Cara Merawat Aglaonema Dona Carmen yang Baik agar Tampil Cantik

Kalau mendengar kata aglaonema, Anda semua pasti bakalan langsung terbayang tanaman hias berdaun indah dengan harga selangit, kan? Namun siapa sangka jika ternyata ada tanaman aglaonema yang biasa dibanderol dengan harga yang murah loh. Namanya yaitu aglaonema dona carmen. Cukup menyiapkan uang sekitar RP 10-15 ribu saja, Anda sudah bisa membawa pulang bibit aglaonema dona carmen ini. Pas banget deh bagi Anda para pemula yang tertarik untuk mencoba menanam aglaonema.

Setelah mengetahui harganya, Anda tidak boleh langsung memandang sebelah mata si aglaonema dona carmen ini ya. Walaupun penampilannya tidak terlalu spesial, tetapi tanaman aglaonema ini pun bakalan terlihat elok manakala kondisinya sudah rimbun. Tanaman ini akan terlihat anggun, asri, dan memesona dengan banyaknya daun yang dimilikinya. Apalagi kalau Anda menanamnya di dalam pot yang menarik, dijamin deh pesonanya pasti akan langsung meningkat secara drastis.

Pada dasarnya, tanaman aglaonema dona carmen terbilang mudah ditanam. Tanaman ini juga tak butuh perawatan secara khusus kok. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini ya!

Tanamlah di Media Tanam yang Tepat

Tanaman aglaonema dona carmen wajib ditanam di media tanam yang tepat agar pertumbuhannya bisa optimal. Tanaman ini akan tumbuh subur manakala ditanam di media yang sesuai. Tidak jarang tanaman aglaonema yang ditanam di sembarang tempat mengalami pertumbuhan yang lambat atau kerdil. Itulah sebabnya, Anda mesti menyiapkan media tanam dengan baik. Rekomendasi kami adalah campuran dari tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1. Tanah yang digunakan di sini wajib dibersihkan dahulu dari sampah dan mikroorganisme yang mungkin ada di dalamnya.

Siramilah Tanaman Ini Secara Bijaksana

Anda harus tahu kalau pada awal penanaman, tanaman aglaonema ini tidak boleh terlalu sering disiram. Mengapa? Sebab tanaman tersebut masih dalam proses adaptasi dan akarnya pun belum begitu banyak. Kalau Anda terlalu sering menyiraminya, batang tanaman tersebut justru akan membusuk loh karena air yang diterimanya belum bisa diproses. Barulah setelah tanaman mulai menumbuhkan tunas daun baru, yang berarti tanaman sudah mampu beradaptasi, Anda bisa menambah frekuensi penyiramannya. Anda bisa menyirami tanaman ini pada pagi dan sore hari saat kondisi cuaca sedang panas.

Berikan Pupuk untuk Menyuburkannya

Rahasia utama untuk membuat tanaman aglaonema cepat tumbuh besar dan daunnya lebat ialah Anda harus memberikannya pupuk. Pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos terbukti bisa membuat tanaman aglaonema dona carmen ini semakin subur pertumbuhannya. Tapi di sini Anda harus pun wajib memastikan pupuk yang akan dipakai telah terfermentasi dengan sempurna. Pupuk organik yang belum matang biasanya justru bakal mematikan tanaman. Selain pupuk organik ini, Anda juga dianjurkan untuk memberikan pupuk tambahan seperti NPK dan urea untuk menyuburkan pertumbuhan daun.

Usahakan Mendapatkan Sinar Matahari

Tanaman yang mempunyai daun lebar dengan permukaan yang mengkilap seperti si aglaonema ini pada dasarnya sangat menyukai sinar matahari, tetapi tidak terlalu tahan terhadap panas yang ekstrem. Anda harus meletakkan tanaman ini di tempat yang tepat agar dia dapat memperoleh cahaya mentari dengan maksimal. Namun Anda juga harus berhati-hati terhadap sinar matahari pada siang hari yang malah bisa membakar daunnya. Kami sarankan untuk meletakkan aglaonema dona carmen di tempat yang sanggup mendapatkan banyak sinar matahari pagi, namun tetap terhindar dari cahaya mentari siang.

Kendalikan Hama & Penyakit Tanaman

Jangan menganggap kalau tidak ada hama ataupun penyakit yang suka menyerang tanaman aglaonema ya. Kenyataannya justru tidak sedikit loh mikroorganisme berbahaya yang kerap mengganggu tanaman ini. Sebut saja seperti kutu putih, cendawan, keong, uret, nematoda, ulat, dan lain-lain. Itulah sebabnya, Anda harus memantau kondisi tanaman aglaonema dona carmen ini secara berkala. Disarankan untuk membersihkannya paling tidak seminggu sekali sambil mengecek barangkali terdapat pengganggu yang sedang asyik merusak tanaman aglonema dona carmen kesayangan Anda.