Cara Menanam Sirih Gading di Air Aquarium, Semakin Tambah Subur Loh!

Kini tanaman sirih gading tengah digandrungi oleh para pencinta tanaman. Pasalnya tanaman ini tampak menarik sekali. Biasanya sirih gading dijadikan sebagai tanaman hias untuk menghiasi ruangan. Tanaman ini tetap dapat tumbuh subur walaupun ditanam di dalam rumah. Interior pasti akan terlihat sangat apik apabila dihiasi dengan tanaman ini. Anda bisa menaruhnya di dalam vas atau pot bunga yang berwarna bening. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik ya.

Tanaman sirih gading ternyata memang dapat ditanam di dalam air. Maksudnya hanya akar dan pangkal batang tanaman saja yang berada di dalam air. Sedangkan bagian daun dan batang atasnya tetap berada di atas permukaan air. Di sini Anda bisa memakai berbagai macam wadah penanaman dan tidak terbatas cuma pot atau vas bunga saja. Bahkan jika mau, Anda pun tetap dapat menanam tanaman sirih gading di dalam aquarium loh. Wah, pastinya bakalan terlihat menarik sekali.

Ternyata tidak terlalu susah untuk dapat menanam sirih gading di aquarium menggunakan media tanam cuma berupa air saja. Silakan Anda bisa mengikuti panduan selengkapnya di bawah ini.

ALAT DAN BAHAN :

  • Tanaman sirih gading
  • Akuarium atau pot/vas bunga
  • Air
  • Pupuk organik cair (POC)
  • Bawang merah
  • Cutter

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Anda perlu menyiapkan bibit tanaman sirih gading terlebih dahulu untuk ditanam. Di sini Anda bisa menggunakan bibit yang telah mempunyai akar ataupun bibit berupa stek batang. Tentunya lebih mudah menanam sirih gading yang sudah memiliki akar.
  2. Siapkan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) untuk membantu pertumbuhan tanaman di dalam masa awalnya. Anda bisa memakai ZPT organik dari bawang merah yang ditumbuk. Kemudian rendam bagian bawah tanaman sirih di dalam air bawang merah selama 20-30 menit.
  3. Sementara itu Anda dapat menyiapkan wadah penanamannya dengan baik. Anda bisa memakai akuarium, pot, atau vas bunga kaca di sini. Cucilah wadah tersebut sampai bersih terlebih dulu. Kemudian isilah dengan air bersih secukupnya saja.
  4. Jangan lupa untuk menyediakan POC (Pupuk Organik Cair). Pupuk ini digunakan untuk makanan bagi tanaman sirih gading. Anda bisa membeli POC yang sudah jadi atau membuatnya sendiri. Teteskan cairan POC ini secukupnya ke dalam wadah penanaman.
  5. Kini waktunya untuk menanam sirih gading di air. Silakan ambil bibit tanaman Anda, lalu cobalah potong bagian-bagian tanaman yang telah mati, kering, atau tua memakai cutter. Sisakan hanya sekitar 3-5 daun saja untuk mengurangi tingkat penguapan tanaman.
  6. Bagaimana cara menanam sirih gading di dalam air? Jawabannya gampang sekali. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas dengan baik, sekarang Anda tinggal menaruh bibit tanaman sirih gading ke dalam wadah penanaman saja seperti bunga potong. Itu sudah cukup.
  7. Agar bibit tanaman mampu tumbuh dengan baik, kami sarankan untuk menaruhnya di tempat yang teduh terlebih dahulu. Jangan langsung di dalam rumah ataupun di luar ruangan. Anda bisa meletakkannya di teras, bawah pohon, atau atas kusen jendela.
  8. Jika bibit tanaman sudah mampu menumbuhkan tunas daun yang baru dan jumlah akarnya pun kini bertambah banyak, maka berarti Anda telah berhasil dalam menanamnya. Sekarang Anda bisa memindahkannya di tempat mana pun yang Anda sukai.