Inilah 4 Varietas Buah Jeruk yang Memiliki Kualitas Paling Unggul

Kelebihan dari tinggal di daerah yang beriklim tropis salah satunya adalah kita bisa membudidayakan berbagai macam tanaman buah-buahan. Contohnya yaitu tanaman buah jeruk yang memiliki harga jual yang sangat baik di pasaran. Anda bisa mempertimbangkan untuk menanam pohon ini daripada tanaman buah yang lainnya, apalagi kalau Anda tinggal di dataran tinggi. Selain potensi hasilnya yang sangat baik, perawatan tanaman jeruk juga tidak terlalu susah.

Berhubung buah jeruk termasuk salah satu komoditas andalan, maka sampai sekarang telah banyak dilakukan penelitian untuk menemukan varietas yang berkualitas unggul. Jadi Anda tidak perlu heran kalau melihat banyaknya varietas tanaman jeruk yang beredar di pasaran. Kuncinya yaitu Anda mesti memilih varietas buah jeruk yang unggul untuk dibudidayakan dalam skala yang besar. Dengan jenis buah tersebut, maka investasi yang Anda lakukan pun bakal lebih terjamin.

Di bawah ini merupakan macam-macam varietas buah jeruk yang kami rekomendasikan untuk Anda budidayakan karena mempunyai berbagai keunggulan yang sangat bagus.

Siam Pontianak

Varietas buah jeruk lokal dengan kualitas yang terbaik jatuh pada varietas siam pontianak. Biasanya varietas ini akan mulai berbuah pada umur 3-4 tahun jika memakai bibit dari okulasi atau cangkok. Jumlah buah per tandan berkisar 3-4 buah. Bentuk buahnya bulat dengan bagian ujung buah tumpul di dasarnya. Warna kulit buahnya sendiri saat telah masak adalah hijau kekuningan. Buah jeruk siam pontianak ini memiliki ukuran panjang 7,1 cm dan diameter 7,6 cm.

Buah jeruk siam pontianak memiliki jumlah juring per buah sebanyak 10-12 juring. Rasanya tentunya manis dengan aroma buah yang cukup harum. Tekstur daging buahnya pun halus. Rata-rata varietas buah jeruk siam pontianak ini mempunyai berat per buah berkisar 113,08 gram. Tumbuhan jeruk ini memiliki tingkat produktivitas mencapai 100-200 buah atau sekitar 35 kg per pohon per tahun. Anda harus mempertimbangkan untuk memilih varietas ini saat hendak membudidayakan jeruk.

Crifta 01

Varietas buah jeruk lokal yang kami rekomendasikan selanjutnya yaitu crifta 01. Ini merupakan jenis tanaman buah jeruk yang memiliki produktivitas tinggi dengan kualitas hasil buah yang sangat bagus. Jeruk crifta 01 mempunyai daun yang berbentuk oval dengan jumlah bunga yang berkisar antara 3-5 kuntum per dompol. Buahnya berbentuk bulat atau agak oval. Ukuran buahnya sekitar 7,2 x 8,6 cm. Jumlah juring per buahnya sendiri mencapai 12 juring.

Buah jeruk crifta 01 mempunyai daging buah yang berwarna oranye. Rasa daging buah tersebut ialah manis dan segar. Tekstur daging buahnya cukup halus. Kadar gula di dalam buah crifta 01 mencapai 10,3obrix. Sedangkan kadar asamnya sekitar 0,58%. Buahnya memiliki berat yang sangat baik yaitu 238,5 gram. Tingkat produktivitas buah jeruk ini mampu mencapai hingga 30 kg/tanaman. Dengan keunggulan-keunggulannya tersebut, varietas ini sangat layak untuk dibudidayakan.

Laukawar

Berikutnya kami juga merekomendasikan varietas buah jeruk laukawar. Varietas yang satu ini dapat dikenali dari batangnya yang berbentuk silindris dan daunnya berbentuk oval. Varietas ini juga punya jumlah bunga per tandan sebanyak kurang lebih 22 kuntum. Sedangkan jumlah buah jeruk yang bisa dihasilkannya mencapai 4 buah per tandan. Buah jeruk laukawar mempunyai buah yang bentuknya bulat dan pendek. Buahnya memiliki ukuran panjang 7-15 cm dan diameter 7-14 cm. Ketebalan kulit buah sekitar 0,5 cm serta jumlah juringnya berkisar 7-11 per buah.

Buah jeruk laukawar yang telah masak memiliki warna oranye dengan bagian permukaan yang agak licin. Warna daging buahnya adalah oranye. Buah tersebut mempunyai rasa daging yang manis dan segar dengan sedikit sekali rasa asamnya. Tekstur daging buahnya terasa halus dan lembut. Faktor yang paling unggul yaitu buah ini tidak memiliki biji. Adapun kadar gula buah jeruk laukawar sekitar 11obrix dan kadar asam sekira 0,6%. Buah jeruk laukawar mempunyai bobot antara 150-350 gram per buah. Sementara untuk tingkat produktivitasnya sampai 50-150 kg/pohon/tahun.

Keprok Batu 55

Satu lagi nih varietas buah jeruk yang unggul dan sangat layak untuk Anda budidayakan, yaitu keprok batu 55. Tanaman jeruk yang satu ini mempunyai daun yang berbentuk oval. Jumlah bunganya ialah 2-6 kuntum per dompol. Sedangkan jumlah buahnya berkisar 2-5 buah per dompol. Bentuk buahnya bulat serta memiliki ukuran tinggi 7,9 cm dan diameter 5,9 cm. Jumlah juring per buahnya adalah 10 juring. Sementara warna daging buahnya yaitu oranye.

Buah jeruk keprok batu 55 memiliki daging buah dengan rasa yang manis agak asam. Tekstur daging  buahnya lunak. Di setiap buahnya tersimpan sekitar 12 biji per buah. Buah jeruk ini varietas ini punya kadar gula 11,6% dan kadar asam 0,52%. Adapun berat setiap buahnya mencapai 110,62 gram. Hasil per pohon dari pohon jeruk keprok batu 55 ini sangat baik dengan tingkat produktivitas hingga 15-25 kg per pohon per tahun. Anda harus memilihnya untuk mendapatkan keuntungan optimal.