Cara Stek Batang Kelengkeng dengan Bawang Merah

Pohon kelengkeng mempunyai buah yang rasanya nikmat sekali. Rasa buah kelengkeng ini manis, segar, dan aromanya sungguh sedap. Maka tak heran kalau peminatnya pun sangat banyak. Termasuk Anda salah satunya yang suka banget dengan buah kelengkeng ini, kan? Sayangnya harga buah kelengkeng di pasaran terbilang cukup mahal. Akibatnya Anda pun tidak bisa membelinya dalam jumlah yang banyak sehingga kurang puas memakannya.

Kami mempunyai solusi bagi Anda yang suka banget dengan buah kelengkeng agar bisa memakan buah ini sampai puas. Bagaimanakah itu? Bukan lain yaitu Anda dapat menanam sendiri pohon kelengkeng di rumah. Kabar baiknya pohon kelengkeng dapat ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah. Anda bisa mendapatkan bibitnya di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Tapi kalau mau yang gratis, Anda bisa menyetek batang tanaman kelengkeng.

Benar sekali. Dengan melakukan penyetekan batang kelengkeng, Anda bisa membuat bibit sendiri untuk kemudian ditanam di pekarangan. Pada dasarnya, proses penyetekan ini dilaksanakan dengan menanam batang tanaman kelengkeng sehingga batang tersebut menumbuhkan akar dan daun. Lama-kelamaan batang ini akan semakin tumbuh dan berkembang hingga akhirnya menjadi pohon kelengkeng yang besar. Kini Anda tinggal menunggu saja sampai pohon ini berbuah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam menyetek batang tanaman kelengkeng, antara lain :

  • Batang Tanaman Kelengkeng

Bahan utama yang dibutuhkan untuk menyetek pohon kelengkeng tentu saja adalah batang dari tanaman tersebut. Namun tidak semua batang bisa dijadikan sebagai bakal stek ya. Anda harus memakai batang yang telah memenuhi syarat untuk ditanam dengan metode stek batang. Ciri-ciri batang yang baik di antaranya kondisinya sehat, mengandung kayu, sudah cukup tua, batang berwarna kehijau-hijauan, diameter minimal 1 cm, dan ada tunas daun yang baru tumbuh.

  • Zat Perangsang Tumbuh (ZPT)

Apakah Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) itu? ZPT adalah bahan khusus yang mengandung hormon untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Penggunaan ZPT akan memperbesar peluang atas keberhasilan proses penyetekan yang Anda lakukan. Batang kelengkeng yang telah diberi ZPT akan lebih cepat menghasilkan akar dan daun. Anda bisa mendapatkan ZPT di Toko Tanaman. Kalau mau menggunakan ZPT yang alami, silakan pakai umbi bawang merah ya.

  • Fungisida

Fungisida juga sangat dibutuhkan dalam mendukung proses penyetekan batang kelengkeng. Fungisida berguna untuk melindungi batang yang sedang Anda tanam  agar tetap dalam kondisi yang sehat serta terhindar dari serangan jamur dan cendawan. Ya selama proses penyetekan berlangsung, batang tanaman memang rawan sekali terserang jamur dan cendawan yang dapat mengakibatkan kematian. Dengan memberikan fungisida, serangan jamur/cendawan tersebut bisa dihindari.

  • Media Tanam

Media tanam mempunyai peran yang penting sekali dalam mendukung pertumbuhan batang kelengkeng yang tengah ditanam. Tak jarang, batang yang sedang distek malah mengering atau membusuk akibat pemakaian media tanam yang salah. Itu sebabnya, Anda harus menggunakan media tanam yang tepat. Kami sarankan pakailah campuran tanah dan sekam bakar sebagai media tanam untuk menyetek kelengkeng. Siapkan media tanam ini jauh-jauh hari sebelum ditanami batang kelengkeng.

Sedangkan peralatan yang digunakan dalam mendukung pekerjaan penyetekan tanaman yaitu :

  • Cutter
  • Alkohol/air panas
  • Polybag
  • Cetok

Berikut ini langkah-langkah dalam menyetek batang dari pohon kelengkeng supaya berhasil!

  1. Buatlah media tanamnya terlebih dahulu. Anda bisa memakai campuran tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 3:1 atau 4:1 tergantung tingkat kesuburan tanah yang digunakan. Aduklah bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata. Masukkan ke polybag sampai penuh. Kemudian diamkan selama 5-7 hari. Media tanam di polybag ini wajib disirami 2 kali sehari.
  2. Silakan Anda berburu batang kelengkeng yang paling dicocok untuk distek. Anda bisa mengambil dari tanaman kelengkeng yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Tapi jangan lupa meminta izin terlebih dahulu ya. Pilihlah batang yang kondisinya paling bagus. Potong batang ini sepanjang 30 cm menggunakan cutter yang telah disterilkan dengan alkohol atau air panas.
  3. Batang kelengkeng yang telah Anda dapatkan mesti diangin-anginkan terlebih dahulu beberapa saat agar getahnya berhenti menetes. Sembari menunggu, tumbuklah 1 bawang merah sampai halus. Ambil tumbukan bawang merah ini, lalu tutupkan ke bagian pangkal batang kelengkeng. Diamkan selama 15-20 menit supaya air sari bawang merah terserap.
  4. Buanglah semua daun yang terdapat pada batang kelengkeng, kecuali bagian tunas daun yang baru muncul. Jangan lupa untuk mengoleskan fungisida tepat di bagian pangkal ujung bawah batang tersebut. Silakan Anda biarkan lagi batang tanaman kelengkeng ini selama 5-10 menit. Lantas batang kelengkeng pun siap untuk ditanam.
  5. Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 1-2 ruas jari telunjuk di media tanam yang telah Anda siapkan sebelumnya. Tanamkan batang kelengkeng ke dalam lubang ini. Usahakan posisi batang tersebut mampu berdiri secara tegak lurus ke atas. Jangan lupa untuk memadatkan tanah di sekitar batang agar sanggup berdiri dengan kokoh dan tak mudah goyah.
  6. Letakkan polybag yang berisi batang tanaman kelengkeng tadi di tempat yang teduh. Selama proses penyetekan tengah berlangsung, Anda mesti menjaga kelembaban media tanam ini dengan baik. Media tanam ini tak boleh terlalu basah ataupun kering. Anda bisa menyiraminya setiap 3-5 hari sekali dengan memperhatikan kondisi media tanam.
  7. Jangan senang dahulu ya kalau batang kelengkeng yang Anda tanam berhasil mengeluarkan daun. Sebab hal ini belum menjadi jaminan yang pasti batang tersebut telah sukses distek. Anda harus terus merawatnya dengan baik sampai tumbuh 3-5 helai daun, barulah proses penyetekan yang Anda lakukan benar-benar sudah berhasil.