Cara Merawat Alocasia Dragon Scale agar Daunnya Banyak & Rimbun

Tanaman alocasia termasuk tanaman yang sedang naik daun untuk saat ini. Hal ini tidak terlepas dari keindahan daun yang dimilikinya. Memang ada bermacam-macam jenis tanaman alocasia ini, di mana sebagian di antaranya merupakan tanaman asli Indonesia. Adapun salah satu jenis tumbuhan alocasia yang mempunyai pesona sangat indah ialah tanaman alocasia dragon scale. Tanaman ini memiliki daun dengan tampilan permukaan yang sangat unik dan membentuk motif menyerupai sisik naga.

Dengan penampilan yang dimilikinya, maka wajar sekali kalau tanaman alocasia dragon scale memiliki nilai yang cukup tinggi. Bahkan untuk sekadar bonggolnya saja biasa dibanderol dengan harga jual yang mahal. Namun untungnya tanaman alocasia dragon scale ini terbilang cukup mudah ditanam di wilayah Indonesia. Tentu saja dengan perawatan yang baik, maka tanaman alocasia dragon scale tersebut bakal tumbuh subur, memiliki daun yang lebat, dan terlihat menarik sekali.

Agar tanaman alocasia dragon scale yang Anda tanam juga mampu tumbuh subur dan mempunyai daun yang rimbun, silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat dari kami dalam perawatannya!

Menanamnya di Media yang Pas

Tanaman alocasia membutuhkan media tanam yang khusus. Media tanam yang dipakai haruslah bersifat subur dan gembur. Anda dapat membuatnya dari campuran tanah, sekam bakar, dan kompos memakai perbandingan 2:1:1. Aduklah semua bahan-bahan ini sampai tercampur rata. Barulah kemudian Anda bisa memasukkannya ke dalam pot. Alocasia memerlukan media tanam yang subur supaya daunnya bisa tumbuh rimbun dan lebat. Sedangkan media tanam yang porous akan memastikannya tidak busuk.

Meletakkan di Ruang yang Tepat

Anda harus tahu kalau biasanya tanaman alocasia itu tumbuh di dalam hutan belantara. Kondisi habitat alaminya yaitu tempat yang teduh, cenderung lembap, dan terhindar dari pancaran sinar matahari. Jadi kalau Anda ingin tanaman alocasia dragon scale yang dimiliki bisa tumbuh subur seperti di lingkungan aslinya atau bahkan lebih rimbun lagi, maka Anda pun wajib memperhatikan tempat peletakannya ya. Pokoknya tanaman ini harus ditaruh di tempat yang teduh dan terhindar cahaya matahari langsung.

Menyirami Tanaman Secara Baik

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dengan baik dalam merawat tanaman alocasia dragon scale adalah penyiramannya. Semua tanaman memang membutuhkan air sebagai salah satu bekal wajib kehidupan. Tanpa air yang cukup, tanaman apa pun pasti bakalan mati. Cuma pemberian air secara berlebihan juga dapat membusukkan tanaman dan menyebabkannya mati. Sehingga kita perlu bersikap bijaksana dalam menyirami tanaman. Kami sarankan untuk menyiraminya cukup setiap 3-5 hari sekali saja.

Membersihkan Permukaan Daun

Anda tidak boleh melewatkan bentuk perawatan yang satu ini kalau ingin alocasia dragon scale Anda mempunyai daun yang bersih, indah, dan terawat dengan baik. Ya, mau tidak mau Anda memang harus membersihkan permukaan daun tanaman alocasia tersebut. Anda bisa memulainya dengan mengelap permukaan daun ini, baik sisi bagian atas maupun bawahnya memakai air bersih. Lakukan pada sore menjelang malam supaya tidak merusak daun. Sebulan sekali Anda bisa memakai skim milk tanpa gula untuk menutrisi daun tanaman ini.

Memberikan Pupuk Penyubur

Bagaimanapun juga tanaman alocasia dragon scale membutuhkan makanan untuk dapat melanjutkan hidupnya. Bahkan bahan makanan yang melimpah akan membuat tanaman ini tumbuh subur. Seperti kita tahu, makanan tanaman adalah zat hara dan unsur organik yang terkandung di dalam tanah. Bahan ini bisa diperoleh melalui pemberian pupuk. Anda bisa memberikan pupuk kandang atau kompos secara berkala ke dalam pot tanaman ini supaya pertumbuhannya semakin subur dan penampilannya pun jadi lebih menarik lagi.