Cara Merawat Aglaonema agar Cepat Beranak, Ternyata Begini Triknya

Tanaman aglaonema dikenal mempunyai daun yang sangat indah. Awalnya sih memang warnanya cuma hijau saja. Tapi setelah dilakukan proses pemuliaan yang panjang, kini tercipta berbagai jenis aglaonema dengan daun yang beraneka rupa. Mungkin hanya warna biru dan turunannya saja yang belum ketemu. Sedangkan warna lainnya seperti kuning, cokelat, merah, pink, dan putih sudah tersedia. Tentunya harga aglaonema salah satunya dipengaruhi oleh keindahan dan keunikan penampilannya.

Meskipun harga tanaman aglaonema terbilang mahal, tingkat permintaannya di pasaran termasuk tinggi sekali. Kondisi ini lalu mendorong para petani untuk membudidayakan aglaonema. Mulai dari budidaya di dalam pot/polybag sampai penanaman langsung di lahan terbuka. Tentunya semakin cepat tanaman aglaonema tersebut tumbuh besar dan menghasilkan anak, maka semakin cepat pula keuntungan dapat diperoleh. Tetapi apakah kita memang harus menunggu sampai tanaman tumbuh besar?

Kenyataannya kita tidak mesti menunggu tanaman aglaonema tumbuh besar agar mampu menghasilkan anakan loh. Tanaman aglaonema yang ukurannya terlalu besar pun bisa kita berikan rangsangan supaya cepat beranak-pinak. Kabar baiknya lagi adalah Anda tak perlu menggunakan bahan kimiawi, melainkan di sini Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang kemungkinan besar sudah ada di dapur rumah Anda. Apakah bahan yang kami maksud tersebut? Tidak lain adalah bubuk kopi.

Silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini dengan baik ya. Kami jamin deh tanaman aglaonema Anda pasti bakal menumbuhkan anak di sekitarnya lebih cepat daripada biasanya.

ALAT DAN BAHAN :

  • Tanaman aglaonema
  • Bubuk kopi
  • Air bersih
  • Gelas
  • Sendok
  • Cutter
  • Cetok
  • Polybag
  • Tanah
  • Sekam bakar

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Yang pertama adalah Anda perlu menyiapkan tanaman aglaonema dalam pot terlebih dahulu. Di sini Anda harus memastikan bahwa tanaman tersebut sedang dalam kondisi pertumbuhan yang subur. Ciri-cirinya yaitu ada tunas daun baru yang dimiliki oleh tanaman tersebut.
  2. Kemudian kita siapkan bahan utama untuk merangsang tanaman aglaonem tadi agar lebih cepat beranak. Silakan Anda masukkan 2-3 sendok makan bubuk kopi ke dalam gelas, lalu tuangkan air sampai penuh. Aduklah sampai tercampur rata. Harus memakai bubuk kopi murni ya.
  3. Usahakan sebelumnya tanaman aglaonema Anda tidak disirami selama 1-2 hari berturut-turut agar kondisi media tanamnya menjadi cukup kering. Nantinya tanaman aglaonema yang sedang kehausan ini bakalan menyerap air kopi yang kita berikan dengan lebih optimal.
  4. Kini waktunya untuk memberikan kopi kepada tanaman aglaonema ya. Kedengarannya memang sedikit aneh. Cuma kenyataannya trik ini berhasil loh. Silakan Anda bisa menyiramkan air kopi ke media tanamnya langsung. Usahakan jangan sampai mengenai tanaman aglaonema.
  5. Dengan rutin melakukan trik perawatan ini setiap seminggu sekali, maka tanaman aglaonema Anda pasti akan menghasilkan anak-anak di sekitarnya dalam waktu yang lebih singkat. Silakan Anda bisa langsung membuktikannya sendiri. Dijamin pasti berhasil deh.