Cara Menyemai Biji Anthurium dan Tips-tipsnya agar Berhasil

Kalau mau mengoleksi tanaman hias yang baru, Anda dapat mencoba menanam tumbuhan anthurium. Perlu Anda ketahui, tanaman anthurium mempunyai ragam yang bermacam-macam. Rata-rata tanaman ini memiliki daun yang begitu indah. Walaupun sebenarnya ada pula anthurium yang mempunyai bunga yang menarik sekali. Tetapi memang kebanyakan orang menanam anthurium karena terpesona dengan keindahan daunnya. Daun anthurium ini sangat menarik, unik, dan memikat hati.

Bibit tanaman anthurium banyak tersedia di toko tanaman. Harganya bervariasi tergantung jenis serta ukuran dari bibit tersebut. Beberapa jenis anthurium yang banyak diminati antara lain gelombang cinta, jenmani cobra, jenmani mangkuk, jenmani kol, hookery, garuda merah, woe, bergundy, snow white, dan lain-lain. Kalau Anda mau lebih murah, Anda bisa membeli benih anthurium berupa biji yang siap tanam saja. Karena masih berupa biji, harga benih anthurium ini jauh lebih murah daripada bibitnya.

menyemai-biji-kuping-gajah.jpg

Setidaknya terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk menyemai biji anthurium, di antaranya :

CARA PERTAMA

Metode yang pertama untuk menyemai biji anthurium dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Biji anthurium bisa dikupas terlebih dulu dari lapisan kulit cangkangnya. Setelah itu, Anda dapat mengangin-anginkan biji ini sampai kering.
  2. Siapkanlah tray khusus semai. Anda bisa mendapatkannya di www.tokotanaman.com. Isilah tray ini dengan media semai secukupnya.
  3. Masukkan sebutir biji anthurium di setiap lubang. Lalu tutuplah menggunakan media semai dari campuran akar pakis, sekam bakar, dan cocopeat.
  4. Simpanlah wadah persemaian ini di tempat yang teduh. Kemudian Anda dapat menyiraminya setiap pagi dan sore hari.
  5. Setelah bibit anthurium berumur 2-3 bulan, Anda bisa memindahkannya dari tray semaki ke pot soliter. Biasanya bibit ini sudah mempunyai setidaknya 2 helai daun.

biji-tanaman-kuping-gajah.jpg

CARA KEDUA

Selain metode di atas, Anda juga dapat melakukan penyemaian biji anthurium menggunakan teknik di bawah ini!

  1. Anda bisa menyiapkan styrofoam terlebih dulu sebagai wadah untuk menyemai biji anthurium. Disarankan memakai styrofoam yang berukuran 30 x 50 cm.
  2. Isilah styrofoam tersebut dengan pakis sebagai media semainya. Cincangan pakis kasar dapat Anda letakkan di bagian bawah. Sedangkan bagian atasnya diisi cincangan pakis halus.
  3. Tanamkan biji-biji anthurium dengan jarak tanam 2 x 2 cm. Anda bisa meletakkan biji ini begitu saja tanpa ditimbun media lagi. Kemudian tutuplah styrofoam dengan kaca.
  4. Lakukan penyiraman biji anthurium sebanyak 2 kali/hari. Anda bisa membuka penutup kacanya terlebih dahulu. Lalu semprotkan air secukupnya.
  5. Dalam kurun waktu 4 hari kemudian, biji anthurium pun sudah berkembang menjadi kecambah. Anda dapat menanamkan kecambah anthurium ini pada tray semai sedalam 1 cm.
  6. Setelah 3-4 bulan kemudian, bibit anthurium sudah cukup tinggi dan mempunyai 2-3 daun. Anda dapat menanamkannya di pot soliter.

menanam-biji-kuping-gajah.jpg

Tips Menanam Biji Anthurium

Tidak sedikit orang yang mengaku gagal menanam anthurium dari bijinya. Penyebab utama yang kerap mengakibatkan kegagalan menyemai biji anthurium yaitu biji tersebut membusuk akibat diserang oleh jamur dan bakteri. Sebenarnya masalah tersebut dapat dihindari dengan membuang lapisan jelly yang membungkus biji anthurium terlebih dahulu. Lapisan inilah yang berpotensi mendatangkan jamur atau bakteri sehingga biji tadi pun membusuk.

Kami mempunyai trik mudah untuk mencegah serangan jamur dan bakteri pada biji anthurium. Setelah Anda memetik buah anthurium, silakan tekan buah tersebut hingga biji yang terdapat di dalamnya dapat dikeluarkan. Setelah itu, Anda bisa merendam biji anthurium ini di dalam air hangat selama 10-15 menit. Kemudian angkatlah biji tersebut dan keringkan memakai kertas koran. Lantas rendam biji ini di air, lalu keringkan lagi. Demikian dilakukan berkali-kali sampai tidak ada lapisan jelly di biji. Barulah biji tersebut siap untuk disemai.

Beberapa orang juga mengaku kesulitan dalam memindahkan bibit anthurium yang masih kecil dari tray semai ke pot soliter. Padahal pemindahan ini wajib dilakukan supaya bibit tadi tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memakai media semai berupa sphagnum moss. Pemakaian moss sebagai media penyemaian akan mempermudah Anda dalam memindahkannya. Bibit tanaman gampang dicabut tanpa menimbulkan luka pada bagian perakarannya. Sehingga tanaman pun lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Cara menggunakan sphagnum moss sebagai media semai untuk menyemai biji anthurium yaitu Anda bisa menyiapkan wadah plastik yang berukuran 20 x 30 cm atau 30 x 40 cm terlebih dahulu. Lantas isilah wadah ini dengan pecahan genteng hingga mencapai 1/3 dari total volumenya. Kemudian masukkan sphagnum moss sampai memenuhi wadah semai tersebut. Setelah media dipadatkan dan diratakan, Anda bisa membuat lubang tanam sebagai tempa untuk menaruh biji. Lalu biji ditutup lagi menggunakan moss dengan lapisan yang tipis saja. Bagian paling atas ditutup memakai plastik transparan.