5 Trik Menanam Batang Kaktus Tanpa Akar agar Tetap Bisa Tumbuh

Siapa nih yang hobi menanam kaktus? Dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya, kaktus mempunyai pesona tersendiri yang begitu unik. Kaktus adalah tanaman gurun yang kini banyak dipelihara oleh para pencinta tanaman. Biasanya tanaman ini dimanfaatkan untuk membuat taman kering bersama dengan tanaman sukulen. Kaktus sendiri termasuk tumbuhan yang mudah ditanam. Teknik perbanyakan kaktus umumnya dilakukan dengan metode stek batang. Prosesnya terbilang gampang banget loh.

Stek batang adalah metode perbanyakan tanaman secara buatan (vegetatif) yang dilaksanakan dengan menanam batang tanaman di suatu media supaya tumbuh menjadi tanaman yang utuh. Pada dasarnya semua tanaman yang berkayu dapat diperbanyak menggunakan teknik stek batang. Begitu pula dengan kaktus pun bisa Anda perbanyak memakai teknik yang satu ini. Selain mudah dilakukan, kelebihan lain dari stek batang yaitu kita bisa memperbanyak tanaman secara massal dalam waktu yang lebih singkat.

Mudah saja untuk menanam kaktus dengan metode stek batang. Tugas Anda yang utama adalah Anda harus menyiapkan batang kaktus terlebih dahulu. Usahakan pilihlah batang kaktus yang usianya sudah cukup tua supaya potensi tumbuhnya lebih besar ya. Karena baru dipotong dari tanaman induk, maka batang kaktus tersebut tidak mempunyai akar. Tidak apa-apa kok karena Anda tetap bisa menanamnya di media khusus agar batang tadi hidup menjadi tanaman kaktus yang tumbuh subur.

Cuma memang ada beberapa trik yang mesti Anda lakukan supaya berhasil menyetek batang tanaman kaktus dengan baik. Anda tidak boleh melakukannya secara asal-asalan sebab mungkin potensi tumbuh batang kaktus tadi bakal kecil. Sebaiknya Anda mengikuti trik-trik di bawah ini agar berhasil melakukan stek batang terhadap tanaman kaktus tersebut.

Pilihlah Batang Kaktus yang Tepat

Trik utama dalam menyetek batang suatu tanaman adalah sebisa mungkin Anda memilih batang yang sudah cukup tua dan kondisinya sehat. Demikian juga ketika Anda hendak menanam batang kaktus ini. Kami sarankan Anda untuk memilih batang kaktus yang sudah cukup tuas, warnanya gelap, kokoh, dan kondisinya subur. Jangan memotong pada bagian tengah-tengah batang, melainkan Anda harus potong di bagian pangkal batang. Potonglah tepat di perbatasan antar-batang.

Gunakan Alat Potong yang Steril

Alat potong yang Anda gunakan untuk memotong batang kaktus juga turut mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan stek batang. Kami sarankan untuk menggunakan cutter yang tajam dan steril. Cutter merupakan alat potong terbaik untuk memotong batang tanaman yang hendak disetek karena sanggup menghasilkan potongan yang tipis dan lebih bersih. Batang kaktus yang sudah dipotong dapat diberikan fungisida atau obat merah, serta direndam larutan ZPT selama 10-15 menit.

Pakailah Media Tanam yang Baik

Tentu saja media tanam juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam menyetek batang kaktus. Anda sebaiknya menggunakan media tanam yang bersih di sini. Usahakan Anda menghindari pemakaian tanah dan memilih media yang lebih poros dan lebih bersih. Silakan Anda bisa memakai sekam padi yang telah difermentasi secara sempurna tanpa tambahan media apa pun lagi. Disarankan untuk memakai pot saat menanam batang kaktus supaya Anda lebih mudah dalam merawatnya nanti.

Tanam Batang Kaktus Tanpa Akar

Kini waktunya untuk menanam batang kaktus yang baru dipotong dan belum mempunyai akar tersebut. Silakan Anda buat lubang tanamnya dahulu persis di bagian tengah pot dengan ukuran sesuai diameter batang kaktus yang ingin ditanam. Selanjutnya Anda tanamkan batang kaktus di lubang tadi. Usahakan Anda tak menanamkan batang kaktus ini terlalu dalam karena berisiko bisa menyebabkan pembusukan. Melainkan batang kaktus yang ditimbun tanah cukup sekitar 2-3 cm saja.

Tips Memelihara Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus tergolong sebagai salah satu tanaman yang sangat gampang untuk dipelihara. Bahkan tanpa dirawat segala pun tanaman ini sebenarnya tetap bisa tumbuh loh. Tugas utama dalam merawat kaktus yaitu mengontrol kondisi kelembapan media tanam. Pastikan media tanam tersebut tidak terlalu lembap karena kaktus benci sekali terhadap kelembapan. Justru lebih baik media tanam ini agak kering daripada kondisinya bahas. Itu sebabnya, penyiraman cukup dilakukan 1-2 kali per minggu saja.