Cara Merawat Bunga Rosella di Dalam Pot atau Polybag dengan Baik

Tanaman rosella biasa dimanfaatkan buahnya untuk menghasilkan warna merah pada makanan atau minuman. Minuman dari buah rosella dikenal pula dengan sebutan framboze. Selain warnanya merah merona nan cantik, sirop ini pun mempunyai aroma yang khas. Tanaman rosella ini tumbuh subur di kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya secara alami. Masyarakat sekitar sering kali memanfaatkannya sebagai bahan pewarna alami. Mungkin Anda juga tertarik untuk menanamnya sendiri?

Sebenarnya sih rosella termasuk salah satu tanaman yang cukup mudah ditanam. Bahkan Anda dapat menanam bijinya di dalam pot loh. Dengan memberikan perawatan yang baik, tanaman ini akan tumbuh subur dan cepat menghasilkan buah. Pokoknya mudah sekali. Jadi apabila masih ada lahan yang kosong di sekitar rumah, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk menanam rosella di sana. Kemudian Anda dapat memanen buah-buah rosella ini secara percuma untuk diolah menjadi minuman.

Silakan Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini agar berhasil menanam biji rosella dan membuat tanaman ini mampu berbuah dengan cepat!

Siapkan Alat dan Bahan yang Dipakai

Bahan utama yang kita gunakan kali ini ialah benih rosella. Benih rosella ini berupa biji yang masih hidup sehingga dapat ditanam dan tumbuh menjadi kecambah. Anda bisa mengambilnya dari buah yang telah matang sempurna atau buah rosella yang sudah jatuh dari pohonnya. Kalau belum ada tanaman rosella, Anda bisa membeli benih ini di www.tokotanaman.com ya. Anda juga perlu menyiapkan pot, tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang sebagai media tanamnya.

Membuat Media Tanam yang Subur

Agar tanaman rosella dapat tumbuh subur serta cepat berbuah, maka Anda perlu menyiapkan media tanam yang tepat untuknya. Di sini kami merekomendasikan Anda untuk membuat media tanam yang bersifat porous dan mengandung bahan organik. Anda dapat membuat media tanam ini dari campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang yang dicampurkan secara merata. Kemudian masukkan media tanam ini ke dalam pot yang sebelumnya telah diberi pecahan genteng sebagai alasnya.

Menanamkan Benih Rosella di Pot

Sebaiknya biji rosella tidak langsung ditanam di pot ya. Kami sarankan untuk merendam biji tersebut di air hangat terlebih dahulu untuk mempercepat proses perkecambahannya. Peluang biji untuk tumbuh juga akan lebih tinggi kalau sudah direndam di air hangat. Jadi sebelumnya Anda perlu menyiapkan air yang hangat-hangat kuku. Kemudian masukkan semua biji rosella yang hendak ditanam di air hangat dan rendam selama 20-30 menit. Lalu Anda bisa menanamkannya di pot sebanyak 2-3 biji/lubang.

Menyirami Tanaman Memakai Pupuk

Lakukan pengontrolan air di media tanam melalui penyiraman secara tepat. Siramilah tanaman ini hanya ketika kondisi permukaan tanahnya sudah terlihat agak kering. Kami merekomendasikan Anda membuat POC (pupuk organik cair) sendiri. Lantas pupuk cair ini dapat disiramkan ke tanaman untuk mendukung kesuburannya. Anda bisa menyirami tanaman memakai pupuk POC setiap 3 hari sekali. Kami jamin deh, tanaman rosella Anda pasti bakal tumbuh subur dan juga cepat menghasilkan buah.

Sekarang Waktunya Memanen Buah

Biasanya sih setelah tanaman rosella tumbuh setinggi 1 meter, tanaman tersebut akan mulai belajar menghasilkan buah. Awal mulanya jumlah buah rosella yang dihasilkan masih sedikit. Namun lama-kelamaan jumlahnya akan semakin meningkat, terutama kalau Anda tetap memberikan perawatan yang baik ke tanaman tersebut. Cara memanen buah rosella ini sebenarnya mudah sekali kok. Anda tinggal memetik buahnya dengan gunting. Sebisa mungkin sertakan juga tangkai buahnya ya.