7 Cara Membedakan Buah Naga Merah dan Putih Supaya Tidak Salah Beli

Kini masyarakat Indonesia banyak yang mengidolakan buah naga. Alasannya karena buah ini rasanya enak, tampak menarik, dan bisa diolah menjadi berbagai kudapan. Perlu Anda ketahui, setidaknya terdapat empat jenis buah naga yaitu buah naga merah, buah naga putih, buah naga hitam, dan buah naga kuning. Tetapi jenis buah naga yang paling banyak dibudidayakan oleh petani adalah buah naga merah dan putih.

Buah Naga Merah

Buah naga merah mempunyai warna kulit merah cenderung gelap. Ukurannya di pasaran biasanya paling besar. Buah ini banyak menyimpan fosfor dan kalsium. Buah naga merah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes kadar gula yang rendah.

Buah Naga Putih

Buah naga putih kulitnya berwarna merah cerah dan ukurannya lebih kecil daripada buah naga merah. Warna dagingnya putih bersih. Diketahui daging buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Buah Naga Hitam

Buah naga hitam memiliki wujud mirip seperti buah naga merah, tetapi warnanya jauh lebih pekat. Ukuran buahnya pun tidak lebih besari dibandingkan dengan buah naga merah. Dagingnya kaya akan betakarotin yang berguna sebagai antioksidan alami.

Buah Naga Kuning

Buah naga kuning diselimuti kulit berwarna kuning terang dan sedikit berduri. Warna dagingnya kurang lebih sama seperti buah naga putih. Perbedaannya terletak pada kandungan vitamin A pada buah naga kuning ini jauh lebih banyak.

Dari keempat jenis buah naga tersebut, buah naga merah dan buah naga putih paling sering diperjualbelikan di pasar. Untuk dapat membedakan kedua buah naga ini ternyata bisa dilakukan tanpa mengupas atau memotong kulit luarnya terlebih dahulu. Anda bisa mendeteksi yang manakah buah naga merah atau buah naga putih hanya dengan melihat permukaan kulit bagian luarnya saja.

Buah Naga Merah

Buah naga merah umumnya tampak merekah. Bagian kulit luarnya memiliki warna merah gelap. Jumlah sisiknya pun lebih banyak dengan ukuran yang lebih panjang pula. Jika diperhatikan dengan baik, sisik tersebut berwarna kehijau-hijauan. Karena dipanen oleh petani pada saat kondisinya sudah matang, maka buah naga merah yang banyak dijual di pasar berukuran lebih besar. Para pedagang juga biasa membanderol buah naga ini dengan harga yang lebih mahal sekitar Rp 15.000/kg.

Buah Naga Putih

Buah naga putih bisa diketahui dengan melihat warna kulit luarnya yang terlihat merah cerah. Sisik-sisik buahnya berukuran besar dan berwarna hijau muda. Perbedaan lainnya adalah buah naga putih mempunyai kerapatan sisik yang tidak terlalu signifikan. Artinya sisik-sisik buah tersebut tersusun dalam jarak yang cukup renggang. Selain itu, ukuran buah naga putih agak lebih kecil dibandingkan buah naga merah. Soal harganya, buah naga putih biasanya dijajakan dengan banderol sekitar Rp 10.000/kg.

PERBEDAAN

Dari uraian singkat di atas, maka kita dapat menarik kesimpulan ada 7 perbedaan antara buah naga merah dengan buah naga putih!

  1. Buah naga merah memiliki kulit berwarna merah gelap. Sedangkan warna kulit buah naga putih adalah merah cerah.
  2. Jumlah sisik yang dimiliki oleh buah naga merah lebih banyak dibandingkan dengan buah naga putih.
  3. Ukuran sisik pada buah naga merah juga sedikit lebih panjang daripada sisik yang dimiliki buah naga putih.
  4. Sisik yang tumbuh di kulit buah naga merah tersusun secara rapat. Berbeda dengan sisik pada buah naga putih yang cukup renggang.
  5. Tampak bahwa sisik buah naga merah berwarna kehijau-hijauan. Sementara sisik buah naga putih berwarna hijau muda.
  6. Kebanyakan buah naga merah yang umum dijual di pasar mempunyai ukuran yang agak lebih besar ketimbang buah naga putih.
  7. Harga dari buah naga merah per kilogramnya lebih mahal daripada harga buah naga putih. Bahkan selisih harganya bisa mencapai setengahnya.