Panduan Cara Menanam Kunyit di Polybag, Mudah Banget Kok!

Sebagai warga asli Indonesia, kita sudah terbiasa memanfaatkan rimpang kunyit, baik itu sebagai bumbu masakan maupun bahan pembuatan jamu. Kunyit ini mampu menghilangkan bau amis yang terkandung di dalam ikan serta menciptakan warna kuning yang alami. Sebagai obat herbal, kunyit berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut. Ternyata tanaman kunyit ini juga bisa kita pelihara di dalam polybag lho! Ini tentu menjadi sebuah kabar gembira khususnya buat Anda yang hobi bercocok tanam di polybag atau pot. Dengan menanam kunyit di dalam polybag, Anda tidak memerlukan lahan yang luas lagi. Cukup atur saja polybag-polybag di rak, maka penggunaan lahan pun akan semakin efektif.

Nah, berikut ini langkah-langkah dalam menanam kunyit di polybag! Anda bisa mencobanya sendiri agar dapat memiliki tanaman kunyit yang bisa dipanen setiap saat. Lumayan banget kan jika kita mempunyai stock tanaman herbal sendiri di rumah? Silakan Anda bisa mengikutinya dengan baik.

ALAT DAN BAHAN :

  • Rimpang kunyit
  • Cutter
  • Tampah
  • Polybag
  • Pupuk kandang
  • Cetok

CARA MENANAM :

  1. Siapkan beberapa rimpang kunyit yang berkualitas bagus. Potonglah rimpang tersebut menjadi beberapa bagian yang berukuran 3-7 cm menggunakan cutter. Usahakan setiap potongan rimpang ini mempunyai 3 mata tunas.
  2. Potongan-potongan rimpang kunyit lantas dihamparkan di atas tampah. Proses penyemaian dilakukan dengan menaruh tampah tersebut di ruangan yang kondisinya lembab untuk memicu pertumbuhan tunas. Kerjakan proses ini selama beberapa hari sampai panjang tunas kunyit mencapai 2-3 cm.
  3. Siapkan media tanam untuk penanaman bibit kunyit. Campurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Aduk kedua bahan ini sampai benar-benar rata. Lalu masukkan ke dalam polybag yang sudah dibuat lubang sebanyak 3-5 buah.
  4. Bibit kunyit yang telah siap kemudian ditanamkan di polybag pada kedalaman 3-5 cm tergantung bentuk bibit tersebut. Bibit cukup ditanamkan hingga seluruh bagian rimpangnya tertutupi oleh tanah dan tunasnya tetap berada di atas permukaan tanah.
  5. Setelah itu, polybag bisa Anda pindahkan di tempat yang terbuka agar mendapatkan sinar matahari secara langsung. Disarankan letakkan semua polybag di rak sehingga kapasitas lahan dalam menampung polybag akan semakin besar.
  6. Pemeliharaan tanaman kunyit dilakukan dengan menyiramnya secara rutin sehari sekali. Berikan tambahan pupuk kandang secukupnya di media tanam untuk menjaga tingkat kesuburannya. Bersihkan pula media tanam tersebut dari rumput-rumput liar yang tumbuh di atasnya.

Selamat mencoba!