Cara Mudah Membuat POC (Pupuk Organik Cair) dari Telur dan Micin

Tanaman membutuhkan nutrisi yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik. Anda bisa memberikan pupuk untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Sayangnya harga pupuk saat ini tergolong cukup mahal, khususnya untuk pupuk non-subsidi. Tapi tenang, daripada Anda pusing memikirkan harga pupuk yang terus melambung tinggi, mendingan Anda membuat pupuk sendiri. Sebenarnya sih terdapat berbagai teknik untuk membuat pupuk. Kali ini kami akan mengajarkan Anda cara membuat pupuk yang paling mudah menggunakan bahan baku berupa telur dan micin.

Nama pupuk ini adalah pupuk organik cair atau dapat disingkat POC. Dinamakan demikian karena di sini kita memang menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat pupuk tersebut. Sehingga nantinya mikroorganisme yang terbentuk akan kita manfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Pupuk ini memiliki wujud cair sehingga lebih mudah digunakan. Jika Anda mempunyai waktu senggang di akhir pekan, tidak ada salahnya untuk membuat POC sendiri di rumah. Bahan dasarnya sederhana banget kok yaitu berupa telur dan micin yang pastinya sudah ada di rumah Anda, kan?

Baiklah. Mari kita sekarang membuat pupuk organik cair sendiri yuk!

ALAT DAN BAHAN :

  • 1 ember air bersih
  • 1 butir telur ayam/bebek
  • 1 sdm micin/vetsin
  • 4-5 botol plastik
  • 1 tongkat pengaduk
  • Gayung
  • Corong

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Anda dapat menyiapkan air bersih di dalam ember terlebih dahulu. Di sini Anda bebas apakah mau menggunakan air sumur atau air ledeng. Namun bila memakai air ledeng, usahakan untuk mendiamkannya selama semalaman dan mengambil hanya air bagian atas saja.
  2. Kemudian Anda bisa menyiapkan telur ayam atau telur bebek sebanyak 1 butir. Silakan Anda pecahkan cangkang dari telur tersebut. Masukkan telur ke dalam ember berisi air. Lalu tambah micin/vetsin sebanyak 1 sendok makan. Silakan aduk agar bahan-bahan ini tercampur rata.
  3. Kini waktunya untuk menuangkan campuran bahan di atas ke dalam botol plastik. Anda dapat menggunakan corong untuk mempermudah dalam menuangkan cairan ini. Tuangkan cairan ini ke dalam botol hingga memenuhi ¾ dari volumenya agar Anda bisa mengocoknya nanti.
  4. Botol-botol plastik yang telah berisi cairan lantas bisa Anda letakkan di tempat yang mampu mendapatkan pancaran sinar matahari secara langsung. Hal ini sangat penting untuk memicu tumbuhnya mikroorganisme baik di dalam botol tersebut. Biarkan selama 7-10 hari.
  5. Selama masa tunggu ini, Anda wajib mengocok isi di dalam botol plastik tersebut setiap hari. Pengocokan dilakukan pada waktu siang hari, di mana matahari tengah bersinar terik. Lakukan pengocokan selama 20-30 detik. Fungsinya untuk membuat mikroorganisme lebih aktif.
  6. Pada hari ke 7-10, POC (pupuk organik cair) buatan Anda sendiri ini sudah jadi. Anda bisa segera menggunakannya untuk menyuburkan tanaman. POC alami ini tak mempunyai masa kadaluarsa. Semakin lama Anda menyimpannya, POC tersebut justru akan semakin subur.
  7. Adapun cara untuk menggunakan POC ini mudah sekali. Anda hanya perlu menyiapkan air bersih sebanyak 1 ember. Kemudian tambahkan 5-8 sendok makan POC ke dalam air tadi tergantung kebutuhan. Barulah selanjutnya Anda bisa menyiramkannya ke tanaman.
  8. Pemberian pupuk alami POC ini bisa Anda lakukan setiap sekali dalam seminggu. Anda dapat melakukan penyiraman di waktu kondisi cuaca sedang cerah. Dengan rutin memberikan pupuk ini, niscaya tanaman-tanaman Anda pun akan semakin tumbuh subur.