Cara Budidaya Kaktus Gymno untuk Pemula, Hasilkan Keuntungan Berlipat!

Tahukah Anda, terdapat banyak sekali jenis-jenis tanaman kaktus di dunia. Tidak cuma batang hijau dan berduri saja, namun ternyata ragam kaktus pun memiliki berbagai macam bentuk dengan warna-warni yang sungguh menawan. Kaktus gymno merupakan jenis kaktus yang kini tengah digandrungi oleh para penggemar kaktus di Tanah Air karena kemolekan penampilan yang dimilikinya. Ini merupakan peluang emas bagi para petani untuk membudidayakan tanaman kaktus gymno.

Di pasaran sendiri, harga kaktus gymno sangat bervariasi. Jenis yang lokal umumnya dibanderol mulai dari Rp 20-50 ribu per tanaman kecil. Sedangkan untuk jenis yang impor harganya lebih dari Rp 50 ribu per tanaman kecil. Bahkan rata-rata adalah di atas Rp 100 ribu. Selain dari jenis kaktus gymno tersebut, kondisi tanaman dan cara pengemasannya pun mempengaruhi harga yang dapat kita tawarkan kepada para pembeli. Faktor kelangkaan juga memberikan andil yang cukup besar di sini loh.

Dengan harganya yang mahal dan tingkat permintaan yang cukup tinggi tersebut, maka budidaya kaktus gymno ini mempunyai peluang yang begitu besar. Apalagi kalau Anda rutin mengikuti pameran tanaman hias, kami yakin jangkauan pasar Anda pun pasti bakal semakin luas.

Menyiapkan Aneka Bibit Kaktus Gymno

Yang paling pertama tentunya Anda mesti menyiapkan bibit kaktus gymno terlebih dahulu. Perlu Anda tahu, ada berbagai macam bibit kaktus gymno dengan warna yang berbeda-beda pula. Sebaiknya Anda menyiapkan bibit yang bervariasi agar para pembeli lebih tertarik terhadap barang dagangan Anda. Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan bibit kaktus gymno, tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak tertipu bibit palsu. Sebaiknya beli saja di www.tokotanaman.com yang terjamin keasliannya.

Menyediakan Media Tanam yang Tepat

Tanaman kaktus membutuhkan media tanam yang khusus. Anda tak boleh menggunakan media tanam asal-asalan karena justru dapat mengakibatkan kaktus tadi membusuk. Silakan gunakan campuran dari sekam padi yang telah dibusukkan dan pasir malang dengan perbandingan 1:1. Aduklah semua bahan ini sampai tercampur rata, lalu diamkan selama 3-5 hari biar kondisinya menjadi normal kembali. Sebaiknya memang Anda tidak langsung menggunakan media yang baru dibuat ini karena masih bersifat panas.

Menanam Kaktus Gymno dengan Benar

Bibit tanaman kaktus gymno yang telah terkumpul lantas dapat Anda tanam di dalam pot supaya lebih mudah dalam perawatannya. Anda bisa menggunakan pot berukuran 15-20 cm. Masukkan media tanam ke dalam pot ini hingga mencapai 3/4 dari total volumenya. Letakkan bibit kaktus gymno di area tengah pot, lalu masukan kembali media tanam ke pot sampai terisi penuh. Jangan lupa untuk memadatkannya agar posisi kaktus lebih mantap tertanam di dalam tanah dan tidak mudah goyang posisinya.

Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Perawatan kaktus gymno menjadi kunci penting bagi keberhasilan Anda dalam membudidayakan jenis tanaman yang satu ini. Untungnya kaktus ini terbilang mudah ditanam. Anda bahkan tak perlu memberi teknik perawatan secara khusus. Kontrol terhadap kondisi media tanam mesti dilakukan dengan baik. Anda bisa menyiraminya setiap 3-5 hari sekali. Pastikan pula tanaman ini mampu mendapatkan cahaya matahari secara langsung, di mana hal ini pula yang akan membuat kaktus gymno tumbuh subur.

Memperbanyak Tanaman Kaktus Gymno

Salah satu kunci sukses membudidayakan suatu tanaman yaitu kita bisa melakukan perbanyakan sendiri tanaman tersebut. Bibit tanaman hanya dibeli pada saat awal proses budidaya saja. Lalu seterusnya bibit kaktus gymno diambil dari lahan milik sendiri. Adapun cara memperbanyak kaktus gymno ini terbilang cukup mudah. Perhatikan dengan baik apakah tanaman sudah mengeluarkan batang baru atau belum? Jika sudah, Anda bisa memotong batang tersebut untuk ditanam di pot tersendiri.