Begini Nih, Cara Menanam Anggrek dengan Akar Pakis di Dalam Pot

Bunga anggrek selalu dapat memesona semua orang. Penampilannya memang sederhana, tetapi sangat cantik dengan bentuk dan warna yang dimilikinya. Apalagi kalau menaruhnya di dalam pot yang menarik maka secara otomatis pesonanya pun bakal meningkat secara drastis. Tanaman anggrek memang tidak melulu harus ditempelkan atau digantungkan. Kenyataannya Anda tetap bisa menanamnya di dalam pot dengan catatan media tanam yang dipakai harus tepat dan tidak boleh menggunakan tanah.

Kecuali anggrek tanah, semua jenis tanaman anggrek tak boleh ditanam memakai tanah. Walau mungkin awalnya tanaman tadi mau tumbuh dan mengeluarkan kuncup daun yang baru, tetapi tinggal menunggu waktu saja bagian akarnya pasti akan membusuk. Silakan Anda bisa menggunakan media tanam lainnya selain tanah untuk menanam bunga anggrek. Salah satu yang kami rekomendasikan ialah akar pakis. Ya, ini memang benar merupakan akar tanaman pakis yang ternyata bisa kita pakai untuk media tanam.

Faktanya akar pakis merupakan salah satu media tanam terbaik untuk tanaman anggrek. Tentunya Anda bisa membuat sendiri media tanam ini jika sudah mempunyai tanaman pakis yang rimbun, atau membeli akar pakis yang siap pakai di www.tokotanaman.com dengan harga terjangkau. Barulah kemudian Anda dapat menanam bibit tanaman anggrek dengan akar pakis tersebut.

Bersihkan Akar Pakis Terlebih Dahulu

Anda dapat memulainya dengan membersihkan akar pakis terlebih dulu. Hal ini penting dilakukan untuk membunuh semua mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada di dalamnya, terutama cendawan dan jamur yang bisa membusukkan akar tanaman anggrek. Silakan Anda manfaatkan cairan fungisida untuk keperluan ini. Tapi sebaiknya akar pakis tersebut dicuci dahulu, lalu direndam di cairan fungisida selama 15-20 menit. Setelah dibilas sampai bersih, lantas akar pakis ini direndam lagi di larutan ZPT.

Masukkan Akar Pakis ke Dalam Pot

Kami sendiri lebih menyarankan Anda menanam anggrek di pot daripada menempelkan di dinding atau menggantungkannya. Ya menurut selera pribadi, bunga anggrek akan terlihat lebih menarik dan eksotis manakala berada di pot. Terlebih jika penampilan potnya juga indah, maka pesona tanaman anggrek ini pun akan ikut meningkat. Setelah akar pakis sudah diberi perawatan (treatment) di atas, kemudian Anda dapat memasukkannya ke dalam pot sampai penuh. Jangan lupa untuk memadatkannya ya.

Tanamkan Bibit Anggrek dengan Baik

Kini waktunya untuk menanam bibit tanaman anggrek. Anda dapat membuat lubang tanamnya terlebih dulu dengan ukuran 10 x 10 x 15 cm atau sesuai panjang akar bibit anggrek. Lantas Anda bisa langsung menanamkan bibit anggrek ke dalam lubang tersebut. Kerjakan dengan hati-hati supaya tidak merusak bagian akarnya. Anda juga mesti memastikan posisi tanaman anggrek sudah tegak dan mantap sehingga posisinya tidak mudah goyah. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Rawat Bunga Anggrek Sepenuh Hati

Setelah proses penanaman selesai, selanjutnya Anda harus merawat tanaman anggrek tersebut dengan sepenuh hati. Kami sarankan untuk meletakkan tanaman anggrek ini di tempat yang memungkinkannya bisa memperoleh sinar matahari langsung secara maksimal. Kemudian untuk penyiramannya sebaiknya Anda menggunakan botol semprot. Ingat, bagian tanaman anggrek yang perlu terkena air hanya akarnya saja. Sebisa mungkin daunnya tetap kering supaya tak membusuk. Anda juga bisa rutin memberi pupuk ke tanaman ini agar tumbuh subur, daunnya rimbun, dan cepat berbunga.