Cara Menanam Srikaya Jumbo “Si Kaya Rasa” biar Lebih Cepat Berbuah

Srikaya (Annona squamosa) adalah tumbuhan buah yang biasa hidup di lingkungan yang beriklim tropis. Tanaman ini termasuk dalam famili Annonaceae di genus Anonna. Srikaya memiliki buah yang berbentuk bulat, kulit yang mempunyai mata banyak, dan mengandung daging yang berwarna putih. Srikaya jumbo merupakan varietas unggul dari tanaman srikaya. Jika dibandingkan dengan tanaman srikaya yang lain, tanaman srikaya jumbo bisa menghasilkan buah yang ukurannya lebih besar. Pohonnya tumbuh secara meranggas dengan ketinggian maksimal hingga mencapai 8 meter. Walau begitu, pohon srikaya jumbo ini dapat dipelihara dengan mudah di dalam pot kok.

Berikut ini langkah-langkah dalam menanam srikaya jumbo yang patut Anda coba. Kami jamin deh Anda pun pasti langsung berhasil menanam tumbuhan yang satu ini. Silakan Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini dengan baik ya.

  • Siapkan pot yang ukurannya cukup besar dengan diameter sekitar 40-50 cm sebagai wadah penanaman. Pastikan pot ini mempunyai beberapa lubang saluran air di bagian bawahnya. Masukkan pecahan genteng, kerikil, atau sabut kelapa ke dalam pot tersebut untuk menjadi penahan media tanam supaya tidak mudah hanyut terbawa air.
  • Buatlah media tanam yang terdiri dari tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Campurkan kedua bahan ini hingga merata. Media tanam yang sudah jadi lantas dimasukkan ke dalam pot hingga memenuhi seluruh volumenya. Biarkan media tanam ini selama seminggu agar terjadi proses fermentasi secara alami yang akan meningkatkan kesuburannya.

  • Siapkan bibit srikaya jumbo yang berkualitas unggul. Anda bisa membelinya secara online di www.tokotanaman.com sehingga lebih praktis. Bibit yang sudah diterima sebaiknya dibiarkan dulu di dalam polybag selama 3-5 hari agar dapat beradaptasi dengan lingkungannya terlebih dahulu. Barulah setelah bibit tersebut tampak subur kembali, Anda bisa memindahkannya ke pot.
  • Buatlah lubang penanaman pada media tanam di dalam pot sesuai ukuran polybag. Gunakan gunting untuk memotong polybag yang membungkus sistem perakaran bibit srikaya jumbo. Dengan gerakan yang cepat, tanamkan bibit tersebut ke dalam pot. Jangan lupa setelah bibit selesai ditanam sebaiknya disiram dengan air secukupnya. Pindahkan pot tersebut di tempat yang bisa memperoleh pancaran dari sinar matahari secara langsung.

  • Penyiraman dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore hari. Gunakan air dalam jumlah yang cukup agar tidak menggenangi media tanam. Penyiangan juga perlu dilaksanakan untuk membersihkan gulma yang tumbuh di media tanam sehingga tidak mengganggu pertumbuhan tanaman srikaya jumbo.
  • Pekerjaan pemupukan dilakukan setiap 2 bulan sekali yang bertujuan untuk menjaga kesuburan media tanam. Anda bisa menggunakan pupu NPK 15-15-15 dengan dosis sekitar 30-40 gram/pot. Tambahkan pula pupuk kandang secukupnya yang disebarkan di atas media tanam.

  • Memasuki usia 2 tahun, saatnya tanaman mulai berbuah. Untuk merangsang pembentukan bunga pada tanaman srikaya jumbo, Anda bisa memberikan campuran pupuk NPK 16-16-16 dan pupuk KNO3 dengan perbandingan 3:1. Setiap pot diisi dengan campuran pupuk tersebut sebanyak 50-75 gram. Pemberian pupuk diawali dengan membuat parit terlebih dahulu melingkari diameter pot dengan kedalaman 3 cm. Kemudian campuran pupuk ini dimasukkan ke dalam parit tersebut.
  • Pemangkasan dikerjakan dengan maksud untuk memicu pertumbuhan vegetatif pada tanaman. Tanaman srikaya jumbo yang tidak dipangkas akan tumbuh terus ke atas serta jarang menghasilkan buah. Dengan merontokkan beberapa cabang tanaman, maka akan memicu tumbuhnya tajuk baru yang lebih produktif.