Cara Menanam Kaktus Anggur di Pot agar Berhasil Tumbuh Sempurna

Setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda mengenai tanaman yang disukainya. Ada yang lebih suka tanaman bunga, tanaman buah-buahan, atau tanaman yang mempunyai daun yang cantik. Namun ada pula yang sangat menyukai tanaman kering seperti kaktus dan sukulen. Faktanya memang tanaman kaktus pun memiliki beragam jenis dengan penampilan yang menarik sekali. Salah satunya yang menyita perhatian banyak orang adalah kaktus anggur, di mana bentuknya mirip seperti buah anggur.

Silakan Anda bisa mendapatkan bibit kaktus anggur ini di www.tokotanaman.com ya. Kami menyediakan bibit kaktus anggur dengan keaslian yang benar-benar terjamin. Kemudian tanaman kaktus ini bisa Anda tanam di dalam pot yang eye-catching agar penampilannya semakin menarik di hati. Dengan perawatan yang baik, maka tanaman kaktus anggur tersebut pun bakal cepat tumbuh besar. Sebenarnya tak terlalu susah untuk merawat kaktus anggur ini sebagaimana tanaman anggur yang lainnya kok.

Silakan Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk memelihara tanaman kaktus anggur Anda dengan baik. Dijamin deh tanaman tersebut pasti akan tumbuh subur, serta Anda bakal semakin cinta kepadanya!

Syarat Media Tanam yang Baik

Tips bagi Anda yang ingin menyediakan media tanam yang tepat bagi suatu tanaman, maka Anda harus mencari tahu habitat asli tanaman tersebut terlebih dahulu. Seperti yang Anda tahu, tanaman kaktus ini secara alami tinggal di daerah gurun pasir. Daerah tersebut mempunyai tanah yang dipenuhi oleh pasir dan minim air. Artinya adalah kaktus anggur pun sangat menyukai media tanam yang seperti itu. Justru kalau Anda menanamnya di tanah yang terlalu subur dan lembap, tanaman ini bakal mati membusuk.

Kami sarankan untuk media tanam yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kaktus anggur agar tanaman tersebut mampu tumbuh secara optimal. Anda bisa menggunakan kombinasi pasir, sekam padi, kompos, dan tanah sedikit saja. Pastikan semua bahan ini telah dibersihkan sehingga bebas dari hama yang dapat menyerang kaktus Anda. Campurkan bahan-bahan secara merata. Lalu masukkan ke dalam pot. Biarkan dahulu selama 3-5 hari sebelum Anda bisa menggunakannya untuk menanam bibit kaktus anggur.

Memilih Pot untuk Kaktus

Tanaman kaktus anggur akan terlihat lebih menarik apabila ditanam di pot dibandingkan Anda langsung menanamnya di tanah. Apalagi kalau Anda menggunakan pot yang menarik, dijamin deh pasti tanaman tersebut bakal tampil begitu menawan. Rekomendasi kami sih gunakan pot gerabah alias pot tanah liat. Pot ini benar-benar sangat bagus bagi tanaman kaktus. Tidak hanya menciptakan kesan unik pada kaktus Anda, pot gerabah ini pun dapat menjaga tingkat kelembapan media tanam di dalamnya dengan baik.

Pilihan lainnya adalah Anda bisa menggunakan pot plastik model tirus atau tawon. Desain kedua pot ini yang unik sekali dapat mengangkat pesona tanaman kaktus anggur Anda secara efektif. Pot plastik yang berwarna-warni juga sangat cocok digunakan sebagai wadah penanaman anggur loh. Nantinya pot-pot ini bisa Anda letakkan secara berbaris sehingga tercipta pemandangan yang menarik. Saran kami lainnya yaitu Anda dapat menaburkan batu koral berwarna cerah di bagian atas permukaan media tanam.

Menanam Bibit Kaktus Anggur

Tanaman kaktus pada dasarnya merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam. Tumbuhan ini pun tak terlalu susah untuk diperbanyak karena kita dapat menggunakan teknik stek batang. Teknik ini dilakukan dengan memotong batang tanaman atau anakannya jika ada, kemudian menanamkannya. Walau tanpa akar, potongan batang kaktus tersebut tetap mampu tumbuh dengan baik. Biasanya butuh waktu sekitar 5-7 hari saja sudah terlihat tanda-tanda kehidupan dari potongan kaktus yang kita tanamkan ini.

Begitu pula dengan tanaman kaktus anggur ini yang bisa Anda tanam meskipun tidak mempunyai akar di bawahnya. Tapi khusus bagi Anda yang membeli bibit kaktus anggur di www.tokotanaman.com sih Anda tak perlu cemas karena bibit yang kami kirimkan sudah mempunyai akar kok. Jadi tanaman tersebut pun pasti bakal tumbuh dengan baik. Silakan Anda tanamkan bibit ini di media tanam dalam pot, persis pada bagian tengah-tengahnya. Setelah itu, letakkan tanaman ini di tempat teduh terlebih dahulu ya.

Perawatan Dasar Tanaman

Jangan takut merawat tanaman kaktus ya sebab kenyataannya memang tanaman ini mudah sekali untuk ditanam. Begitu pula dalam hal perawatannya pun jenis tanaman ini sama sekali tidak memerlukan cara perawatan secara khusus. Satu-satunya perawatan yang mesti Anda lakukan dengan teratur yaitu cuma menyirami tanaman saja. Itu pun Anda tidak boleh melakukannya terlalu sering karena kaktus ini malah akan mati membusuk kalau Anda terlalu sering menyiraminya. Siramilah cukup setiap 5-7 hari saja.

Tanaman kaktus anggur juga sangat membutuhkan sinar matahari. Pancaran cahaya matahari langsung secara efektif mampu menyuburkan pertumbuhan tanaman ini secara signifikan. Jadi setelah 7-10 sejak penanaman, Anda dapat memindahkan tanaman kaktus anggur tersebut ke tempat yang bisa mendapat sinar mentari langsung. Biasanya sih kaktus anggur yang selalu terkena cahaya matahari, terutama  pada pagi hari, maka pertumbuhannya bakalan semakin subur dan warnanya pun lebih cerah.