Cara Mengkilapkan Daun Aglaonema Pakai Micin, Ampuh Banget Nih!

Tanaman aglaonema disebut-sebut sebagai ratunya daun karena memang tanaman ini mempunyai daun yang sangat cantik. Aglaonema memiliki daun yang berwarna-warni sesuai jenisnya. Ada yang berwarna merah, kuning, hijau, putih, hitam, pink, cokelat, dan lain-lain. Corak atau motifnya pun sangat beragam terbentuk dari kombinasi warna-warna tersebut. Dengan kenyataannya ini, memang layak sekali apabila aglaonema dinobatkan sebagai ratu daun. Penampilan daunnya benar-benar mengagumkan.

Biasanya sih tanaman aglaonema di dalam pot yang menarik supaya penampilannya pun semakin cantik dan elegan. Apalagi jika permukaan daunnya tampak segar mengkilap saat diterpa cahaya, percaya deh tampilan aglaonema tersebut pasti bakal semakin terlihat mahal. Apa rahasianya? Ternyata kunci utama untuk membuat daun aglaonema tampak mengkilap adalah Anda harus memastikannya tumbuh subur. Jika kondisi tanaman tersebut subur, maka pasti daunnya pun bakal mengkilap dengan sendirinya.

Sebaiknya kita hanya berfokus untuk menyuburkan daun aglaonema ketimbang mengurusi keseluruhan tanaman tersebut kalau memang menginginkan daunnya terlihat lebih mengkilap. Tentunya pupuk bisa diandalkan sebagai senjata utama kita untuk menyuburkan daun tanaman aglaonema. Pupuk daun telah terbukti secara efektif mampu mengkilapkan daun dari tumbuh-tumbuhan hias seperti aglaonema. Anda juga bahkan bisa memanfaatkan micin (vetsin) sebagai pupuk daun untuk tanaman loh.

Kami sendiri telah berkali-kali membeberkan manfaat lain dari micin yang ternyata juga berguna sebagai pupuk alternatif. Bahkan micin juga sudah terbukti dapat menyuburkan pertumbuhan daun aglaonema sehingga permukaannya pun tampak mengkilap.

ALAT DAN BAHAN :

  • 1 sdm micin
  • 1 gelas air putih
  • Botol semprot
  • Sendok

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Sebelumnya kami ingatkan dahulu kalau proses kerja ini hanya boleh dilakukan pada pagi hari buta, kira-kira sebelum pukul 6 pagi. Tujuannya untuk menghindari sinar matahari. Tetapi kalau misalnya Anda tidak bisa melakukannya di waktu tersebut, tanaman aglaonema wajib ditaruh di dalam ruangan sekitar 1-2 jam sebelum dan setelah dilakukan penyemprotan.
  2. Buatlah campuran air dan micin untuk digunakan sebagai pupuk daun aglaonema. Kami sendiri biasanya memakai takaran 1 gelas air putih dan 1 sendok makan micin merek apa saja. Pilihlah produk micin murni yang butiran-butirannya berwarna putih itu ya. Setelah dicampur, Anda bisa mengaduknya dengan sendok sampai semuanya tercampur merata.
  3. Air micin yang sudah berhasil Anda buat kemudian dapat dimasukkan ke dalam botol semprot. Hal ini bertujuan supaya Anda lebih mudah mengaplikasikan air micin tersebut. Ketika memakai botol spray ini, Anda tinggal menyemprotkannya saja, bukan menyiramkannya. Sehingga hasil siramannya lebih merata dan lebih hemat air dibandingkan menyiramkan secara langsung.
  4. Kini waktunya untuk mengaplikasikan air micin ke tanaman aglaonema. Sebaiknya sih Anda bisa membersihkan permukaan daun aglaonema terlebih dahulu dari partikel-partikel debu dan juga kotoran agar penyerapan air micinnya bisa lebih maksimal. Gunakan kain lap yang basah untuk membersihkan lembaran daun aglaonema tersebut satu demi satu helai.
  5. Barulah kemudian Anda bisa mengaplikasikan air micin ke tanaman aglaonema. Caranya adalah Anda cukup menyemprotkan air micin ini ke tanaman aglaonema secara merata. Fokuslah pada bagian daun-daunnya terlebih dahulu, baik permukaan bagian atas maupun bawahnya. Lantas, Anda bisa menyemprot juga bagian batang tanaman aglaonema tersebut.

Perawatan tanaman aglaonema menggunakan air micin benar-benar bakal membuat pertumbuhannya semakin subur. Tanaman tersebut akan terlihat segar sekali dengan permukaan daun yang juga tampak mengkilap. Sebaiknya Anda lakukan perawatan harian ini setiap hari kepada semua tanaman aglaonema yang Anda miliki agar hasilnya pun bakal lebih optimal. Hasil pertama dari perawatan ini sendiri biasanya sudah kelihatan setelah hari ke 7-10 dari sejak pertama kali Anda menyemprotkan air micin.