Cara Menanam Tanaman Ekor Monyet dan Panduan Perawatannya Nih

Kini semakin banyak bermunculan tanaman hias yang memiliki wujud yang unik dan aneh. Biasanya sih semakin tak wajar penampilan suatu tanaman, maka akan semakin disukai oleh para pencinta tanaman pada khususnya. Salah satunya yang kami maksud adalah tanaman ekor monyet. Mamanya aneh sekali, kan? Begitu pula dengan wujud tanaman ini pun benar-benar tak normal. Disebut ekor monyet mungkin karena tanaman ini mempunyai bentuk yang panjang dan berumbai-rumbai seperti ini.

Tanaman ekor monyet sendiri kini tengah naik daun karena keunikannya. Biasanya tanaman ini ditanam dengan cara ditempel di dinding layaknya tanaman anggrek, kadaka, atau tanduk rusa. Semakin banyak tanaman ekor monyet yang bergerombol menutupi bidang dinding, maka penampilannya akan semakin menarik dan memesona. Tentunya tanaman ini akan tumbuh subur dan semakin rimbun manakala Anda merawatnya dengan tepat. Untungnya tidak susah kok untuk menanam si ekor monyet ini.

Bagi Anda yang memang berminat untuk mempunyai tanaman ekor monyet sendiri, silakan Anda dapat mengikuti panduan menanam serta merawatnya di bawah ini. Di sini kami memakai teknik stek batang supaya prosesnya menjadi lebih mudah.

Siapkan Bibit Tanaman Ekor Monyet Ya

Yang pertama mesti Anda lakukan tentunya menyiapkan bibit tanaman terlebih dahulu. Jika Anda punya kenalan yang sudah memiliki tanaman ekor monyet ini, Anda bisa meminta potongan batangnya. Batang tanaman ini cukup mudah untuk ditanam dengan teknik stek batang loh. Sebisa mungkin pilihlah batang bagian bawah yang telah cukup tua sehingga potensi tumbuhnya lebih besar. Gunakan cutter yang steril untuk memotong batang ekor monyet ini. Lalu oleskan obat merah di bekas potongannya.

Siapkan juga Media Tanam yang Tepat

Tanaman ekor monyet bisa ditanam menggunakan berbagai media tanam. Anda dapat memakai tanah, sabut kelapa, atau akar pakis untuk menanam tanaman tersebut. Kalau Anda ingin menanam tumbuhan ekor monyet ini di pot/polybag, maka kami sarankan pakailah campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang sebagai media tanamnya. Namun bila Anda ingin menggantungkan tanaman ekor monyet dan menempelkannya di dinding, sebaiknya gunakan media tanam dari akar pakis yang telah disusun.

Tanamlah Bibit Tanaman dengan Benar

Menanam tanaman ekor monyet bukanlah pekerjaan yang rumit. Sebaiknya Anda menanam batang si ekor monyet di pot atau polybag terlebih dulu. Barulah setelah tumbuh subur, Anda bisa memindahkan tanaman ini di tembok. Anda bisa memulai dengan memasukkan media tanam ke pot hingga mencapai setengah dari total volumenya. Kemudian letakkan batang ekor monyet berdiri tegak di tengah-tengah pot. Lantas Anda bisa menambahkan lagi media tanamnya ke pot sampai terisi penuh.

Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Sebenarnya tanaman ekor monyet ini lebih senang tempat yang teduh dan cenderung lembap daripada tempat yang terbuka dan terpapar sinar matahari secara maksimal. Jadi Anda sebaiknya meletakkannya di tempat yang mempunyai naungan atau tidak terpapar matahari langsung, terutama pada awal masa pertumbuhannya. Jagalah kondisi media tanam di pot agar tetap lembap dengan menyiraminya setiap hari memakai air secukupnya. Disarankan untuk menjemur tanaman ini di waktu pagi hari.

Perbanyak Tanaman agar Makin Lebat

Berhubung tanaman ekor monyet dapat diperbanyak dengan cukup mudah, maka kami sarankan Anda untuk terus memperbanyak tanaman ini. Tujuannya adalah membuat tanaman ini semakin lebat karena jumlah populasinya padat dan rapat. Dijamin deh pasti penampilannya bakalan semakin menarik, tidak cuma unik saja. Setelah cukup rimbun, silakan Anda bisa memindahkan tanaman ini ke dinding. Gunakan media tanam dari akar pakis atau sabut kelapa untuk menanam ekor monyet ini menempel di tembok.