Cara Menanam Kaktus Mini di Pot Kecil, Cobain Pasti Imut Sekali Deh

Beberapa orang memang lebih suka terhadap tanaman kering seperti kaktus dan sukulen. Alasan utama biasanya sih karena tanaman-tanaman kering ini tidak membutuhkan perawatan secara rutin. Jadi, Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak atau mungkin merasa malas bila harus merawat tanaman secara terus-menerus, Anda dapat mencoba menanam tanaman kering ini. Terutama adalah kaktus mini yang bisa Anda tanam di dalam pot kecil, lalu meletakkannya dengan rapi pada rak tanaman.

Selain penampilannya yang lebih imut, rata-rata harga kaktus mini juga cukup terjangkau. Cukup dengan modal awal Rp 100 ribu saja, Anda sudah bisa mendapatkan beberapa kaktus mini untuk dikoleksi. Yakin deh pastinya Anda bakal langsung jatuh hati terhadap kaktus mini tersebut, serta ingin membelinya lagi dan lagi. Bahkan kalau sudah kecanduan dengan hobi ini, bukan tidak mungkin Anda akan terus mencari kaktus mini yang penampilannya super unik dan masih jarang dimiliki untuk melengkapi koleksi.

Pada dasarnya, menanam kaktus mini itu sangat mudah kok. Tantangan utamanya justru pada diri Anda sendiri supaya tidak keterlaluan dalam merawatnya. Anda harus menyadari bahwa tingkat pertumbuhan tanaman kaktus ini terbilang lambat sekali.

Pengadaan Bibit Kaktus Mini

Kali pertama tentunya yaitu Anda perlu menyediakan bibit kaktus mini yang akan ditanam terlebih dulu. Kalau Anda mempunyai kenalan yang mengoleksi tanaman ini sebelumnya, silakan Anda dapat meminta anakannya. Pisahkan anakan kaktus mini tersebut memakai cutter dengan hati-hati. Namun kalau Anda tidak mau merepotkan orang lain, lebih baik beli saja di www.tokotanaman.com karena harganya sangat terjangkau. Di sini juga Anda bisa memilih berbagai jenis kaktus mini sesuka hati Anda.

Terutama bagi Anda yang hendak mencoba memisahkan anakan kaktus dengan tanaman induknya, kami akan memberikan trik khususnya supaya berhasil. Jadi kaktus mini biasanya bakal menghasilkan anakan kaktus di samping atau atasnya. Anakan ini terlihat jelas dengan wujud yang terpisah dari tanaman induk sehingga dapat dipisahkan. Jangan pernah Anda mencoba membelah batang kaktus sebab kemungkinan tumbuhnya kecil sekali. Hanya kaktus yang sudah tumbuh terpisah yang boleh Anda potong.

Penyiapan Media Tanamnya

Tanaman kaktus selalu tumbuh di tempat yang kering dan minim kandungan air. Bukan karena nasibnya yang tak mujur, tapi memang kaktus menyukai tempat-tempat yang seperti ini. Justru tanaman ini bakal mati membusuk kalau Anda memaksa menanamnya di tempat yang lembap. Maka saat Anda mencoba menyiapkan media tanam untuk digunakan menanam bibit kaktus mini ini, Anda harus memperhatikan kaidah-kaidah tanaman tersebut. Bahwa tanaman kaktus lebih suka media yang kering dan porous.

Kami sendiri biasanya menggunakan campuran dari tanah, pasir, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 untuk membuat media tanam bagi tanaman kaktus. Semua bahan ini harus diaduk secara merata hingga tercampur semuanya. Barulah kemudian Anda bisa menaruhnya di dalam pot. Jangan lupa untuk memadatkannya agar pot bisa memuat lebih banyak media tanam. Di sini kami lebih suka memakai pasir sungai ketimbang pasir bangunan. Boleh memakai sekam padi asalkan sudah difermentasi dahulu.

Penanaman Bibit Kaktus Mini

Setelah semua proses persiapan di atas sudah dilaksanakan dengan baik, sekarang waktunya bagi Anda untuk menanam tanaman kaktus mini. Silakan Anda mengeluarkan bibit kaktus mini dari kertas tisu yang biasa kami gunakan untuk membungkus bibit kaktus dan sukulen yang dikirim ke pembeli. Namun kalau Anda menggunakan bibit kaktus mini hasil dari pemisahan sendiri, disarankan untuk mengoleskan obat merah terlebih dahulu ke bagian potongannya agar bibit tadi tidak diserang cendawan.

Kini tiba gilirannya untuk menanamkan bibit kaktus ini ke dalam pot. Anda bisa membuat lubang tanam terlebih dahulu persis di bagian tengah-tengah pot biar nanti penampilannya lebih menarik. Buat lubang tanam ini dengan ukuran sesuai diameter bibit yang mau ditanam. Sedangkan untuk kedalamannya bisa sekitar 1-2 cm saja. Jangan menanamkan bibit ini terlalu dalam karena dapat menyebabkannya rawan membusuk. Setelah itu, pot bisa diletakkan di tempat teduh dahulu selama 3-5 hari.

Perawatan Tanaman Kaktus

Perawatan kaktus mini standar saja sih sebenarnya, seperti halnya jenis tanaman kaktus yang lain. Saat baru ditanam sebaiknya tanaman diletakkan di tempat yang teduh dahulu sampai kondisinya menjadi stabil. Kira-kira waktunya sekitar 3-5 hari. Barulah selanjutnya Anda harus memindahkannya ke tempat yang lebih terbuka. Paling tidak sih tempat peletakan kaktus mini ini wajib di area yang bisa memperoleh pancaran sinar matahari secara langsung. Kalau di dalam ruangan, atapnya harus transparan.

Kenyataannya memang tanaman kaktus memerlukan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi. Anda tidak boleh menaruhnya di tempat yang teduh karena perkembangan tanaman ini bakal melamban dan akhirnya rawan membusuk. Sedangkan untuk perawatan yang lainnya, Anda cukup menyirami tanaman kaktus mini ini setiap 3-5 hari sekali saja. Gunakan botol semprot supaya jatuhan airnya lebih menyebar dan tidak sampai membasahi media tanam. Jangan menyirami tanaman ini terlampau sering ya.