Cara Stek Batang Bunga Kertas agar Tumbuh, Mudah Banget Ternyata

Tanaman kembang kertas dikenal mempunyai paras yang sederhana, tetapi begitu indah dan menawan. Daya tarik tanaman ini tak lain dari bunga-bunga yang mampu ditumbuhkannya. Sebenarnya bunga asli dari bougenville adalah bagian titik-titik putih yang terdapat di tengah kelopaknya. Tapi karena kelopak daunnya lebih indah, orang awam biasanya menyangka kalau itulah bunganya. Saat ini sendiri terdapat bermacam-macam warna bougenville seperti ungu, putih, oranye, merah, pink, fanta, dan kuning

Keindahan bougenville membuatnya patut memiliki nilai yang tinggi. Harganya di toko terbilang cukup mahal. Apalagi kalau tanaman tersebut sudah berbentuk bonsai, harganya pun akan langsung melonjak drastis. Padahal jika mau Anda bisa menanamnya sendiri cuma bermodalkan batang saja loh. Metode ini dikenal dengan istilah setek batang. Ya, tanaman kembang kertas (bougenville) juga dapat diperbanyak memakai teknik setek batang. Ini merupakan metode vegetatif tumbuhan yang paling sederhana.

Jika tertarik untuk menyetek batang tanaman bougenville, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut sebagai panduannya. Tak lupa kami juga membagikan kiat-kiat khusus supaya Anda berhasil melakukan setek batang tanaman tersebut.

Pilihlah Batang Tanaman yang Pas

Tugas pertama Anda adalah mencari bahan berupa batang tanaman bougenville yang ingin disetek. Di sini Anda harus memilih batang yang tepat, tidak terlalu muda ataupun terlalu tua, agar bisa tumbuh. Ciri-ciri batang yang cocok disetek yaitu warnanya cokelat kehijauan, diameternya sebesar pensil, dan kondisinya sehat. Silakan Anda potong batang tersebut memakai cutter yang tajam dan steril. Kemudian Anda bisa memotongnya lagi menjadi beberapa bagian kira-kira tingginya sejengkal setiap potongan.

Tanaman Banyak Batang Sekaligus

Dalam melakukan penyetekan batang tanaman apa pun, kami anjurkan untuk mengerjakannya dengan maksimal dan jangan setengah-setengah. Maksudnya yaitu Anda sebaiknya menyetek banyak batang sekaligus. Jangan cuma menanam 1-3 batang saja. Tetapi lebih dari itu, Anda bisa langsung menyetek 5-10 batang sekaligus. Mengapa? Sebab walaupun menyetek itu mudah, namun peluang keberhasilannya rendah. Jadi ketika Anda menyetek 5 batang, lalu berhasil tumbuh 3 tanaman, itu sudah bagus.

Gunakan Media Tanam yang Tepat

Faktor media tanam juga sangat memengaruhi keberhasilan kita dalam menyetek suatu tanaman. Kami sarankan untuk memakai media tanam yang padat, cukup lembap, dan subur. Hindari memakai media tanam yang bersifat porous atau terlalu basah. Anda bisa membuat media tanam yang tepat ini dengan mencampurkan tanah dan pupuk kompos. Setelah dicampur, media tanam ini perlu didiamkan dahulu selama 5-7 hari. Jangan langsung ditanami karena kondisi media tanam tersebut masih belum stabil.

Tanam Batang di Pot dengan Baik

Biasanya kami menggunakan pot atau polybag saat menyetek batang tanaman supaya kondisi medianya bisa dikontrol dengan mudah. Hal ini memang sangat penting untuk merangsang tumbuhnya akar pada batang tersebut serta mencegah terjadinya pembusukan. Silakan Anda membuat lubang tanam terlebih dahulu memakai jari telunjuk sedalam 1 ruas jari saja. Lalu tanamkan batang bougenville dan timbun lagi dengan tanah. Jangan lupa memadatkan tanah di sekitarnya agar posisi batang tidak mudah bergoyang.

Letakkanlah di Tempat yang Teduh

Faktor tempat juga memiliki peran yang sangat penting bagi keberhasilan metode setek batang suatu tanaman. Usahakan Anda memilih tempat yang bisa mendapatkan sirkulasi udara yang lancar, teduh, tapi tetap bisa memperoleh sinar matahari pagi. Durasi waktu penyinaran yang ideal sekitar 3-4 jam per hari. Jika tempatnya terlalu panas biasanya batang akan menguning dan mengering. Sedangkan kalau tempat yang dipakai terlalu lembap, maka batang bougenville pun akan kuning dan membusuk.

Atur Pola Penyiraman dengan Baik

Kunci penting lainnya dalam menyetek batang kembang kertas ialah pengaturan pola penyiraman yang baik. Anda harus menyadari bahwa batang tersebut belum mempunyai akar sehingga jika menerima air terlalu banyak, kondisinya pasti akan membusuk. Namun air juga tetap diperlukan untuk mencegahnya mengalami kekeringan. Kontrol penyiraman di sini penting sekali. Kami biasanya menyirami batang yang sedang disetek setiap 5-7 hari sekali. Sirami dengan meneteskan air pada bagian tepi pot/polybag ya.