Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung agar Berbuah Lebat

Ubi jalar (Ipomoea batatas L) adalah tanaman budidaya dalam famili Convolvulaceae di genus Ipomoea. Tanaman ini mempunyai akar yang dapat membentuk umbi. Selain bagian umbinya, daun ubi jalar juga bisa dimasak sebagai sayur. Beberapa jenis ubi jalar pun kerap dijadikan tanaman hias. Ubi jalar ini dapat dibudidayakan dengan teknik stolon adalah melalui batang rambatnya. Sebelumnya tanah yang hendak ditanami ubi jalar tersebut harus dicangkul terlebih dahulu. Setelah itu, berikan pupuk urea secukupnya untuk merangsang pembentukan umbi.

Pastikan tanah tersebut bisa memperoleh sinar matahari secara langsung dan bebas dari gulma. Saat ini, penanaman ubi jalar ini lebih banyak dilaksanakan memakai wadah penanaman berupa karung. Dengan demikian, penggunaan lahan bisa lebih maksimal, perawatannya lebih gampang, dan pemanenan umbi pun semakin mudah. Lantas bagaimana sih caranya menanam ubi jalar di dalam media karung? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan sendiri! Anda dapat memanfaatkan karung bekas beras atau menggunakan karung goni untuk menanam ubi jalar ini.

ALAT DAN BAHAN :

  • Umbi ubi jalar
  • Karung
  • Tusuk gigi
  • Gelas
  • Pisau
  • Bilah bambu

LANGKAH KERJA :

  • Anda perlu menyiapkan umbi ubi jalar yang kualitasnya bagus serta kondisinya sehat. Kemudian umbi tersebut dibelah menjadi dua bagian menggunakan pisau. Tusuklah bagian luar potongan umbi memakai tusuk gigi sebagai penyangga. Ya, kita perlu menyemai umbi ubi jalar ini terlebih dahulu supaya menumbuhkan akar sebelum bisa ditanam.
  • Ambil gelas yang terbuat dari material kaca. Isilah gelas tadi menggunakan air hingga volumenya mencapai setengah bagian. Masukkanlah potongan umbi jalar ke dalam gelas tersebut. Pastikan tusuk gigi berada di posisi bawah dan bekas potongan ubi sebelah bawah terdapat di posisi atas. Biarkan air merendam setengah bagian dari potongan umbi jalar ini.
  • Gelas ini sebaiknya diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung. Usahakan selama proses penyemaian, posisi gelas tetap stabil atau tidak goyang. Dalam waktu beberapa hari kemudian bakalan muncul akar dari potongan umbi tadi yang diikuti pula dengan tumbuhnya tunas daun. Potong setiap bagian tunas sampai ke akar untuk dijadikan bibit. Dalam setiap potongan umbi ubi jalar, Anda bisa memperoleh bibit sebanyak 3-5 buah.
  • Kini waktunya menyiapkan wadah penanaman berupa karung. Selanjutnya masukkan campuran tanah, pasir, da kompos ke dalam karung dengan perbandingan 2:1:2. Kemudian padatkan tanah di dalam karung dengan jalan sedikit menginjak-injakinya. Isikan media tanam ke dalam karung tersebut hingga memenuhi seluruh volumenya dengan maksimal.
  • Buatlah lubang tanam yang berdiameter 10 cm dengan kedalaman sekitar 10-15 cm. Tanamkan bibit ubi jalar tersebut ke dalam karung tadi dengan posisi akar tegak lurus ke bawah serta tunas menghadap tegak ke atasnya. Anda bisa menanam 1-3 bibit ubi jalar di setiap karung tergantung ukurannya. Setelah bibit berhasil ditanamkan, Anda bisa menyiramnya dengan air secukupnya.
  • Perawatan selama masa pertumbuhan tanaman ubi jalar cukup dilaksanakan layaknya tanaman lain. Anda perlu menjaga ketersediaan air di dalam media tanam dengan menyiramonya secara berkala. Lakukan pemupukan sebulan sekali untuk memastikan tanaman tumbuh subur. Hindari memetik daun ubi jalar jika Anda ingin mendapatkan umbi yang berkualitas. Mengingat ubi jalar tumbuh secara merambat, pemberian ajir akan sangat membantu pertumbuhan batangnya.