Buat Pemula Nih, Ikuti Yuk Cara Stek Batang Anggur Ini!

Buah anggur mempunyai rasa yang sungguh nikmat. Ada rasa manis yang dominan dengan sedikit rasa asam di ujungnya. Kandungan airnya juga cukup tinggi sehingga membuat rasa buah anggur ini begitu menyegarkan. Sayangnya harga buah anggur di pasaran tergolong mahal, apalagi untuk anggur impor. Padahal menanam anggur itu tak sulit loh. Tanaman anggur bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Anda bisa menanamnya dengan teknik stek batang.

Yap, tanaman anggur ternyata dapat diperbanyak menggunakan metode stek batang. Hal ini tentunya bisa menjadi alteratif bagi Anda yang ingin menanam anggur. Stek batang adalah metode perbanyakan tanaman yang mudah dikerjakan, tapi memerlukan trik tersendiri agar berhasil. Nah, dalam menyetek batang anggur supaya sukses, Anda mesti menggunakan batang yang memiliki diameter minimal 1 cm. Dianjurkan memakai ZPT (zat perangsang tumbuh) untuk memperbesar peluangnya.

Bagi Anda yang mau menyetek batang tanaman anggur, ikuti yuk panduan di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Batang anggur
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Pot
  • Cutter
  • Cetok

Langkah-langkah :

Langkah 1. Siapkan Media Tanam

Kami sarankan Anda untuk menyiapkan media tanamnya terlebih dulu sebelum memetik batang anggur. Media tanam ini dibuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 4:1 yang diaduk sampai tercampur rata. Lantas masukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Diamkan media tanam di dalam pot selama 5-7 hari. Setiap hari, media tanam ini wajib disirami dengan air bersih setiap pagi dan sore. Tujuannya ialah untuk membuat kondisinya di dalamnya menjadi normal sehingga batang anggur dapat berkembang dengan baik.

Langkah 2. Siapkan Batang Anggur

Kini waktunya untuk menyiapkan batang anggur. Batang anggur yang akan menjadi bakal stek harus mempunyai diameter minimal 1 cm. Semakin besar diameter batang tersebut, maka akan semakin baik digunakan sebagai bakal stek. Ukuran batang dengan diameter yang besar memungkinkannya memiliki cadangan makanan yang banyak sehingga terhindar dari kekeringan. Batang tersebut tetap mempunyai makanan sebelum akar dan daunnya tumbuh. Pilih batang yang nampak segar dan sudah mengandung kayu di dalamnya. Potong secara serong memakai cutter yang higienis.

Langkah 3. Menanam Batang Anggur

Batang anggur yang telah dipisahkan dari tanaman induk kemudian diangin-anginkan dahulu selama 10-15 menit. Setelah itu, rendamlah bagian pangkalnya di larutan ZPT selama 5-10 menit. Sehingga batang anggur pun siap untuk ditanam. Silakan Anda buat lubang tanam di pot dengan kedalaman 1-2 ruas jari telunjuk saja. Berikutnya Anda tanamkan batang anggur tersebut ke dalam lubang tanam, lalu tutup memakai tanah di sekitarnya. Pekerjaan menanam batang anggur pun telah selesai. Disarankan untuk meletakkan pot ini di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Langkah 4. Merawat Batang Anggur

Ini merupakan langkah yang sangat tricky karena menentukan apakah proses stek batang anggur yang Anda lakukan akan berhasil atau tidak. Kunci keberhasilannya sendiri terletak pada menjaga kondisi kelembaban media tanam supaya tetap lembab, tidak boleh kering, dan tidak boleh terlalu basah. Cara melakukannya dengan menyirami media tanam sesuai kebutuhan. Triknya yaitu sirami media tanam hanya saat kondisi permukaan media tanam sudah nampak kering tetapi belum benar-benar kering. Siramilah hanya di bagian pinggir pot dan usahakan air siraman tidak mengenai batang anggur.

Langkah 5. Memindahkan Tanaman Anggur

Boleh-boleh saja sih kalau Anda merasa senang tatkala melihat batang anggur yang telah dirawat lantas berhasil menumbuhkan daunnya. Tapi jangan langsung memindahkannya ke tempat yang lain ya. Sebab tumbuhnya daun pada batang stek tadi bukan jaminan jika Anda sudah benar-benar berhasil. Sebaiknya Anda tunggul dulu sampai tunas anggur yang tumbuh sudah mencapai tinggi minimal 15-20 cm terlebih dahulu. Kalau sudah, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih terbuka dan panas sehingga pertumbuhannya akan menjadi lebih maksimal.