Cara Merawat Tanaman Sirih Hijau agar Daunnya Lebat dan Rimbun

Tanaman sirih hijau sudah dikenal lama memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan manusia. Hal ini tak terlepas dari kandungan zat anti-bakteri dan anti-radang di dalam daunnya. Maka tak heran, masyarakat Indonesia memanfaatkan daun sirih hijau ini untuk berbagai keperluan. Dengan besarnya manfaat yang dimiliki oleh tanaman sirih hijau, maka sebaiknya Anda pun menanamnya di rumah. Kenyataannya sirih hijau merupakan tanaman yang cukup mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan rumit.

Tumbuhan sirih hijau bisa ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai tempat berkat kemampuan yang dimilikinya. Anda bisa menanamnya langsung di tanah atau menggunakan wadah penanaman seperti pot dan polybag supaya lebih praktis. Setelah itu Anda tinggal merawatnya saja. Dengan perawatan yang baik, tanaman ini nantinya akan tumbuh subur, memiliki daun yang rimbun, dan tampilannya pun akan semakin terlihat indah.

Tidak banyak yang mesti kita lakukan ketika merawat tanaman sirih hijau ini. Dan berikut merupakan pekerjaan-pekerjaan utama yang mesti Anda laksanakan dengan baik agar tanaman sirih hijau Anda bisa tumbuh subur dan daunnya lebih rimbun.

Menyirami Tanaman Setiap Hari

Pada kenyataannya tanaman sirih hijau merupakan tumbuhan yang membutuhkan air yang banyak. Sirih hijau ini sangat senang dengan air. Tanaman ini akan tumbuh subur manakala bisa memperoleh air yang cukup. Jadi kami sangat menyarankan Anda untuk menyirami tanaman sirih hijau setiap hari pada pagi dan sore, terutama saat sedang tidak turun hujan. Siramilah seluruh bagian tanaman ini, termasuk daun-daunnya supaya menjadi segar. Niscaya tanaman pun bakalan tumbuh semakin subur.

Memberikan Pupuk yang Tepat

Anda juga perlu memberikan makanan kepada tanaman sirih hijau secara rutin, di mana makanan ini berupa pupuk. Pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos menjadi makanan utama tanaman. Pupuk jenis ini telah terbukti secara efektif dapat menyuburkan tanaman dan membuatnya cepat tumbuh besar. Kemudian untuk mendukung pertumbuhan daunnya, Anda bisa memberikan pupuk NPK secukupnya sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tercantum di kemasan pupuk tersebut.

Memasang Ajir untuk Rambatan

Anda pastinya sudah tahu kalau tanaman sirih hijau merupakan tanaman yang tumbuh merambat, kan? Nah, kalau Anda membiarkan tanaman ini merambat sendiri secara alami begitu saja maka biasanya tanaman akan menjadi acak-acakan, tidak menarik, dan daunnya pun kotor. Dibutuhkan bantuan kita untuk membantu arah rambatannya supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Di sinilah pentingnya Anda untuk memasang ajir sebagai tiang rambatan di dekat tanaman sirih hijau.

Melakukan Pemangkasan Daun

Sering kali para pemilik tanaman merasa sayang kalau harus memotong atau memangkas tanamannya. Padahal upaya pemangkasan ini justru bermanfaat positif bagi tanaman itu sendiri. Biasanya tanaman yang rutin dipangkas bakalan menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik. Tanaman sirih hijau tersebut akan memiliki cabang yang lebih banyak sehingga daunnya pun menjadi semakin rimbun. Anda dapat memangkas tanaman sirih hijau pada bagian cabang yang telah tua, kuning, atau pertumbuhannya kurang baik.

Membersihkan Daun Tumbuhan

Bagi para penghobi tanaman pastinya sudah mengetahui rahasia utama supaya tanaman mempunyai daun yang bersih dan permukaannya mengkilap. Ya, tidak lain kita harus membersihkan daun tanaman tersebut. Akan tetapi jumlah daun tanaman sirih hijau yang begitu banyak tidak memungkinkan kita untuk mengelapnya satu per satu. Jadi kami menyarankan Anda untuk rutin menyirami daun tanaman ini pada sore hari secara menyeluruh agar menjadi bersih. Jangan melakukannya di siang hari ya.