Cara Menanam Buah Plum di Indonesia, Ternyata Bisa Tumbuh Loh

Kini semakin banyak tanaman impor yang dibudidayakan di Indonesia. Selain karena lebih unik dan menarik sebab jarang yang memilikinya, tanaman impor ini umumnya memiliki nilai jual yang lebih mahal. Penyebabnya tak lain karena stoknya yang sedikit dan peminatnya yang begitu besar. Salah satu jenis tanaman impor yang tengah digandrungi oleh masyarakat yaitu plum. Sejatinya memang plum bukanlah tanaman asli Indonesia. Tapi faktanya plum bisa tumbuh dengan baik di sini.

Pohon plum secara alami tumbuh di daerah yang beriklim subtropis sampai dingin. Namun dengan memberikan perlakuan tertentu, tanaman ini juga bisa tumbuh di daerah tropis. Direkomendasikan untuk menanam buah plum di dataran tinggi yang memiliki cuaca sejuk dan cenderung dingin. Tapi kalau Anda mau menanamnya di dataran rendah, mulailah di awal musim hujan sehingga cuacanya tidak terlalu panas. Saat musim kemarau datang, tanaman ini sudah cukup besar dan lebih tahan.

Jika Anda ingin menanam plum sendiri serta mengharapkan tanaman ini mampu tumbuh subur dan menghasilkan buah yang nikmat seperti yang Anda inginkan, maka kami sarankan untuk menanam di tanah langsung. Hindari menanam tumbuhan berbuah di pot atau polybag karena pertumbuhannya tidak akan bisa optimal. Akibatnya yaitu tanaman tersebut akan sulit berbuah, kecuali mendapatkan perawatan secara khusus. Tanaman juga akan menjadi kerdil kalau ditanam di pot/polybag.

Jadi pada kesempatan kali ini, kami anggap kita sepakat akan menanam buah plum langsung di tanah supaya pertumbuhannya lebih subur, cepat besar, dan hasil buahnya pun lebih melimpah.

Persiapan Bibit

Yang pertama kali Anda lakukan adalah menyiapkan bibit plum. Jika ada teman, keluarga, atau sanak saudara Anda yang telah mempunyai pohon plum, Anda bisa meminta izin untuk mencangkok pohon plum tersebut. Prosesnya sendiri sangat mudah karena pada dasarnya plum mengandung kayu yang tebal. Namun bila tak ada pohon plum di sekitar Anda, jangan khawatir ya. Anda bisa memesan bibit plum berkualitas unggul di www.tokotanaman.com dengan harga terjangkau.

Di bawah ini merupakan panduan mencangkok tanaman plum dengan tepat!

  1. Pilihlah bagian cabang tanaman yang paling cocok untuk dicangkok. Sebaiknya Anda memilih cabang yang cukup tua, diameternya besar, kondisinya sehat, dan tumbuh subur.
  2. Cabang tanaman terpilih kemudian dikerat untuk membuang lapisan kulit dan kambiumnya sampai bersih menggunakan cutter yang tajam.
  3. Siapkan media tanam untuk keperluan mencangkok dari campuran tanah dan sekam bakar. Aduklah sampai tercampur merata.
  4. Taruhlah media tanam pada selembar plastik bening. Lantas bungkuskan plastik ini di bagian cabang tanaman yang sudah dikerat. Pastikan media tanam bisa menutupi secara merata.
  5. Kini Anda tinggal menunggu waktu saja hingga akar tumbuh pada cabang tersebut. Cabang ini bisa dipotong setelah akarnya sudah cukup rimbun.

Pembuatan Lubang Tanam

Jika Anda ingin menanam bibit plum di kebun, sebaiknya lakukan di awal musim penghujan supaya kebutuhan airnya tetap terpenuhi. Sementara penanaman bibit di pekarangan bisa dilakukan kapan saja sebab kita mampu menyiraminya dengan mudah setiap hari. Sebelumnya Anda perlu membuat lubang tanam dahulu. Buatlah lubang tanam yang berukuran 50 x 50 x 50 cm. Kemudian masukkan pupuk kandang ke dalamnya hingga setinggi 20 cm. Biarkan lubang ini selama 2-3 minggu.

Penanaman Bibit Plum

Waktu penanaman bibit plum yang paling baik yaitu pagi atau sore hari untuk menghindari sengatan matahari. Cara menanam bibit plum ini gampang sekali karena sama saja seperti tumbuh-tumbuhan yang lain. Anda perlu memasukkan bibit ke dalam lubang tanam. Kemudian robeklah plastik polybag-nya dengan hati-hati. Setelah itu, Anda harus segera menimbun lubang tanam tadi memakai tanah di sekitarnya. Tekanlah secara perlahan-lahan agar bibit plum dapat berdiri dengan tegak.

Pemeliharaan Tanaman

Tentunya Anda perlu merawat tanaman plum dengan baik supaya tumbuh subur, cepat membesar, serta menghasilkan buah-buah plum yang nikmat seperti yang Anda inginkan. Nah, beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk memelihara tanaman plum tersebut di antaranya :

  1. Penyiraman menjadi bentuk perawatan yang paling utama. Hal ini mengingat air merupakan kebutuhan dasar bagi tanaman. Namun penyiraman sebaiknya dilakukan dengan bijaksana. Siramilah hanya ketika bagian permukaan media tanam sudah terlihat agak kering.
  2. Pemupukan juga perlu dilaksanakan secara rutin untuk mendukung pertumbuhan tanaman plum. Anda bisa memberikan pupuk kandang setiap 1 bulan agar tanaman ini tumbuh subur. Selain itu Anda juga perlu memberikan pupuk urea setiap 3 bulan sekali.
  3. Pemangkasan sebaiknya juga dilakukan dengan baik untuk membentuk tajuk tanaman. Cara ini pun sudah terbukti mampu menyuburkan tanaman dan merangsang pembentukan buah. Pemangkasan dimulai sejak tinggi tanaman mencapai 1 meter.