Begini Cara Mudah Menanam Daun Sirih dengan Air!

Tanaman sirih tergolong sebagai tumbuhan herbal karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini tak terlepas dari kandungan zat antiseptik yang terdapat di dalam daun sirih tersebut. Kami sarankan tanamlah tumbuhan sirih ini sehingga Anda bisa memanfaatkan daunnya. Sebenarnya sih gampang banget kok untuk menanam sirih. Anda bahkan dapat menanamnya langsung dari batang sirih tersebut. Metode ini dinamakan sebagai stek batang.

Yap, tanaman sirih ternyata dapat diperbanyak menggunakan teknik stek batang loh. Anda bisa memilih batang sirih yang sudah cukup tua untuk dijadikan sebagai bakal dari proses penyetekan. Batang yang telah berkayu ini bisa Anda tanam agar nantinya mampu menumbuhkan akar dan daun-daun yang baru. Proses ini memang mudah sekali sih. Walaupun demikian, menyetek batang daun sirih membutuhkan trik tersendiri supaya berhasil. Ikuti metode di bawah ini yuk!

Alat dan Bahan :

  • Batang sirih
  • Tanah
  • Sekam bakar
  • Air
  • Gelas
  • Polybag
  • Bawang merah
  • Fungisida

Langkah Kerja :

  1. Siapkan batang sirih yang akan dijadikan sebagai bakal untuk penyetekan. Ingat, batang sirih ini harus sudah cukup tua, berkayu, kondisinya sehat, dan memiliki 2-3 mata tunas.
  2. Potonglah batang sirih tersebut menggunakan cutter yang steril. Potong sepanjang 20-30 cm. Lalu pangkaslah seluruh daunnya. Anda hanya perlu menyisakan bagian pucuk daunnya saja.
  3. Batang sirih bisa angin-anginkan sebentar sampai getahnya berhenti keluar. Setelah itu, Anda oleskan fungisida secukupnya di bagian pangkal bawah batang tersebut.
  4. Siapkan segelas air untuk keperluan menyemai batang tanaman sirih. Lalu masukkan tumbukan bawang merah ke dalamnya. Bawang merah berguna untuk merangsang pertumbuhan batang.
  5. Masukkan batang sirih ke dalam gelas yang telah berisi bawang merah. Usahakan bagian batang yang terendam air cukup setinggai 8-10 cm saja.
  6. Silakan Anda taruh gelas berisi rendaman batang sirih ini di tempat yang teduh. Biarkan selama 5-7 hari. Batang tadi pun akan menumbuhkan akar di bagian pangkalnya sedikit demi sedikit.
  7. Apabila jumlah akar pada batang sirih sudah cukup banyak, Anda bisa memindahkannya. Anda dapat menanam batang sirih ini pada media tanam yang tepat.
  8. Buatlah media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 3:1 atau 4:1. Aduklah sampai tercampur rata. Lantas masukkan media tanam ini ke polybag.
  9. Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 10-15 cm pada media tanam. Setelah itu, Anda bisa menanamkan batang sirih tadi ke lubang tanam ini.
  10. Letakkan polybag yang berisi batang sirih di tempat yang teduh. Rawatlah dengan baik. Anda bisa menyiramnya setiap 3-5 hari sekali. Niscaya batang ini pun akan tumbuh menjadi tanaman.