Cara Merawat Tanaman Aglonema Lipstik agar Daunnya Jadi Rimbun

Tanaman aglonema mempunyai pesona yang begitu indah pada daunnya. Maka tidak heran kalau harga tumbuhan ini di pasaran terbilang mahal. Rata-rata harga aglonema berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta untuk ukuran tanaman yang sudah dewasa. Namun bukan berarti tidak ada tanaman aglonema yang harganya terjangkau. Salah satu jenis aglonema yang biasa dibanderol dengan harga murah adalah aglonema liptik. Harganya sendiri cuma sekitar Rp 10-20 saja loh.

Selain harganya yang sangat terjangkau, tanaman aglonema lipstik juga termasuk mudah ditanam. Anda tidak perlu memberikan perawatan secara khusus untuk memelihara tanaman ini. Sama halnya seperti aglonema yang lainnya, si aglonema lipstik ini pun sangat menyukai pancaran cahaya matahari langsung dan media tanam yang cukup lembap. Awalnya mungkin tanaman ini kelihatan kurang menarik. Namun setelah tumbuh subur dan daunnya rimbun, Anda pasti akan terpesona olehnya.

Merawat tanaman aglonema lipstik ini dapat Anda kerjakan dengan mudah. Silakan Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk mempermudah melakukannya!

Tanamlah di Media yang Sesuai

Mulailah dari hal yang paling dasar terlebih dahulu. Tidak lain yaitu penyiapan media tanam yang tepat untuk aglonema lipstik. Anda harus tahu kalau tanaman ini sendiri suka tinggal di tempat yang tanahnya yang subur dan cenderung lembap, namun tidak basah atau tergenang air. Jadi Anda harus menyiapkan media yang sesuai dengan habitat alami tanaman ini. Silakan Anda dapat mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar sebagai media tanam bagi aglonema lipstik.

Siramilah Tanaman dengan Baik

Air merupakan kebutuhan utama bagi semua makhluk hidup. Tidak terkecuali pula dengan si aglomena lipstik ini yang juga memerlukan air yang cukup supaya bisa tumbuh dengan baik. Anda dapat menyirami tanaman ini sebanyak 1-2 kali per hari jika kondisi cuaca sedang panas. Usahakan untuk menyiram cuma media tanamnya saja, tanpa mengenai bagian daun tanaman. Kami juga menyarankan untuk menyirami tanaman aglonema lipstik ini dengan air cucian beras setiap seminggu sekali.

Berikanlah Pupuk Secara Rutin

Kunci utama untuk membuat tanaman Anda tumbuh subur adalah pemberian pupuk secara tepat. Perlu Anda ketahui, tanaman aglonema lipstik memerlukan makanan berupa bahan organik dan zat hara yang diperolehnya dari pupuk, terutama pupuk organik. Jadi pemberian pupuk kandang atau kompos mutlak dilakukan minimal sebulan sekali. Anda harus memakai pupuk organik yang telah terfermentasi dengan sempurna. Anda juga perlu memberikan pupuk NPK supaya tanaman semakin subur.

Taruhlah di Tempat yang Tepat

Selain air dan pupuk, tanaman aglonema lipstik juga memerlukan sinar matahari agar pertumbuhannya optimal. Cahaya alami ini sanggup mendukung proses memasak makanan (fotosintesis) pada tanaman sehingga dia akan tumbuh sempurna. Anda mesti membuatnya bisa mendapatkan sinar mentari secara maksimal sebab aglonema merupakan tanaman yang sangat menyukai cahaya alami ini. Terutama ialah cahaya matahari di pagi hari yang terbukti ampuh dapat menyuburkan tanaman ini.

Pastikanlah Dia Tak Terganggu

Kalau mau tanaman aglonema lipstik Anda tumbuh subur, maka Anda harus memastikan pertumbuhan tanaman ini tidak terganggu. Sebab kenyataannya gangguan sekecil apa pun bisa menghambat tumbuh kembang tanaman ini, menyebabkan pertumbuhannya terhenti, hingga mengakibatkannya mati. Anda harus awas memperhatikan kondisi tanaman ini setiap saat. Apabila terdapat hama atau penyakit yang menyerangnya, Anda mesti segera mengambil upaya pengendalian secara tepat.