Cara Perawatan Tanaman Homalomena Hijau & Merah agar Rimbun

Kini ada banyak sekali ragam tanaman hias berdaun indah yang sedang naik daun. Salah satunya adalah tanaman homalomena. Namanya unik sekali, ya? Tanaman ini sendiri sebenarnya masih banyak tumbuh di alam liar loh. Kita pun dapat mencarinya dengan sangat mudah. Tanaman homalomena ini umumnya tumbuh secara alami di area yang memiliki kelembapan tinggi seperti di pinggiran sungai, bawah pohon besar, dan pelosok hutan. Tanaman ini biasanya hidup secara bergerombol dalam jumlah yang banyak.

Cuma karena tanaman homalomena memang mempunyai daun yang menarik dan meneduhkan mata, maka banyak orang yang lantas menanamnya sebagai tanaman hias. Tanaman ini memang terlihat lebih indah saat dipindahkan ke dalam pot. Apalagi untuk homalomena yang batangnya berwarna merah dan terlihat begitu unik. Dengan perawatan yang baik, maka tanaman ini akan tumbuh subur serta memiliki daun yang rimbun sehingga kelihatan sungguh menawan. Anda juga pasti akan menyukainya.

Nah khususnya bagi Anda yang baru saja mendapatkan tanaman homalomena, entah itu mencarinya langsung di alam atau membelinya di toko tanaman terdekat, silakan Anda dapat merawat tumbuhan tersebut dengan mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

Tanamlah di Media Tanam yang Tepat

Sangat disarankan untuk menyiapkan media tanam terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelumnya. Khusus untuk tanaman homalomena, media tanam yang tepat ialah media yang subur, mampu menyimpan air, bersih dari kerikil, dan kelembapannya terjaga dengan baik. Anda bisa membuatnya dengan mencampur tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang. Pastikan tanah yang dipakai sudah dibersihkan ya. Kemudian Anda dapat menanamkan bibit homalomena di pot menggunakan media tanam ini.

Letakkanlah di Tempat yang Teduh Ya

Sekali lagi kami ingatkan bahwa habitat tanaman homalomena berada di lingkungan yang mempunyai tingkat kelembapan udara yang cukup tinggi. Paling sering sih tanaman ini tumbuh di pinggiran sungai. Jadi Anda pun harus memeliharanya di tempat yang cukup lembat, namun tetap kering. Kami sarankan untuk menaruhnya di bagian teras rumah, samping halaman yang teduh, atau di bawah pohon rindang. Barulah setelah tanaman sudah tumbuh subur, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang terbuka.

Sirami dengan Air Bersih Secukupnya

Berhubung tanaman homalomena ini memang sangat menyukai air, sebaiknya Anda menyirami dengan air secara berkala ya. Tetapi usahakan tidak ada genangan air yang terbentuk karena bonggol tanaman ini bisa membusuk jika terendam air. Silakan Anda bisa menyiraminya secara bijaksana, misalnya cukup sehari sekali saja. Hati-hati saat menyirami tanaman homalomena. Pastikan air siramannya tidak sampai mengenai permukaan daun karena dapat menyebabkannya menguning dan membusuk.

Jangan Lupa Berikan Pupuk Penyubur

Pupuk menjadi bahan makanan yang sangat penting bagi tanaman. Pupuk ini menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tetap dapat bertahan hidup, tumbuh subur, dan berkembang dengan baik. Direkomendasikan untuk rutin memberikan pupuk susulan ke dalam pot supaya persediaan pakan bagi tanaman homalomena tetap terpenuhi dengan baik. Selain pupuk organik sebagai pakan utamanya, Anda juga perlu memberikan pupuk NPK untuk mendukung pertumbuhan daun homalomena.

Rutin Melakukan Pemangkasan Daun

Guna menjaga keindahan penampilannya, Anda mesti melakukan pemangkasan daun terhadap tanaman homalomena secara berkala. Terutama pada daun-daun yang sudah menguning. Karena daun tersebut sebentar lagi akan membusuk, jika tidak segera dipangkas, maka dapat menularkan ke bagian daun yang lainnya. Gunakan pisau atau cutter yang steril untuk memotong daun homalomena tersebut. Potonglah sampai bagian pangkal tangkai daunnya. Lalu oleskan obat merah pada bekas potongan tadi.