Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak yang Baik dan Benar

Mulsa plastik hitam perak diperlukan untuk membantu merawat tumbuh-tumbuhan yang Anda pelihara. Dengan memasang mulsa plastik hitam perak ini di lahan pertanian, maka bakal ada banyak keuntungan yang diperoleh. Mulai dari populasi gulma menjadi terkendali, tingkat kelembaban tanah terjaga, hingga struktur bedengan menjadi lebih kuat. Proses pemasangan mulsa umumnya dikerjakan pada saat tahap pengolahan tanah. Pada dasarnya, mulsa ini berguna sebagai penutup tanah agar tak ditumbuhi rumput. Tetapi mulsa plastik hitam perak juga memiliki fungsi untuk menghalau hama.

Waktu yang paling baik untuk memasang mulsa plastik hitam perak ini adalah siang hari ketika matahari sedang bersinar dengan terik. Tujuannya supaya proses pemuaian mulsa tersebut lebih optimal sehingga dapat menutup rapat seluruh area bedengan. Ingat dalam pemasangannya, bagian mulsa yang berwarna hitam dihadapkan ke bawah, sedangkan bagian mulsa yang warna perak harus dihadapkan ke arah atas sehingga masing-masing bagian mulsa tersebut dapat berfungsi dengan baik. Kerjakanlah pemasangan mulsa plastik hitam perak ini dengan sungguh-sungguh agar hasilnya pun optimal.

Bagi Anda yang sedang belajar memasang mulsa plastik hitam perak ini, Anda dapat mengikuti panduan selengkapnya sebagai berikut. Kami akan mencoba menjelaskannya dengan bahasa yang mudah ya.

Siapkan Mulsa Terlebih Dahulu

Anda tentu harus menyiapkan mulsa plastik hitam perak terlebih dahulu. Silakan Anda bisa membelinya di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Ukuran panjang mulsa yang dibutuhkan sama dengan panjang bedengan dikurangi 30-50 cm. Perlu Anda ketahui, mulsa plastik ini akan memuai ketika terkena panas dari sinar matahari di siang hari. Saat itu, ukuran mulsa akan bertambah panjang. Dengan mengurangi ukurannya sejak awal, maka mulsa tersebut bisa terpasang sempurna di atas bedengan dan tidak longgar. Hal ini akan mempengaruhi fungsi dan daya tahan mulsa plastik tersebut.

Posisikan Mulsa dengan Benar

Posisikan mulsa dengan tepat di atas bedengan, di mana bagian mulsa yang berwarna perak menghadap ke arah atas dan bagian mulsa yang berwarna hitam menghadap ke bawah. Nantinya bagian mulsa yang berwarna perak berfungsi untuk memantulkan sinar matahari sehingga dapat mencegah serangan hama dan penyakit agar tak menyerang tanaman. Sedangkan bagian mulsa plastik yang berwarna hitam bakal mencegah tumbuhnya gulma dan menjaga kelembaban tanah. Pastikan Anda memasang mulsa tersebut dengan posisi seperti ini. Jangan pernah memasangnya dengan posisi yang terbalik.

Pasang Mulsa di Atas Bedengan

Tariklah kedua bagian ujung mulsa plastik hitam perak ini sehingga sanggup menutupi bedengan secara sempurna. Kemudian pasanglah pasak bambu di kedua ujungnya sebagai penahan. Langkah berikutnya adalah memasang pasak bambu di sepanjang mulsa dengan jarak 50 cm. Kerjakanlah dari salah satu sisi terlebih dulu, lalu diikuti dengan sisi lainnya supaya mulsa ini dapat terpasang dengan kuat. Ada baiknya Anda menarik mulsa terlebih dahulu sampai kencang sebelum menancapkan pasak agar pemasangannya bisa benar-benar menjadi rapi. Jadi Anda membutuhkan bantuan orang lain ya.

Buatlah Lubang Tanam di Mulsa

Setelah mulsa plastik telah dipasangi pasak bambu sehingga posisinya dipastikan stabil dan tidak mudah goyah ataupun berubah, selanjutnya Anda perlu melubangi mulsa plastik tersebut sebagai tempat untuk pembuatan lubang tanam. Di sini Anda dapat memanfaatkan alat pelubang mulsa khusus atau memakai kaleng bekas susu yang dipanaskan. Diameter lubang yang dibuat biasanya 10 cm. Sedangkan jarak antar lubang yang dibuat pada mulsa plastik hitam perak bisa disesuaikan dengan jenis tanaman yang hendak Anda budidayakan. Silakan Anda dapat mempelajari terlebih dahulu rekomendasi yang tepat.

Manfaatkan Alat Pelubang Mulsa

Cara menggunakan alat pelubang mulsa khusus yaitu Anda perlu meletakkan alat tersebut tepat di atas mulsa terlebih dahulu. Berikutnya aturlah berapa ukuran diameter lubang yang ingin dibuat. Kemudian Anda dapat memutar bagian tuasnya sehingga alat ini secara otomatis akan langsung bekerja melubangi mulsa plastik. Setelah selesai, Anda bisa memutar kembali bagian tuas tersebut secara berlawanan arah dari sebelumnya sehingga akan mengangkat mulsa yang sudah terlepas beserta sedikit tanahnya. Anda tinggal membersihkan alat tersebut. Kini lubang pada mulsa pun sudah berhasil terbentuk.