Tips agar Buah Pisang Mulus Sehingga Harga Jualnya Lebih Mahal

Budidaya pohon pisang kini semakin banyak digemari oleh para petani di Indonesia. Bahkan masyarakat awam yang mempunyai lahan kosong pun banyak yang memilih untuk menanam pisang dibandingkan dengan tanaman lainnya. Alasan utamanya adalah tanaman pisang tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Bahkan tanpa perawatan pun tanaman ini tetap mampu tumbuh dengan baik serta menghasilkan buah. Tanaman pisang memang cocok sekali ditanam di Indonesia.

Tahukah Anda, tampilan buah pisang akan berpengaruh langsung terhadap harga jualnya. Para pembeli umumnya menghendaki buah pisang yang memiliki penampilan mulus pada kulit luarnya. Buah pisang yang mulus ini terlihat lebih menarik dan menggoda. Di sisi lain, buah pisang yang kulitnya tidak mulus atau dipenuhi oleh bercak noda dan totol-totol biasanya kurang diminati pembeli. Sehingga para petani pisang terus berupaya untuk membuat buah pisang yang dipanennya tampak mulus.

Jangan khawatir. Kami mempunyai sejumlah kiat yang ampuh digunakan untuk menjaga buah pisang di kebun Anda tetap memiliki kulit yang mulus.

Kiat 1. Jagalah Kebersihan Tanaman Pisang

Kebersihan tanaman merupakan kunci penting untuk membuat buah pisang Anda tetap mulus tanpa noda pada bagian kulit luarnya. Anda harus senantiasa menjaga kondisi pohon pisang tetap bersih. Tapi yang kami maksudkan bukan mencuci pohon tersebut, melainkan membuang semua daun pisang yang telah mengering secara rutin. Anda bisa memangkas pelepah pisang yang sudah benar-benar kering agar tidak mengganggu pertumbuhan buah. Daun yang menempel di buah pun sebaiknya disingkirkan saja. Hal ini dilakukan untuk memastikan buah pisang mampu mendapatkan sinar matahari secara optimal.

Kiat 2. Antisipasi Serangan Hama dan Penyakit

Penyebab utama buah pisang Anda berubah menjadi burik dengan noda dan totol-totol di kulitnya ialah serangan hama atau penyakit. Jenis hama terutama serangga sering kali meletakkan telur-telurnya di kulit buah pisang yang menyebabkan timbulnya bercak-bercak berwarna hitam. Beberapa penyakit juga kerap menyerang buah pisang tersebut sehingga mengakibatkan kulitnya menjadi burik hingga daging buah yang membusuk. Anda bisa mengantisipasi serangan hama/penyakit tersebut dengan melakukan penyemprotan fungisida atau insektisida yang tepat pada buah pisang yang tengah berkembang.

Kiat 3. Lakukan Pemblongsongan Buah Pisang

Pemblongsongan adalah upaya memasang blongsong pada seluruh buah pisang yang tengah tumbuh di pohonnya. Blongsong yang digunakan di sini bisa berupa karung beras, karung goni, atau plastik khusus. Anda dapat membeli plastik khusus untuk keperluan memblongsong buah pisang di www.tokotanaman.com ya. Pemasangan blongsong dilaksanakan saat bunga pisang baru saja mekar. Plastik blongsong bagian atas tidak boleh menempel ke buah karena dapat menyebabkan warnanya menghitam akibat terbakar sinar matahari. Anda harus memasangnya dalam jarak 20-30 cm di atas tandan buah pisang.