Cara Okulasi Jambu Kristal dengan Benar Supaya Cepat Tersambung

Saat ini sedang tren budidaya jambu kristal di Indonesia. Kendati bentuknya mirip seperti jambu biji, tapi jambu kristal jelas merupakan tanaman yang berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada karakteristik buah jambu kristal yang memiliki tekstur lebih renyah dibandingkan dengan jambu biji atau jambu sukun ya. Bahkan meskipun kondisi jambu kristal ini telah mencapai tahap matang, tekstur renyahnya ini tetap terasa loh. Itulah kenapa banyak orang yang akhirnya jatuh hati terhadap jambu kristal.

Pohon jambu kristal bisa ditanam dengan berbagai metode, baik itu generatif maupun vegetatif. Namun biasanya orang-orang lebih suka memperbanyak tanaman buah seperti jambu kristal ini dengan metode vegetatif, terutama teknik okulasi. Mengapa? Karena bibit tanaman yang dihasilkan dari teknik ini bakal lebih cepat tumbuh besar sehingga waktu berbuahnya pun menjadi lebih singkat. Apalagi untuk metode okulasi yang notabene merupakan penggabungan dari dua bibit tanaman menjadi satu kesatuan.

Sebenarnya tidak terlalu susah kok untuk melakukan proses okulasi terhadap tanaman jambu kristal ini. Terlebih tanaman ini mempunyai batang berkayu yang besar dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kami jamin deh Anda pun pasti bakal langsung bisa mengokulasi pohon jambu kristal.

Siapkan Bahan-bahan Utamanya Dahulu

Perlu Anda ketahui sebelumnya, teknik okulasi pada dasarnya dilakukan dengan menyambungkan bibit tanaman yang dikembangbiakkan dari biji dengan batang tanaman yang sudah tua. Tujuannya tidak lain untuk menghasilkan bibit tanaman baru yang memiliki akar yang kuat dan batang yang tua dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Hasilnya ialah bibit jambu kristal yang berasal dari okulasi ini dapat berbuah lebih cepat dan hasil buahnya pun lebih optimal. Sejauh ini okulasi merupakan metode yang terbaik.

Tetapi Anda juga harus menyadari bahwa teknik okulasi merupakan metode perbanyakan tanaman yang lumayan sulit dilakukan. Di sini kita bermaksud untuk menggabungkan 2 tanaman. Tantangan terbesar di sini yaitu bagian tanaman yang digabungkan kadang-kadang malah mati membusuk ataupun mengering karena tak mengalami pertumbuhan. Itulah sebabnya Anda pun perlu menyiapkan obat merah, ZPT (Zat Perangsang Tumbuh), dan fungisida untuk melindungi tanaman dan merangsang pertumbuhan.

Kerjakanlah Proses Okulasi dengan Baik

Kini waktunya untuk melakukan teknik okulasi tanaman terhadap bibit jambu kristal serta batang jambu kristal yang telah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan dahulu bahwa keduanya dalam keadaan sehat dan segar supaya mau menyatu dengan kuat. Kemudian Anda pilih cabang pada bibit jambu kristal tersebut yang memiliki ukuran sesuai diameter batang yang akan disambung. Cabang ini bisa Anda potong secara menyerong. Begitu pula dengan batang yang mau disambungkan pun dipotong serong pangkalnya.

Sekarang giliran tahap yang paling sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi nih. Di sini kita berencana untuk menyambungkan dua batang tanaman menjadi satu. Syarat utamanya adalah kondisi batang tadi harus benar-benar segar. Kami sarankan untuk mengoleskan ZPT persis di bagian yang ingin disatukan. Selanjutnya tempelkan kedua batang tersebut, lalu ikat menggunakan selotip okulasi. Pastikan ikatannya sudah benar-benar kuat sehingga posisi batang sambungan tidak mudah berubah atau bergoyang.

Memelihara Bibit Jambu Kristal Okulasi

Proses pemelihara bibit jambu kristal yang sedang diokulasi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Anda mesti memperhatikan betul tanaman tersebut supaya proses okulasi bisa memberikan hasil sesuai rencana. Kedua batang tanaman yang hendak disatukan tadi harus tetap tumbuh agar bisa menyatu. Itu sebabnya, Anda tak boleh memberikan perawatan secara asal-asalan terhadap tanaman tersebut. Anda mesti merawat tanaman jambu kristal tadi sebaik-baiknya.

Yang pertama adalah Anda harus meletakkan tanaman tersebut di tempat yang teduh terlebih dahulu. Larangan keras menaruh tanaman ini di tempat terbuka, melainkan Anda wajib menempatkan tanaman jambu kristal tadi di area yang teduh supaya tidak kepanasan, mengering, dan mati. Kemudian Anda bisa menyirami secara berkala setiap 1-2 hari sekali tergantung kondisi media tanam. Biasanya batang yang diokulasi tadi akan menyatu dengan sempurna dalam kurun waktu 3-5 minggu lamanya.

Berikut ini merupakan ciri-ciri batang tanaman jambu kristal yang Anda okulasi berhasil menyatu dengan baik sesuai keinginan, antara lain :

  1. Kondisi kedua batang tanaman tetap dalam keadaan yang baik
  2. Batang-batang tanaman yang disatukan tersebut tidak mengering
  3. Batang atas yang disatukan berhasil menumbuhkan tunas daun
  4. Bagian batang yang disambung tidak mengalami pembusukan
  5. Batang-batang tanaman benar-benar menyatu dengan kuat