3 Cara Ampuh Merangsang Pohon Mangga agar Cepat Berbuah

Mangifera indica alias mangga merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Anacardiaceae. Tanaman mangga berasal dari perbatasan India dan Burma yang kini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sebagai tumbuhan tingkat tinggi, pohon mangga ini sanggup tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 10-40 cm. Faktanya pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dipelihara di pekarangan rumah-rumah di Indonesia loh. Hal ini tidak terlepas dari posturnya yang begitu rindang. Sehingga pohon mangga juga dapat membuat lingkungan menjadi teduh dan asri.

Semua pemilik pohon mangga tentu menginginkan agar pohonnya segera menghasilkan buah. Termasuk di antaranya Anda juga kan yang sudah tidak tahan lagi menikmati buah mangga hasil menanam sendiri? Sebenarnya bisa saja sih tanaman mangga tersebut diberikan rangsangan tertentu untuk mempercepat pertumbuhan buah. Kabar baiknya adalah metode ini ternyata ampuh juga lho untuk mengatasi pohon mangga yang telah lama tak menghasilkan buah. Silakan Anda mengaplikasikan metode-metode ini guna memicu pohon mangga di rumah Anda supaya cepat menghasilkan buah yang banyak.

Lantas, bagaimana sih caranya? Gampang banget kok pada dasarnya sebab memang metode-metode ini sudah sering digunakan oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu. Berikut ini 3 di antara tips-tips tadi yang menurut kami mampu memberikan hasil yang paling efektif dan efisien!

Metode 1 : Menyayat Kulit Batang

Tujuan menyayat kulit batang pohon mangga ialah untuk mengganggu suplai makanan yang menuju ke bagian akar pohon dengan mengeluarkan getah sebanyak-banyaknya. Cadangan makanan yang terdapat di bagian atas pohon mangga diklaim cukup jitu untuk memicu pertumbuhan bunga dan buah. Caranya, buatlah sayatan dengan lebar 2-3 cm yang mengelilingi batang. Lantas buatlah juga parit yang melingkari pohon tersebut. Dua hari kemudian, Anda dapat menimbun parit yang sudah terisi getah mangga serta menaburkan pupuk NPK ke dalamnya. Mengingat pohon mangga berbuah secara musiman, Anda hanya akan berhasil menerapkan merode pertama ini pada bulan Juli sampai Agustus saja.

Metode 2 : Melubangi Batang dengan Bor

Gunakan bor listrik yang memiliki mata berdiameter 5-10 mm untuk melubangi batang tanaman. Posisi lubang ini yang paling tepat berada pada batang di ketinggian antara 3-5 cm dari permukaan tanah yang ada di sekitarnya. Pastikan lubang yang dibuat tersebut harus tembus sampai ke sisi sebaliknya supaya getah mangga dapat mengalir keluar. Kemudian masukkan potongan kayu atau bambu ke dalam lubang tadi. Metode kedua ini dinilai mampu memberikan stimulasi yang lebih cepat daripada teknik pertama di atas. Kerjakan metode ini saat pohon mangga nampak subur agar tidak mengalami stres.

Metode 3 : Memaku Batang dan Memupuk

Bagi Anda yang suka dengan metode yang sederhana, cobalah menancapkan beberapa paku ke batang pohon mangga dengan posisi acak. Setelah itu, berikan pula pupuk NPK pada tanaman ini setiap sebulan sekali untuk mendorong terjadinya pembungaan. Buatlah lubang tanah yang mengelilingi pohon sebagai kubangan air. Langkah berikutnya ialah Anda bisa menanamkan pupuk NPK pada jarak 20 cm dari batang tanaman manggas dengan kedalaman 10 cm. Siramilah tanaman mangga ini secara rutin sehingga nutrisi yang ada di dalam pupuk pun akan lebih cepat terserap oleh akar tanaman tersebut.