Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Menggunakan Detergen

Anda yang suka berkebun di rumah pasti akan merasa marah luar biasa kalau melihat tanaman-tanaman hias yang Anda rawat dengan sepenuh hati mendadak dikerubungi oleh kutu putih. Hama bernama latin Planococcus ini memang hobi banget menempel di bagian daun-daun tanaman. Kutu putih paling sering ditemukan di pohon buah seperti pepaya, srikaya, nangka, ataupun jambu biji. Tapi tumbuhan hias yang biasa ditanam di pot seperti sri rejeki dan lidah mertua pun tak lupa dari serangannya. Anda tidak boleh memandang sepele terhadap hama yang satu ini karena dampaknya bisa sangat luar biasa.

Kutu putih umumnya dapat ditemukan di permukaan daun bagian bawah dari tanaman. Sebenarnya dia bukan hanya berlindung di tempat tersembunyi tersebut, tetapi juga sedang mencari makanannya. Yap, kutu putih tersebut bakal menghisap cairan yang terkandung di dalam daun tanaman. Bukan lain hal ini mengakibatkan kondisi daun menjadi tidak normal, pertumbuhannya terhambat, serta bentuknya pun menjadi keriput. Oleh karena itu, keberadaan kutu putih di tanaman hias milik Anda wajib disingkirkan secepat mungkin. Anda tak boleh membiarkannya berlarut-larut sebab dampaknya bisa semakin fatal.

Kita sebenarnya dapat membasmi hama kutu putih menggunakan insektisida yang banyak dijual di toko pertanian. Namun faktanya adalah kutu putih tersebut sanggup melindungi tubuhnya dari serangan luar menggunakan lapisan lilin. Lapisan lilin tersebut bakal menyelubungi seluruh tubuh kutu putih sehingga insektisida yang disemprotkan kepadanya bisa ditangkalnya. Kalau sudah begini Anda pun harus berpikir lebih pintar daripada kutu putih tersebut supaya dapat memberantas keberadaannya. Lantas bagaimana sih caranya? Silakan Anda dapat mengaplikasikan metode di bawah ini ya!

Deterjen untuk Membasmi Kutu Putih

Anda bisa memanfaatkan deterjen untuk menghilangkan lapisan lilin yang melindungi tubuh kutu putih. Sebelumnya deterjen ini perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Kemudian masukkanlah ke dalam botol spray. Setelah itu, cairan deterjen dapat Anda semprotkan tepat pada gerombolan kutu putih yang berada di balik daun pada waktu pagi hari. Dengan hilangnya lapisan lilin yang menutupi tubuh kutu putih, maka hilang pula perisainya. Sebagian kutu putih akan mati kepanasan pada siang harinya. Lalu dilanjutkan dengan penyemprotan insektisida pada sore harinya untuk membinasakan semua kutu putih yang mengganggu tanaman Anda.

Khusus untuk tanaman yang dipelihara di lingkungan tempat tinggal, sebaiknya Anda memperhatikan dampak buruk penggunaan insektisida jika sampai terhirup oleh anak-anak. Jadi sangat dianjurkan untuk tidak menyemprotkan insektisida apapun di sekitar lingkungan tempat tinggal. Sebagai gantinya, Anda bisa mengusapkan cairan deterjen memakai busa ke permukaan daun satu per satu. Memang kedengarannya sangat merepotkan. Tetapi cara ini benar-benar aman dan ampuh dalam mengatasi semua kutu putih yang menyerang tanaman.