Cara Menanam Pohon Mangga Mahatir dan Panduan Perawatannya

Buah mangga merupakan salah satu buah favorit masyarakat di Indonesia. Kita beruntung karena buah yang nikmat ini bisa tumbuh subur di negeri kita tercinta. Hal ini membuat harga buah mangga di sini terbilang terjangkau. Bahkan di musim panen raya, harganya bisa murah sekali. Namun Anda harus tahu kalau ada bermacam-macam jenis mangga saat ini. Yang paling menarik perhatian tentunya adalah buah mangga mahatir, di mana ukuran buahnya bisa sangat besar alias jumbo.

Pohon mangga mahatir termasuk jenis tanaman mangga yang baru dikembangbiakkan. Pohon mangga yang satu ini mempunyai keunggulan utama yaitu buahnya memiliki ukuran yang lebih besar daripada rata-rata buah mangga pada umumnya. Kabar baiknya adalah pohon mangga mahatir dapat ditanam di berbagai tempat, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Proses perawatannya juga tak terlampau rumit, sama halnya dengan jenis tanaman-tanaman mangga yang lainnya.

Khususnya bagi Anda yang tertarik untuk menanam pohon mangga mahatir, silakan Anda bisa mengikuti panduan langkah-langkah di bawah ini ya!

Beli Bibitnya Terlebih Dahulu

Berhubung mangga mahatir ini termasuk varietas baru dari tanaman mangga, maka masih sedikit saja orang yang sudah memilikinya. Beruntung sekali kalau Anda mempunyai kenalan yang sudah memiliki pohon mangga mahatir. Sehingga Anda dapat mencangkoknya untuk memperoleh bibit yang baru. Tapi kalau belum ada, silakan Anda dapat membeli bibitnya terlebih dahulu. Kalau Anda mau praktis, silakan Anda bisa membeli bibitnya di www.tokotanaman.com ya. Bibit yang kami jual terjamin keasliannya.

Buatlah Lubang Tanamnya

Menanam pohon mangga tidak boleh disamakan dengan menanam jagung ya. Di sini Anda hanya perlu membuat lubang tanam saja, di mana lubang inilah yang akan ditanami bibit mangga mahatir. Gunakan cangkul untuk membuat lubang yang berukuran 50 x 50 x 50 cm. Kemudian masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tadi sampai tingginya 20 cm. Biarkan lubang ini terlebih dahulu selama 3-5 hari supaya kondisinya menjadi normal dan siap untuk ditanami bibit tanaman mangga mahatir.

Tanamlah dengan Benar Ya

Sekarang waktunya untuk menanam bibit tanaman mangga mahatir yang sudah Anda terima. Silakan Anda lepaskan polybag-nya dengan hati-hati. Usahakan jangan memaksanya sebab dapat merusak akar bibit tanaman tersebut. Genggamlah bagian bawah bibit memakai kedua tangan Anda dengan erat agar media tanamnya tidak hancur. Kemudian masukkan ke dalam lubang tanam. Atur posisinya agar dapat berdiri tegak. Lalu Anda bisa menimbun kembali lubang tanam tadi. Pasang ajir di sampingnya sebagai penahan.

Rawat Tanaman dengan Baik

Tentunya Anda perlu merawat tanaman mangga mahatir dengan baik supaya cepat tumbuh besar dan cepat juga menghasilkan buah. Adapun bentuk-bentuk perawatannya adalah sebagai berikut :

  1. Air adalah kebutuhan dasar bagi semua makhluk hidup. Tak terkecuali pula dengan tanaman mangga mahatir yang juga membutuhkan air supaya dapat bertahan hidup. Sebagai tanaman yang berbatang keras, tanaman mangga ini memerlukan air yang cukup banyak. Jadi Anda sebaiknya menyirami tanaman ini sebanyak 3 kali per hari namun usahakan tidak ada genangan air di sekitarnya. Siramkan air langsung ke arah tanahnya ya.
  2. Setiap tanaman juga membutuhkan makanan. Bahan makanan ini diperoleh tanaman dari unsur hara dan zat organik yang terkandung di tanah. Tetapi karena terus diserap oleh akar tanaman, bahan makanan ini lama-kelamaan akan semakin menipis. Anda perlu memberinya lagi dengan memberikan pupuk tambahan ke tanaman. Berikan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos. Anda juga bisa memberi NPK untuk memicu pertumbuhannya.
  3. Supaya tanaman tumbuh dengan baik dan mempunyai postur yang bagus, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemangkasan secara rutin. Jangan ragu memangkas tanaman sebab ini benar-benar bermanfaat bagi pohon mangga mahatir. Selain berguna untuk membentuk tajuk, pemangkasan juga akan membuat tanaman semakin subur. Utamakan untuk membentuk tajuk tanaman terlebih dahulu, lalu pangkas batang-batang yang tidak perlu.