Begini Nih Cara Mengatasi Pohon Tin yang Layu agar Segar Kembali

Jangan ragu untuk mencoba menanam tumbuh-tumbuhan asli luar negeri di Indonesia ya. Kenyataannya terdapat banyak sekali tanaman impor yang mampu tumbuh dengan baik di sini. Hal ini tak terlepas dari kondisi tanah di Indonesia yang memang sangat subur. Bahkan sekadar batang pun sanggup tumbuh jadi tanaman jika kita menggunakan teknik stek batang untuk memperbanyak tanaman kan? Jadi seharusnya tidak ada keraguan lagi bagi Anda untuk ikut mencoba menanam pohon tin sendiri di rumah.

Namun merawat tanaman tin itu membutuhkan cara yang tidak mudah. Walaupun tanaman ini berasal dari luar negeri, tetapi bukan berarti tidak ada hama atau penyakit yang bisa menyerangnya di sini. Anda harus tetap waspada sebab faktanya pohon tin yang ditanam di Indonesia pun bisa mengalami masalah. Contohnya ialah tanaman tin yang tiba-tiba mengalami layu padahal sebelumnya masih kelihatan segar. Tentunya Anda tak boleh membiarkan masalah ini, melainkan mencari jalan keluarnya yang tepat.

Kira-kira apa sih faktor-faktor yang menyebabkan pohon tin Anda menjadi layu? Bagaimana pula solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut? Marilah kita cari tahu jawabannya bersama-sama!

PENYEBAB

Anda tidak perlu merasa kaget kalau tiba-tiba menemukan ada pohon tin Anda yang mendadak menjadi layu. Masalah ini sebenarnya lumrah bisa saja terjadi kok. Penyebab utamanya ialah Anda menggunakan media tanam yang tidak bersih. Anda membuat media tanam tadi secara asal-asalan sehingga masih ada mikroorganisme berbahaya yang terdapat di media tanam tersebut. Si mikroorganisme ini yang ternyata menjadi penyebab utama layunya tanaman tin Anda yang sebelumnya terlihat tumbuh segar.

Perlu Anda tahu, tidak semua mikroorganisme yang ada di dalam tanah memiliki manfaat yang baik bagi tanaman. Selama ini Anda mungkin mengenal cacing mampu menyuburkan tanah. Namun dalam kasus tertentu, cacing ini bisa merugikan tanaman karena memakan akar-akarnya. Ada juga makhluk kecil lain di dalam tanah yang juga senang memakan akar tanaman seperti nematoda, uret, penggerek akar, dan lain sebagainya. Mikroorganisme inilah yang senang merusak akar pohon tin sehingga menjadi layu.

SOLUSI

Anda tak perlu merasa terlalu cemas ketika mendapati pohon tin kesayangan Anda menjadi layu secara mendadak. Sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah kok asalkan mengetahui solusi yang paling tepat. Silakan Anda dapat mencoba salah satu dari trik berikut ini :

Pindahkan ke Tempat Teduh

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan untuk menangani tanaman tin yang tiba-tiba layu yaitu mencoba memindahkannya ke tempat yang lebih teduh. Bukan tidak mungkin penyebab layunya pohon tin Anda ini dikarenakan dia kepanasan. Apalagi kalau memang ternyata kondisi tempatnya berada mendapatkan pancaran sinar matahari langsung yang cukup banyak. Sehingga memindahkannya ke tempat yang lebih teduh mungkin saja mampu mengatasi permasalahannya tersebut.

Coba Menyirami Secukupnya

Anda juga bisa mencoba menyirami tanaman tin yang tiba-tiba menjadi layu tersebut menggunakan air secukupnya saja. Anda harus tahu kalau penyebab pohon tin Anda mendadak layu bisa dikarenakan dia kekurangan air minum. Itulah kenapa Anda perlu menyiraminya untuk memberikan minuman ke pohon tin tersebut. Dugaan ini menjadi semakin kuat kalau memang kondisi media tanam terlihat kering. Anda harus segera menyirami media tanamnya dengan air supaya tanaman tin tadi menjadi segar lagi.

Gantilah Media Tanam di Pot

Tidak sedikit loh kasus pohon tin yang mendadak layu sebab penggunaan media tanam yang tidak tepat. Anda harus tahu kalau tanaman ini membutuhkan media tanam yang bersih, subur, porous, serta tidak terlalu lembap. Kesalahan umumnya dilakukan dengan memakai media tanam yang asal-asalan. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan akar tanaman menjadi tidak optimal atau malah mengalami pembusukan. Silakan Anda bisa mengganti media tanam yang telah digunakan saat ini dengan media baru.

Periksa Kondisi Perakarannya

Kasus lainnya yang sering dialami oleh para petani tanaman tin sehingga membuat pohon tin miliknya tiba-tiba menjadi layu yaitu sistem perakaran tanaman tersebut terganggu. Siapakah sosok pengganggu akar tanaman tersebut? Bukan lain adalah mikroorganisme yang menjadi hama akar tanaman tin. Satu-satunya cara yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini yaitu membongkar media tanam, kemudian periksalah dengan teliti kondisi media tersebut serta perakaran tanaman. Disarankan untuk mengganti media tanamnya dengan yang baru.

Berikan Zat Perangsang Akar

Pada dasarnya, kondisi pohon tin yang menjadi layu sering kali dikarenakan oleh kondisi perakarannya yang sudah rusak. Masalah ini bisa timbul karena keadaan akar tersebut yang memang telah membusuk atau akar tanaman yang digerogoti oleh hama sedikit demi sedikit. Anda harus segera membongkar pot dan melihat kondisi media tanamnya. Setelah memasukkan media tanam yang baru ke pot, Anda dapat mengoleskan fungisida dan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) ke akar pohon tin tersebut untuk membantu pertumbuhannya.