Cara Merawat Aglaonema agar Berdaun Lebar, Tidak Kecil Memanjang

Pantas sekali bagi tanaman aglaonema untuk dijuluki sebagai ratunya daun. Tentunya julukan tadi tidak terlepas dari penampilan daun yang dimiliki oleh tanaman aglaonema, di mana daun tersebut sungguh tampil begitu menawan. Pesona keindahannya luar biasa sekali dan menarik di hati. Bagaimana mungkin ada tanaman dengan daun yang indah sekali seperti ini? Tentunya penampilan daun aglaonema bakalan semakin sempurna apabila daunnya berukuran besar dan lebar, bukan malah memanjang.

Umumnya penghobi tanaman pemula akan merasa tanaman aglaonema tidak ubahnya seperti tanaman yang lainnya. Iya sih memang tanaman tersebut tetap dapat tumbuh subur seperti yang diinginkan. Tapi masalahnya adalah tanaman aglaonema yang dirawat secara asal-asalan ini biasanya memiliki daun yang ramping memanjang sehingga penampilannya kurang menarik. Bahkan ada pula aglaonema yang punya tangkai daun dengan ukuran yang terlalu panjang sehingga mengurangi sisi keanggunannya.

Memang benar bahwa tanaman aglaonema membutuhkan perawatan secara khusus. Anda tidak boleh merawat tanaman ini secara asal-asalan jikalau ingin penampilannya lebih maksimal. Begitu pula untuk membuat daun aglaonema tersebut tumbuh optimal sehingga ukurannya lebar, Anda harus melakukan perawatan secara khusus. Di sinilah kami berusaha untuk membagikan tips perawatan aglaonema serta rahasia utamanya untuk membuat daunnya menjadi semakin lebar, tidak kecil memanjang.

Taruhlah di Tempat yang Banyak Cahayanya

Sebenarnya inilah rahasia utama agar tanaman aglaonema Anda mempunyai daun yang berukuran lebar dan besar. Bukan lain yaitu tanaman tersebut harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup sehingga pertumbuhannya pun maksimal. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh. Akibatnya, tanaman pun sengaja memanjangkan tangkai daunnya untuk mencari cahaya matahari. Fokus pasokan makanan yang digunakan untuk menumbuhkan tangkai daun kemudian mengakibatkan pertumbuhan bagian daunnya menjadi terhambat sehingga kurang bisa melebar.

Jadi mulai dari sekarang silakan Anda bisa mengatur kembali tata letak atau posisi penempatan tanaman aglaonema tersebut. Usahakan Anda tidak menaruhnya di tempat yang terlalu teduh. Area terbuka yang dilindungi oleh paranet merupakan rekomendasi kami. Memang benar pancaran cahaya matahari bagus sekali bagi tanaman ini. Terutama adalah sinar matahari di pagi yang secara aktif mampu menyuburkan pertumbuhan tanaman aglaonema. Akan tetapi, Anda harus waspada terhadap cahaya matahari di siang hari karena dapat membakar daun-daun aglaonema kesayangan Anda.

Berikanlah Pupuk Kandang serta Pupuk NPK

Syarat lainnya untuk membuat pertumbuhan tanaman aglaonema Anda menjadi lebih maksimal, Anda harus mencukupi kebutuhan makanannya. Ternyata tidak cuma manusia dan binatang saja yang butuh makanan yang cukup loh, tumbuh-tumbuhan pun memerlukannya. Apalagi untuk tanaman hias seperti aglaonema ini membutuhkan porsi makanan yang lebih banyak supaya pertumbuhannya lebih optimal. Anda harus memperhatikan hal dasar ini baik-baik agar tanaman aglaonema Anda bisa mempunyai daun yang lebih lebar sehingga tampilannya pun semakin menawan.

Pupuk organik mutlak diberikan sebagai pupuk dasar untuk menyuburkan tanaman aglaonema. Silakan Anda dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos asalkan sudah difermentasi sempurna. Jangan pernah memakai pupuk yang masih mentah karena justru membahayakan tanaman Anda. Kami sendiri merekomendasikan penggunaan pupuk dari kotoran kambing, urine kelinci, atau sampah daun. Pupuk ini bisa Anda berikan setiap 2-3 minggu sekali. Kemudian untuk mendukung pertumbuhan daun tanaman, silakan berikan juga pupuk NPK setiap 1 bulan sekali.

Siramilah Tanaman Aglaonema Secara Bijak

Di samping membutuhkan makanan, makhluk hidup juga perlu minuman untuk mendukung kehidupan. Bahkan air minum ini menduduki posisi pertama sebagai kebutuhan pokok makhluk hidup, tak terkecuali pula dengan tanaman aglaonema. Sudah terbukti kalau tanaman aglaonema yang mendapatkan air yang cukup, maka pertumbuhannya pun bakalan optimal. Akan tetapi, kenyataannya tanaman ini juga rentan membusuk apabila mendapatkan air yang terlalu banyak, apalagi jika sampai terbentuk genangan air di dalam pot. Oleh karena itu, Anda harus menyirami tanaman ini secara bijaksana.

Rekomendasi kami adalah silakan Anda menyirami tanaman aglaonema cukup satu kali per hari saja ya. Jangan menyiraminya terlalu banyak agar media tanamnya tidak terlampau basah. Kecuali kalau kondisi cuaca sedang panas sekali, Anda boleh menambahkan lagi frekuensi penyiramannya. Hal ini dikarenakan tanaman aglaonema pada dasarnya sangat sensitif terhadap tempat yang memiliki kelembapan tinggi. Sering kali tanaman ini justru membusuk dan mati kalau terlalu sering disiram. Sebaiknya sih siramilah di pagi hari saja, tepat langsung ke arah bagian media tanamnya.

Berikanlah Perawatan Khusus untuk Daunnya

Agar daun tanaman aglaonema dapat tumbuh melebar, Anda juga perlu memberikan perawatan khusus pada daunnya. Bentuk perawatan ini sendiri berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan daun. Di sini kami menganjurkan ke Anda untuk memberikan susu ke permukaan daun tanaman tersebut. Faktanya memang susu ini sangat ampuh digunakan untuk merangsang pertumbuhan daun aglaonema sehingga semakin subur. Tetapi bukan susu sembarang susu yang dipakai kali ini. Melainkan Anda harus memakai susu skim tanpa gula dan tanpa lemak. Susu ini biasanya banyak dijual di toko bahan kue.

Susu skim mengandung protein, kalsium, serta zat besi yang tinggi, di mana zat-zat ini ternyata efektif sekali untuk merangsang pertumbuhan daun aglaonema. Telah terbukti kalau daun aglaonema dan daun dari tumbuh-tumbuhan hias lainnya yang sering diberikan treatment dengan susu skim ini, maka daun tadi bakalan tumbuh dengan maksimal, ukurannya besar dan lebar, serta pemukaannya mengkilap. Jadi Anda wajib mempraktikkan trik rahasia perawatan aglaonema yang satu ini. Caranya yaitu Anda cukup Anda cukup mengelap kedua sisi daun aglaonema dengan susu skim ini saat pagi buta setiap 2-3 hari.