Agar Daun Wijaya Kusuma Tasbih Berwarna Merah, Ini Dia 3 Rahasianya

Tahukah Anda, tanaman wijaya kusuma mempunyai ragam yang bermacam-macam. Selain variasi pada bunga, beberapa jenis tanaman wijaya kusuma juga memiliki daun yang sangat unik. Maksudnya adalah daun tanaman tersebut tidak berwarna hijau seperti wijaya kusuma lainnya, tetapi berwarna merah nan menggoda. Namanya yaitu tanaman wijaya kusuma tasbih. Dinamakan demikian karena wijaya kusuma ini mempunyai bunga yang bentuknya bulat-bulat seperti butiran-butiran tasbih.

Kami yakin Anda pasti akan langsung terpesona pada pandangan pertama begitu melihat penampilan si kusuma wijaya tasbih. Tenang kok sebab Anda tidak sendirian. Faktanya banyak orang yang mengaku terpukau dengan keindahan alami tanaman wijaya kusuma tasbih. Tanaman ini benar-benar memesona. Parasnya sungguh sempurna dengan daun yang seluruhnya berwarna merah serta bunga berbentuk bulat-bulat yang menghiasi di sepanjang pinggiran daun. Terlihat sungguh indah sekali.

Namun ternyata daun wijaya kusuma tasbih tidak serta merta langsung warnanya merah. Pada awalnya daun tersebut juga berwarna hijau seperti jenis tanaman wijaya kusuma yang lainnya. Setelah mendapat perawatan (treatment) tertentu, maka warna daunnya berangsur-angur menjadi merah. Bahkan dengan perawatan yang tepat, daun wijaya kusuma tasbih tersebut bisa mempunyai warna merah merona yang cerah. Hal ini tentu membuat tanaman wijaya kusuma tadi tampak semakin memukau mata.

Kami mempunyai 3 trik khusus untuk Anda supaya tanaman wijaya kusuma tasbih yang Anda miliki akan berwarna merah cerah pada permukaan daunnya. Silakan ikuti dengan baik ya!

  1. Kenai Sinar Matahari Secara Langsung

Rahasia utama membuat daun wijaya kusuma tasbih berwarna merah sebenarnya terletak pada sinar matahari. Ya, cahaya alami ini dapat merangsang perubahan warna pada daun tanaman wijaya kusuma tasbih. Tanaman yang diletakkan di tempat yang teduh dan kurang mendapatkan cahaya matahari akan tetap berwarna hijau layaknya daun biasa. Di sisi lain, jika Anda menaruh tanaman ini di tempat terbuka dan bisa memperoleh sinar matahari langsung, maka kami jamin deh warnanya pasti akan berangsur-angsur menjadi merah.

  1. Kontrol Penyiraman Air dengan Tepat

Tanaman wijaya kusuma tasbih juga bisa mempunyai daun yang warnanya merah manakala kita mengontrol penyiramannya dengan baik. Larangan keras untuk menyiram tanaman ini setiap hari karena wijaya kusuma benar-benar membenci air yang berlebihan. Kalau mau warna merah di daunnya lebih cerah, Anda harus mengontrol penyiramannya dengan tepat. Seperti tanaman kaktus lainnya, tanaman wijaya kusuma tasbih justru lebih menyukai kondisi yang minim air. Jadi kami sarankan untuk menyiraminya 3-5 hari sekali dengan tetesan air secukupnya.

  1. Berikan Pupuk Kalium Secara Berkala

Dan untuk trik yang paling akhir adalah memberikannya pupuk secara berkala. Tapi di sini, kita memerlukan pupuk yang dapat menyuburkan daun wijaya kusuma tasbih tersebut dan mampu merangsang perubahan warna daunnya menjadi merah yang lebih pekat. Apa pupuk yang kita butuhkan? Jawabannya ialah pupuk NPK dengan konsentrasi unsur K (kalium) yang lebih tinggi. Unsur K inilah yang akan membuat warna daun wijaya kusuma tasbih semakin merah dan juga semakin pekat. Anda pasti bakalan semakin mencintainya.