Cara Mudah Membuat Bonsai agar Terlihat Tua & Nilainya Lebih Tinggi

Bonsai memiliki keindahan alami yang sungguh luar biasa. Pesona dari tanaman ini adalah manifestasi dari pohon seutuhnya. Tanaman bonsai bisa diibaratkan sebagai wujud mini dari suatu pohon. Walau ukurannya kecil, tetapi bonsai sudah memiliki bagian-bagian yang lengkap layaknya pohon sejati. Hanya saja bonsai sedikit lebih indah karena telah mendapatkan campur tangan dari manusia.

Bonsai merupakan seni memperindah suatu tanaman. Dengan bonsai, suatu tanaman yang sebelumnya terlihat biasa-biasa saja akan menjadi jauh lebih indah. Memang tidak gampang untuk menciptakan keindahan tersebut. Anda perlu mengubah postur tanaman sedemikian rupa supaya bentuknya sesuai dengan keinginan. Beberapa bagian tanaman pun harus dibuat lebih besar, kecil, panjang, lurus, melengkung, tertanam, dan lain-lain.

Khusus pada kesempatan kali ini, mari kita bersama-sama belajar untuk membuat tampilan bonsai terlihat lebih tua daripada usia sesungguhnya. Beberapa trik yang bisa dicoba antara lain :

  • Memaksa pertumbuhan ranting mendatar atau agak menurun
  • Menonjolkan pangkal akar agar menjalar di permukaan tanah
  • Memperbesar ukuran batang
  • Memahat batang dengan teknik tertentu

Kiat 1. Perundukan Arah Cabang dan Ranting

Cabang-cabang dan ranting tanaman dipaksa melalui proses trainning agar tumbuhnya merunduk dan agak menurun. Proses ini dapat dilakukan menggunakan kawat yang dililitkan pada cabang/ranting supaya arahnya menjadi ke bawah. Anda juga bisa memanfaatkan tali rafia yang diikatkan pada cabang/ranting serta bagian dasar pot untuk membuatnya agak menurun. Lakukan proses ini sedikit demi sedikit dan telaten agar tidak patah.

Kiat 2. Penonjolan Pangkal Akar

Selain agar terlihat lebih tua, menonjolkan pangkal akar tanaman bonsai juga akan membuat penampilannya lebih indah dan terkesan kokoh. Adanya akar-akar ini pun dapat memberikan kesan tanaman yang lebih dramatis. Sekali lagi proses penonjolan pangkal akar ini harus dilakukan secara paksa agar akar-akar ini tumbuh menjalar di atas permukaan tanah. Caranya Anda hanya perlu mengorek permukaan tanah secukupnya atau menaikkan permukaan akar dari dalam tanah. Buatlah akar-akar tersebut menjalar minimal di empat arah sekaligus.

Kiat 3. Pemahatan Batang

Anda bisa membuat tanaman bonsai tampak tua dengan memahat batangnya menggunakan teknik sabamiki, jin, dan uro. Teknik sabamiki dilakukan dengan mengupas lapisan kulit batang sampai terlihat lapisan kayunya. Lalu bekas kupasan ini akan mati dan warnanya memutih. Sedangkan teknik jin dilakukan dengan mengupas seluruh lapisan kulit dahan supaya kayunya mati dan memutih. Sementara itu, teknik uro dilakukan mengikis sebagian kulit dan kayu batang sampai berongga serta sebagian kayunya mati. Usahakan hasil pemahatan dengan teknik ini terlihat wajar seolah-olah ditimbulkan oleh pengaruh alam selama bertahun-tahun.