Cara Menanam Wijaya Kusuma dengan Setek Daun, Ternyata Mudah Sekali

Tanaman wijaya kusuma dikenal sebagai tanaman hias yang mempunyai bunga dengan aroma harum semerbak yang kuat sekali. Yang unik, bunga wijaya kusuma hanya akan mekar pada malam hari. Lalu bunga ini akan layu menjelang pagi, sampai kemudian benar-benar menutup ketika sinar matahari telah menampakkan diri. Khususnya bagi Anda yang suka dengan bunga yang aromanya kuat, kami sangat merekomendasikan tumbuhan ini untuk melengkapi koleksi tanaman Anda.

Anda harus tahu kalau tanaman wijaya kusuma sebenarnya masih termasuk dalam keluarga kaktus-kaktusan. Jadi cukup mudah untuk menanam tumbuhan yang satu ini. Wijaya kusuma juga tidak butuh perawatan yang terlalu rumit. Anda bahkan bisa menanam daunnya supaya tumbuh besar. Metode ini dikenal dengan teknik setek daun. Faktanya adalah tidak banyak tanaman yang bisa diperbanyak dengan metode setek daun. Anda beruntung karena wijaya kusuma ternyata bisa.

Jadi yang Anda butuhkan saat ini adalah daun wijaya kusuma. Jika Anda memiliki seorang kenalan yang sudah punya tanaman wijaya kusuma, cobalah Anda meminta daunnya saja. Kami yakin kenalan Anda tersebut langsung mengetahui kalau Anda ingin mencoba menanamnya. Kalau bisa sih pilih daun yang sudah cukup tua ya karena peluang tumbuhnya pasti bakalan lebih besar. Ciri-ciri daun wijaya kusuma yang tua antara lain warnanya hijau tua, lebih tebal, dan teksturnya pun kaku.

Setelah Anda berhasil mendapatkan daun wijaya kusuma, silakan Anda dapat menanamnya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai panduan dasarnya!

Siapkan Media Tanam yang Baik

Tugas pertama Anda yaitu menyiapkan media tanam yang baik digunakan untuk menanam tumbuhan wijaya kusuma. Kami ingatkan sekali lagi kalau wijaya kusuma masih termasuk kaktus ya. Jadi media tanam yang cocok untuk dipakai menanam tanaman ini yaitu media tanam yang bersifat porous, mudah mengalirkan air, tidak lembap, dan subur. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Setelah tercampur rata, masukkan media tanam ini ke dalam pot yang sebelumnya sudah diisi pecahan genteng sebagai penahan.

Tanamkan Daun Wijaya Kusuma

Dalam menanam daun wijaya kusuma, Anda harus memastikan kalau bagian yang ditanam dan ditimbun di tanah adalah daun bagian bawah. Jika sampai terbalik, maka daun tadi dijamin pasti tak akan tumbuh. Hal ini juga berlaku pada metode setek batang, di mana kalau batangnya terbalik maka batang tadi tidak akan bisa tumbuh. Daun wijaya kusuma bagian bawah berbentuk menyempit. Sedangkan bagian atasnya lebih membulat. Tanamkan daun ini dengan kedalaman 2-3 cm saja. Jangan terlalu dalam karena justru akan menyebabkan kondisi daun tadi membusuk.

Letakkan di Tempat yang Tepat

Tanaman wijaya kusuma sangat menyukai sinar matahari serta membenci genangan air dan tempat yang lembap. Jadi sebaiknya Anda menaruh pot berisi wijaya kusuma tersebut di tempat yang bisa memperoleh sinar matahari, terutama cahaya di pagi hari. Cahaya alami ini benar-benar bagus untuk merangsang pertumbuhan tanaman wijaya kusuma sehingga lebih subur. Namun pancaran sinar yang terlalu berlebihan juga tidak bagus bagi tanaman ini karena dapat mengeringkan daun-daunnya. Anda sebaiknya menaruh tanaman ini di tempat teduh, tetapi masih bisa menerima sinar mentari pagi.

Perawatan Tanaman yang Benar

Bentuk-bentuk perawatan terhadap tanaman wijaya kusuma ini meliputi :

  • Penyiraman dilakukan setiap 2-3 hari sekali atau menyesuaikan kondisi media tanam. Siramlah hanya saat bagian atas media tanam sudah terlihat agak mengering. Siramilah dengan air yang cukup dan jangan sampai berlebihan sampai membentuk genangan air.
  • Pemupukan dapat dilaksanakan setiap 1 bulan sekali untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Gunakan pupuk kandang dari kohe kambing agar tanaman lebih subur. Anda juga bisa memakai pupuk NPK untuk melebatkan pertumbuhan daun wijaya kusuma.
  • Pembersihan daun bisa dilakukan secara berkala supaya penampilan tanaman wijaya kusuma Anda tampak lebih bersih dengan daun yang mengkilap. Silakan gunakan busa yang basah untuk membersihkan permukaan daun wijaya kusuma Anda.