Cara Menanam Bonggol Sirih Gading Jumbo agar Tumbuh Lebih Cepat

Tanaman sirih gading kini menjadi salah satu tanaman hias yang sedang naik daun. Sebenarnya tanaman ini sendiri tidak termasuk dalam jenis tumbuhan sirih. Namun karena rupa daunnya yang mirip seperti sirih gading dan ukurannya pun sangat besar, maka para pencinta tanaman akhirnya menjulukinya juga sebagai tanaman sirih gading jumbo. Malah yang lebih anehnya lagi ada pula yang menamainya sebagai monstera sebab daunnya yang bisa robek sendiri ketika ukurannya sudah maksimal.

Di pasaran, harga tanaman sirih gading jumbo kenyataannya tidak terlalu mahal. Tetapi kalau ada yang lebih murah mengapa mesti beli yang mahal, kan? Ya, trik membeli tanaman sirih gading jumbo dengan harga yang lebih murah tidak lain yaitu Anda harus membeli bonggolnya. Harga bonggol sirih gading jumbo ini biasanya dibanderol sangat murah yakni di kisaran Rp 3-5 ribu/bonggol. Setelah itu, Anda bisa menanamnya dengan baik supaya bonggol tersebut berhasil tumbuh menjadi tanaman.

Kenyataannya sendiri tidak susah kok untuk menanam bonggol tanaman sirih gading jumbo. Sebab pada dasarnya tanaman ini memang mudah tumbuh tanpa membutuhkan perlakuan yang khusus. Tapi untuk memandu Anda agar tidak bingung atau salah langkah, kami sengaja memberikan panduannya.

Bersihkan Bonggol Terlebih Dahulu

Bonggol tanaman sirih gading jumbo yang sudah Anda terima sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum Anda menanamnya. Caranya yaitu Anda hanya perlu mencucinya di bawah air yang mengalir. Cucilah seluruh bagian dari bonggol tersebut tanpa perlu Anda gosok atau sikati karena takutnya malah akan menimbulkan luka. Setelah itu, Anda bisa mengeringkannya dengan kain lap atau mengangin-anginkannya di tempat yang sejuk sampai kondisi bonggol tersebut kering secara merata.

Siapkanlah Media Tanam yang Baik

Untuk menanam bonggol tanaman sirih gading jumbo, Anda membutuhkan media tanam yang subur dan gembur. Media tanam yang subur akan memastikan tanaman tersebut mempunyai daun yang ukurannya jumbo alias sangat besar. Begitu pula dengan kondisi media tanam yang gembur pun akan mencegah tanaman mengalami busuk akibat kelembapan tanah yang terlalu tinggi. Anda bisa membuat media tanam ini dengan mencampurkan tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang secukupnya.

Cara Menanam Bonggol Tanaman

Kini waktunya bagi Anda untuk menanam bonggol tanaman sirih gading jumbo. Silakan buat lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran sesuai dengan ukuran bonggol yang hendak ditanam. Perhatikan dengan baik bagian bekas daun yang ada di bonggol. Bagian inilah yang nantinya akan menumbuhkan tunas daun yang baru. Jadi bagian tersebut harus berada di sebelah atas. Setelah itu, tutup bonggol tadi memakai lapisan tanah tipis sekitar 1 cm saja. Kalau terlalu dalam, bonggol akan sulit tumbuh.

Perawatan Bonggol agar Tumbuh

Upaya perawatan perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk merangsang tumbuhnya akar serta tunas pada bonggol sirih gading jumbo. Pekerjaan yang paling utama ialah mengontrol kondisi media tanam. Anda harus menjaga kondisi media tanam tersebut supaya tetap lembap namun jangan terlalu basah atau tergenang air. Maka dari itu, kontrol penyiraman tanaman pun perlu dilakukan dengan baik. Kami sarankan untuk menyirami tanaman ini cukup setiap 3-5 hari sekali saja ya.

Perawatan Tanaman Lebih Lanjut

Apabila sudah terlihat adanya daun yang tumbuh dari bonggol tersebut, maka berarti Anda telah sukses menanam bonggol sirih gading jumbo. Selanjutnya Anda tinggal melakukan upaya perawatan yang lebih lanjut supaya tanaman semakin tumbuh subur dan tertata rapi. Anda perlu memasang ajir dari bambu atau tali di samping tanaman sebagai pegangannya. Dan yang paling penting tentunya yaitu Anda perlu melakukan pemupukan secara berkala supaya tanaman sirih gading jumbo memiliki daun yang rimbun.