Agar Daun Aglaonema Tampak Mengkilap, Kasih Skim Milk Saja Yuk

Bukan tanpa alasan tanaman aglaonema mendapatkan julukan sebagai si Ratu Daun. Hal ini dikarenakan tanaman aglaonema mempunyai daun yang begitu indah dan memesona. Tidak seperti tanaman pada umumnya yang cuma memiliki daun berwarna hijau polos saja, tumbuhan aglaonema ini memiliki daun dengan warna dan corak yang beragam. Dengan memberikan perawatan yang bak, tanaman aglaonema ini bakalan tumbuh subur, mempunyai daun yang rimbun, dan warnanya pun lebih cerah.

Namun ada satu lagi keinginan para pencinta tanaman aglaonema terhadap tumbuhan kesayangannya. Apakah itu? Bukan lain adalah harapan supaya tanaman aglaonema tersebut mempunyai daun dengan permukaan yang mengkilap alias kinclong. Ya, kenyataannya daun aglaonema juga bisa terlihat berkilau apabila mendapatkan perawatan secara tepat. Tumbuhan aglaonema dengan daun yang mengkilap ini akan terlihat lebih menawan, indah, dan sejuk dipandang mata. Tapi apa rahasianya sih?

Di bawah ini merupakan kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengkilapkan daun aglaonema. Salah satunya yaitu Anda bisa memanfaatkan susu skim untuk menutrisi daun tersebut.

Berikan Makanan dan Minumannya

Sebagai makhluk yang hidup, tanaman membutuhkan makanan dan minuman untuk tetap bisa bertahan hidup. Begitu pula dengan tanaman aglaonema ini. Tanaman aglaonema memerlukan makanan berupa pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk kimia. Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos sebagai makanan utamanya. Kandungan nutrisi pada pupuk organik sangat efektif untuk membuat tanaman aglaonema tumbuh subur dan memiliki daun yang berwarna cerah.

Kemudian Anda pun perlu memberikan pupuk tambahan berupa pupuk kimia guna mendukung tumbuh kembang tanaman aglaonema. Terutama adalah pupuk yang dapat menyuburkan daunnya, yakni pupuk NPK. Pupuk NPK ini benar-benar ampuh sekali membuat pertumbuhan daun tanaman aglaonema jadi lebih subur, tampak segar, dan warnanya pun cerah. Tapi Anda harus berhati-hati dalam menggunakan pupuk NPK ini ya. Ikutilah instruksi tata cara penggunaannya dengan baik dan benar.

Letakkan di Tempat yang Benar Ya!

Tanaman aglaonema ternyata lebih suka berada di tempat yang teduh ketimbang tempat terbuka yang bisa terkena pancaran sinar matahari secara langsung loh. Tanaman ini tidak terlalu kuat dengan cahaya terika matahari, terutama sinar pada siang hari. Pancaran sinar alami tersebut bahkan mampu membuat daun aglaonema menjadi gosong, terbakar, menguning, sampai akhirnya layu dan berguguran. Jadi Anda mesti berhati-hati dan memperhatikan dengan baik posisi peletakan tanaman ini.

Bagian teras rumah masih menjadi tempat terbaik untuk meletakkan tanaman hias seperti aglaonema. Khususnya bila teras rumah Anda bisa mendapatkan sinar matahari pagi tetapi terhindar dari pancaran terik matahari siang hari. Ini merupakan tempat yang paling ideal. Namun kalau Anda terpaksa harus meletakkannya di tempat terbuka, maka kami sarankan untuk memasang naungan di atasnya. Naungan ini bisa dibuat menggunakan plastik, jaring, atau kanopi baja ringan.

Manfaatkan Susu Skim Tanpa Gula

Tanaman aglaonema yang mempunyai daun yang mengkilap menunjukkan jika tanaman tersebut dalam keadaan yang subur sekali. Tanaman tadi sangat sehat sehingga tampak berseri-seri. Salah satu syarat untuk menyehatkan tanaman ialah Anda mencukupi semua kebutuhan nutrisinya dengan baik. Di sinilah kita perlu memberikan asupan nutrisi tambahan terutama pada bagian daun aglaonema supaya mampu tumbuh lebih subur dan sehat sehingga tampilannya terlihat mengkilap dan lebih cerah.

Rahasia utama untuk mengkilapkan daun tanaman aglaonema, serta tanaman berdaun indah yang lain, adalah susu skim. Ya, kenyataannya ialah kita bisa memberikan minuman susu kepada tanaman. Supaya nutrisi pada susu yang diserap oleh daun lebih maksimal, maka Anda bisa memberikannya langsung di bagian daun tanaman tersebut. Ingat ya, Anda hanya boleh memakai susu skim tanpa gula. Silakan Anda bisa membasuh permukaan daun aglaonema memakai susu skim ini secara berkala.