Cara Mudah Mencangkok Pohon Jeruk Pamelo Merah Madu Tanpa Biji

Buah pamelo dikenal pula dengan sebutan jeruk bali. Buah ini sebenarnya tak termasuk dalam keluarga jeruk-jerukan ya. Tetapi karena rasanya mirip seperti jeruk, maka masyarakat kita mengenalnya sebagai buah jeruk bali. Awalnya buah pamelo memiliki rasa yang manis, asam, dan pahit. Namun karena sudah direkayasa sedemikian rupa, kini telah tercipta varietas buah pamelo yang rasanya jauh lebih nikmat dan berwarna merah menggoda. Bahkan buah tersebut juga tidak mengandung biji loh.

Anda membutuhkan bibit khusus varietas pamelo merah tanpa biji. Tak usah khawatir sebab kami telah menyediakannya secara khusus untuk Anda. Ini merupakan bibit yang dikembangbiakkan memakai cara okulasi sehingga mampu menghasilkan buah dengan cepat. Anda bisa memesannya secara langsung dan menanamnya dengan baik. Tetapi kalau Anda mau membuat bibitnya sendiri juga bisa kok. Anda dapat mencobanya dengan teknik cangkok terlebih dahulu.  Prosesnya tidak terlalu susah kok.

ALAT DAN BAHAN :

  • Pohon pamelo
  • Cutter
  • Plastik bening
  • Bawang merah
  • Tali
  • Tanah
  • Sekam bakar
  • Pupuk kandang

LANGKAH-LANGKAH :

Memilih Batang Tanaman yang Tepat

Hal yang paling penting dalam mencangkok tanaman adalah memilih batang tanaman yang paling tepat untuk dicangkok. Ya, kenyataannya memang tidak sembarang batang bisa dicangkok. Kalau sebelumnya Anda sudah pernah mencangkok tanaman tapi tidak berhasil, maka salah satu penyebabnya yaitu Anda salah dalam memilih batang. Kami beberkan triknya. Sebenarnya kalau Anda mau berhasil mencangkok, maka Anda harus memilih batang yang sudah keras, berkayu, dan memiliki tunas daun baru yang berarti kondisi batang tersebut benar-benar sehat.

Melakukan Proses Cangkok yang Baik

Pencangkokan pada dasarnya bertujuan untuk merangsang tumbuhnya akar di tengah-tengah batang tanaman. Terdapat beberapa media yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Kami biasanya memakai media tanam yang subur dan gembur. Media ini terbuat dari tanah yang bersih, sekam bakar, dan pupuk kandang yang dicampurkan secara merata. Sementara itu, Anda dapat mengupas lapisan kulit di batang tanaman yang telah dipilih secara melingkar sepanjang 5-8 cm. Lalu tutupi memakai media tanam yang ditahan dengan plastik bening. Jangan lupa mengikatnya dengan kencang.

Merawat Cangkokan supaya Tumbuh

Agar peluang keberhasilannya lebih tinggi, Anda harus senantiasa merawat cangkokan. Perawatan pada cabang tanaman yang sedang dicangkok ini tak ubahnya seperti merawat bibit tanaman yang baru. Anda harus memperhatikan dengan baik kondisi media tanam yang terdapat di dalam plastik. Pastikan jangan sampai terlalu kering karena cabang tersebut bisa mati. Sehingga Anda perlu menyiraminya secara rutin pada pagi dan sore hari. Buatlah beberapa lubang pada plastik cangkokan. Kemudian siramilah tepat di plastik tersebut supaya air dapat meresap masuk sampai ke dalam media tanam.

Memisahkan Cangkokan dari Pohon

Sehari-hari Anda perlu memperhatikan dengan teliti pertumbuhan akar pada cabang tanaman. Di sinilah kegunaan kita memakai plastik yang transparan sehingga bisa melihat kondisi akar dengan lebih mudah. Cangkokan yang baik akan menunjukkan pertumbuhan pada akar dan daun-daunnya. Jika media tanam di dalam plastik sudah dipenuhi oleh akar yang segar, maka Anda bisa memisahkan batang tersebut dari tanaman induknya untuk dijadikan bibit pamelo baru. Anda bisa memotong cabang tadi memakai gergaji kayu agar hasil potongannya lebih rapi. Kerjakan dengan penuh kehati-hatian.

Menanam Bibit Pamelo dengan Benar

Bibit pamelo yang baru saja dipotong dari tanaman induk sebaiknya secepat mungkin ditanam. Kami menyarankan untuk menanamnya di polybag terlebih dahulu ya supaya Anda lebih mudah memindah-mindahkannya. Mengapa? Sebab bibit tanaman yang baru tersebut memang wajib diletakkan di tempat yang teduh terlebih dahulu. Bibit tersebut jangan sampai terkena sinar matahari langsung karena akan terbakar. Anda bisa menanam bibit pamelo tadi di polybag yang telah berisi media tanam dari campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang. Lalu taruhlah di tempat yang teduh.

Merawat Tanaman biar Tumbuh Besar

Bagaimanapun juga tanaman apa pun itu mesti dirawat dengan baik supaya tumbuh subur. Anda dapat menyirami tanaman ini setiap hari dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca. Jika mendung atau telah hujan, maka tanaman tidak perlu disiram. Kemudian Anda juga perlu memberikan pupuk kandang untuk menyuburkan tanaman pamelo ini. Lakukan pemupukan memakai pupuk kandang hewan setiap 1 bulan sekali dengan dosis 1 kg/pohon. Bersihkan media tanam di sekitar pohon pamelo dari tanaman gulma di sampingnya. Dan jangan lupa untuk melakukan pemangkasan secara berkala.