Cara Merawat Philodendron Dark Lord, Tanaman yang Keren & Elegan

Tanaman philodendron dark lord dikenal mempunyai penampilan yang sangat menarik. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hitam mengkilap. Daunnya akan tumbuh subur dan semakin rimbun jika Anda merawatnya dengan baik. Sehingga penampilannya pun akan semakin memesona. Biasanya sih tanaman philodendron dark lord ini ditanam di dalam pot berwarna putih. Warna kontras antara pot dan daun tanaman si dark lord ini mampu menciptakan pemandangan yang indah dan unik.

Sebenarnya tanaman philodendron dark lord merupakan tanaman yang cukup mudah ditanam. Anda bahkan dapat menanam tumbuhan ini dari bagian bonggolnya saja loh. Namun untuk mendapatkan tanaman yang memiliki penampilan yang manis tentunya kita membutuhkan teknik perawatan secara khusus. Anda tidak bisa merawatnya dengan cara yang biasa-biasa saja. Jadi kira-kira bagaimana proses perawatan tanaman philodendron dark lord ini supaya tumbuh subur dan punya daun yang rimbun?

Kali ini kami akan berbagi tentang tips perawatan dari tanaman philodendron dark lord yang baik dan benar sebagai berikut!

Gunakan Media Tanam yang Baik

Yang paling dasar tentunya adalah Anda mesti menggunakan media tanam yang baik untuk tanaman philodendron dark lord. Kriterianya yaitu media tanam tersebut mesti subur, teksturnya gembur, tidak menahan air, dan memiliki tingkat porositas yang baik. Anda bisa membuat media tanam ini memakai campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar. Aduklah bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata. Barulah kemudian Anda bisa memanfaatkannya sebagai media tanam yang baik untuk tanaman.

Letakkan di Tempat yang Teduh

Anda harus tahu bahwasanya semua tanaman philodendron itu lebih suka berada di tempat yang teduh dibandingkan tempat yang terbuka. Tanaman ini tidak suka terhadap pancaran sinar matahari secara langsung. Cahaya alami ini bahkan bisa membuat daun philodendron dark lord menjadi cepat mengering dan akhirnya layu berguguran. Jadi silakan Anda bisa mempertimbangkan kembali lokasi peletakan dari tanaman philodendron dark lord Anda. Pastikan tanaman ini berada di tempat yang cukup teduh ya.

Siramilah Tanaman Secara Rutin

Menyirami tanaman juga menjadi salah satu bentuk perawatan yang wajib dilakukan secara berkala agar tanaman philodendron dark lord tumbuh subur dan mempunyai daun yang indah. Tapi penyiramannya juga perlu memperhatikan kondisi dari tanaman tersebut dan media tanamnya ya. Tanaman ini sendiri dikenal tidak terlalu suka terhadap media tanam yang basah, apalagi genangan air. Jadi Anda sebaiknya menyirami tanaman ini hanya pada saat kondisi permukaan media tanamnya sudah terlihat kering.

Berikan Pupuk Penyubur Pohon

Tanaman philodendron dark lord juga membutuhkan makanan selama kehidupannya. Makanan ini akan mendukung tumbuh kembang dan kehidupannya dengan baik. Adapun makanan bagi tanaman berupa pupuk, baik itu pupuk organik maupun pupuk kimia sebagai booster pertumbuhannya. Pupuk kandang dan kompos wajib Anda berikan setiap 1 bulan sekali untuk meningkatkan kesuburan media tanam. Lalu Anda juga perlu memberikan pupuk NPK supaya pertumbuhan daun tanaman ini lebih subur dan bagus.

Bersihkan Permukaan Daunnya

Perawatan khusus untuk tanaman hias berdaun indah seperti philodendron dark lord adalah Anda harus mau membersihkan daunnya satu per satu. Ya, bentuk perawatan ini wajib dilakukan supaya daunnya selalu terlihat bersih, indah, dan memikat hati. Yang paling utama tentu Anda mesti mengelap bagian permukaan daun philodendron dark lord ini. Kemudian Anda bisa memberikannya nutrisi menggunakan susu skim tanpa gula sehingga daunnya akan tumbuh maksimal, besar, dan permukaan mengkilap.