Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Murbei yang Paling Lengkap

Tanaman murbei adalah tumbuhan yang berasal dari China serta bisa hidup dengan baik kalau dipelihara pada ketinggian lebih dari 100 m dpl. Buah murbei ini memiliki rasa manis bercampur dengan asam yang segar. Manfaat tanaman ini antara lain sebagai pakan ulat sutera, bahan obat-obatan, desinfektan, serta antiasmatik. Kabar baiknya adalah murbei merupakan tanaman yang mudah ditanam. Tidak perlu usaha khusus untuk merawat tanaman yang satu ini. Anda bisa menanam tanaman murbei di pot atau polybag sebagai alternatif kebun. Dengan perawatan yang baik, tanaman ini akan tumbuh subur.

KLASIFIKASI

Di bawah ini klasifikasi ilmiah dari tanaman murbei :

  • Divisio : Spermatophyta
  • Sub Divisio : Angiospermae
  • Classis : Dicotyledoneae
  • Ordo : Urticalis
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Morus
  • Species : Morus sp.

BENTUK

Bentuk dari tanaman murbei adalah semak/perdu. Tinggi maksimal tanaman ini mampu mencapai 20-25 m. Namun untuk mempermudah dalam perawatannya disarankan tetap menjaga tinggi pohon murbei di kisaran 5-6 m. Tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat menarik.

BATANG

Setiap jenis tanaman murbei memiliki warna batang yang berbeda-beda seperti hijau, hijau kecoklatan, atau hijau kelabu. Batang ini mempunyai cabang yang banyak dengan arah tumbuh yang tegak ke atas, mendatar, serta menggantung. Selanjutnya ranting yang bentuk penampangnya bulat akan keluar dari ketiak daunnya.

DAUN

Daun tanaman murbei berjenis tunggal dan posisinya ada di cabang spiral. Wujud tulang daun pada bagian bawahnya terlihat jelas. Bentuk daun murbei pun beranekaragam tergantung varietas-nya, ada yang memiliki bentuk oval, agak bundar, berlekuk, serta tidak berlekuk. Bagian pinggir daunnya bergerigi dengan ujung yang membulat atau meruncing. Tekstur permukaannya ada yang mengkilap dan licin, tetapi ada pula yang terasa kasap.

BUNGA DAN BUAH

Tanaman murbei mempunyai bunga yang tergolong monoecious dan juga doecious. Bunga yang berjenis kelamin jantan dan betina masing-masing tersusun pada untaian yang terpisah. Sedangkan buah murbei termasuk buah majemuk. Warna kulitnya hijau saat mudah, kemudian berangsur-angsur menjadi kuning kemerahan sampai ungu kehitaman ketika sudah tua.

AKAR

Akar tanaman murbei bertipe dalam dan luas. Sementara tanaman hasil stek memiliki akar yang tumbuh ke bawah hingga kedalaman 10-15 cm layaknya akar tunggang. Sistem perakaran tersebut mampu terus tumbuh ke bawah sampai kedalaman lebih dari 300 cm.