum mulai memangkas tanaman kopi, area di sekeliling tanaman perlu ditutupi jerami terlebih dahulu untuk mencegah tumbuhnya gulma. Kemudian cabang ke sepuluh dan seterusnya bisa dipangkas memakai gunting khusus pemangkas. Untuk mengurangi risiko infeksi hama dan penyakit, pemangkasan sebaiknya dikerjakan setelah pukul 9 pagi. Lakukan pekerjaan ini dengan baik dan benar karena memang mempunyai risiko yang tinggi dapat membuat tanaman kopi menjadi tidak sehat akibat serangan hama dan penyakit atau kesalahan dalam mengerjakannya.

Lantas apa sih tujuan dari pemangkasan tanaman kopi tersebut? Berikut ini merupakan ulasan dari manfaat-manfaatnya yang dapat dipetik dari proses pemangkasan ini!

  • Membentuk tajuk pohon untuk memperbanyak jumlah cabang tanaman. Semakin banyak cabang yang dimiliki tanaman maka semakin banyak pula bunga dan buah yang mampu dihasilkan.
  • Mengembalikan produktifitas tanaman dalam memproduksi buah-buah kopi. Di mana bagian-bagian tanaman yang sudah tidak produktif, tidak normal, dan tidak sehat akan disingkirkan.
  • Meremajakan bagian tanaman yang sudah dipangkas. Tanaman yang sudah cukup tua biasanya lebih rentan terserang hama dan penyakit.
  • Mengontrol ketinggian tanaman sehingga memudahkan dalam pemanenan buah kopi. Ketinggian tanaman kopi umumnya sekitar 1,5-2 meter.

  • Mengoptimalkan penerimaan cahaya matahari. Dengan dipangkasnya bagian-bagian tanaman tertentu, kebun lebih renggang sehingga cahaya menjadi tidak terhalang.
  • Memperlancar aliran udara dalam rangka penyerbukan bunga secara alami. Selain memperbaiki sirkulasi cahaya, pemangkasan juga berguna untuk memperbaiki sirkulasi udara di kebun kopi.
  • Mengatur tata letak tanaman sesuai dengan perancangan awal. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemantauan dan perawatan kopi.
  • Mencegah penyebaran hama dan penyakit. Kebun yang terlalu rimbun biasanya kerap dijadikan sebagai sarang hama dan penyakit yang berbahaya bagi tanaman kopi budidaya.